Di era modern ini, bisnis dapat dijalankan oleh siapa saja. Bahkan, Anda bisa memulai bisnis hanya dengan modal sebuah ponsel pintar dan koneksi internet. Menariknya, keuntungan bisnis online tidak hanya terbatas pada potensi penghasilan yang besar, melainkan juga pengaturan waktu yang fleksibel.

Kendati demikian, masih banyak pelaku usaha, termasuk UKM yang enggan beralih ke bisnis online. Alasannya beragam, salah satunya cemas jika barang dagangan tidak laku atau ketakutan terhadap kasus penipuan berkedok bisnis online yang marak terjadi.

Sebenarnya, bisnis jenis apa pun memiliki risikonya masing-masing. Yang terpenting adalah meminimalisasi hal tersebut. Lagipula, bisnis online menawarkan berbagai keuntungan yang tidak dimiliki usaha offline. Apa saja? Berikut uraiannya.

 

Modal Kecil

Usaha online tidak membutuhkan modal besar seperti bisnis offline.  Pasalnya, Anda tak perlu menyewa kios atau tempat usaha dan menstok barang dagangan. Anda hanya perlu menyediakan komputer, ponsel, dan internet.

Dengan modal satu jutaan saja, Anda sudah bisa memulai usaha online, seperti menjual pulsa atau pembayaran tagihan, aneka makanan dan minuman, camilan, obat-obatan, alat baju, dan sepatu.

 

Menjangkau Pasar yang Luas

Tak dapat dimungkiri bahwa adanya akses internet memudahkan orang untuk mencari informasi, termasuk memasarkan barang dagangan. Berbeda dengan usaha offline yang jangkauannya terbatas, usaha online justru memiliki lingkup yang sangat luas.

Dengan koneksi internet yang Anda miliki, Anda bisa memasarkan produk melalui media sosial, blog pribadi, atau website. Promosi secara online efektif menciptakan peluang baru. Tidak hanya mengenalkan produk Anda ke khalayak umum, melainkan juga memperluas jangkauan bisnis hingga luar daerah dan mancanegara.

Menariknya, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak anggaran untuk mempromosikan produk. Dibandingkan media lain, seperti pamflet, brosur, dan koran, media online merupakan tempat promosi terbaik yang ramah kantong dan efisien.

 

Biaya Operational yang Kecil

Keuntungan bisnis online selanjutnya adalah biaya operasional yang kecil. Lain halnya bisnis offline yang memerlukan tempat usaha, bisnis online tidak demikian. Tanpa tempat pun bisnis dapat berjalan lancar, asalkan Anda memiliki akses internet.

Tak hanya itu saja, bisnis online juga dapat berjalan tanpa adanya karyawan. Sekalipun membutuhkan karyawan, jumlahnya tidak sebanyak karyawan usaha offline.

Jika dihitung, maka Anda hanya perlu mengeluarkan dana untuk membayar tagihan listrik, pulsa, dan kuota internet. Inilah mengapa biaya operasional bisnis online lebih kecil.

 

Jam Kerja yang Flexible

Selain praktis, bisnis online juga menawarkan jam kerja yang fleksibel. Anda bebas membuka toko kapan pun. Bahkan, selama dua puluh empat jam. Anda pun tak perlu memantau setiap saat. Pasalnya, setiap kali terjadi transasksi baru, notifikasi akan masuk, baik melalui email maupun pesan singkat.

 

Bisa Dilakukan di Rumah atau Garasi

Kelebihan yang ditawarkan bisnis online lainnya adalah dapat dilakukan di rumah. Jika Anda membutuhkan tempat usaha atau gudang stok barang, maka Anda bisa memanfaatkan garasi di rumah. Dengan cara ini, Anda tak perlu mengeluarkan dana tambahan. Selain itu, proses pemantauan keluar masuk barang pun lebih praktis.

 

Sistem Pembayaran yang Mudah

Jika bisnis offline pembayaran dilakukan secara tunai, maka pada bisnis online sistem pembayaran yang tersedia lebih beragam dan praktis. Calon konsumen dapat membayar melalui transfer bank, mobile banking, internet banking, kartu kredit, ataupun Cash On Delivery (COD). Bagi konsumen yang berada di luar negeri tersedia PayPal untuk mempermudah proses belanja.

 

Bisnis Mudah dan Sederhana

Memilih bisnis online, artinya Anda tak akan direpotkan dengan barang pajangan secara fisik. Anda hanya perlu menyediakan katalog produk yang dijual lengkap dengan deskripsi singkat dan harga jual. Pastikan agar gambar yang digunakan memiliki kualitas bagus sehingga mampu menarik minat calon konsumen.

 

Mudah Berkomunikasi Dengan Pelanggan

Anda bisa memanfaatkan email, media sosial, atau buletin untuk berkomunikasi dengan calon konsumen maupun pelanggan tetap. Anda juga bisa membuka forum, menambahkan formulir, dan menyediakan live chat untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Dibandingkan dengan media iklan tradisional, cara ini jauh lebih efektif, tepat sasaran, dan tidak membutuhkan banyak anggaran.

 

Demikianlah informasi mengenai sejumlah keuntungan bisnis online yang perlu Anda ketahui. Tunggu apa lagi? Yuk, mulai bisnis online Anda sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here