Usaha di bidang kuliner adalah jenis bisnis yang cukup populer. Anda tinggal memilih jenis makanan yang digemari banyak orang dan mudah untuk memulainya. Apalagi jika Anda memiliki modal kecil, perlu jeli melihat peluang bisnis yang ada. Anda bisa mempertimbangkan usaha bakso sebagai bisnis sampingan. Selain dapat dimulai dalam skala kecil, banyak contoh kesuksesan merek bakso yang buka cabang di berbagai kota sampai berhasil membuka banyak waralaba.  Anda bisa memperhatikan tips berikut dalam memulai bisnis bakso.

 

1. Pemilihan Lokasi Usaha

Lokasi yang strategis akan sangat mempengaruhi kelancaran bisnis. Semakin strategis lokasinya, tentu akan lebih banyak mengundang orang untuk singgah ke tempat Anda. Pertimbangkan juga jarak dengan usaha bakso lainnya agar tidak terlalu berdekatan. Berjualan di tempat yang banyak orang seperti sekolah, kampus, perumahan atau perkantoran adalah tempat tepat untuk memulai berjualan bakso.

 

2. Perhatikan Cita Rasa

Bakso yang berada di lorong sempit yang sulit dijangkau pun, tetap didatangi pelanggan kalau rasa baksonya sudah terkenal enak. Oleh karena itu, penting memperhatikan rasa bakso yang akan dijual untuk memiliki pelanggan setia yang selalu kembali lagi. Bakso yang berbeda seperti pedas dengan berbagai tingkatan, bakso dengan tambahan tidak biasa seperti keju, semua sah-sah saja untuk menarik minat konsumen. Dengan promosi yang tepat, bahkan usaha seperti bakso bisa diliput media massa maupun media sosial dan mendapat liputan.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Bakso Sapi yang Enak dan Sehat?

 

3. Tempat Parkiran

Jangan sepelekan tempat parkir, karena konsumen perlu kemudahan dalam mencapai tempat usaha Bakso Anda. Memulai berjualan kuliner, selain menyediakan makanan, juga perlu tempat yang ideal untuk dapat bersantap di tempat. Bila ada tempat untuk memarkirkan kendaraan tentu akan lebih nyaman bagi para konsumen.

 

4. Pemilihan Nama Unik

Walau banyak pedagang bakso yang berjualan, coba untuk memikirkan nama untuk membedakan bisnis bakso Anda dengan usaha lain yang sejenis. Mulai usaha dengan menetapkan nama dan pencitraan sejak awal usaha dirintis. Dengan demikian, target pasar, strategi pemasaran dapat berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Nama bisnis bakso Anda bisa ditargetkan untuk besar dan populer. Jadi, Anda perlu nama yang unik dan mudah diingat.

 

5. Pelayanan Optimal

Bila memiliki keterbatasan dalam hal modal, tempat atau lokasi, setidaknya Anda bisa melayani konsumen dengan ramah. Menyapa mereka, mengingat nama pelanggan yang sering membeli adalah tips bisnis penting dalam membuka usaha. Pembeli bukan hanya akan kembali lagi, namun mereka dapat menyarankan tempat usaha Anda pada orang lain. Jadi, layani pelanggan dengan baik untuk membuat mereka menjadi sarana promosi secara tidak langsung.

 

6. Tempat Makan Yang Nyaman

Bukan hanya indah, kebersihan adalah poin terpenting dalam bidang kuliner. Makanan yang lezat, tetapi tempat tidak higienis akan membuat orang tidak berselera. Orang memutuskan makan di luar bukan hanya membeli makanan namun juga mencari kenyamanan. Anda bisa memasang meja dan kursi tidak terlalu berdekatan  sehingga pembeli dapat bergerak cukup leluasa dan merasa nyaman untuk makan. Usaha bakso yang berada di area pertokoan bisa menambahkan kipas angin agar lebih sejuk bagi pembeli yang makan di tempat.

 

7. Strategi promosi yang tepat

Promosi sangat penting dilakukan dalam melancarkan sebuah bisnis, termasuk berjualan bakso. Anda bisa mencoba untuk melakukan promosi di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya. Memiliki akun di media sosial adalah cara ampuh dan tidak memerlukan biaya, kecuali bila Anda menggunakan fitur iklan berbayarnya. Selain itu, pasang juga plang nama tempat Anda berjualan yang mudah dilihat dari kejauhan. Hal tersebut akan memudahkan pembeli yang baru pertama kali datang untuk menemukan tempat Anda.

 

Demikianlah tadi beberapa tips dalam membuka usaha bakso. Meskipun diawali sebagai bisnis sampingan, namun dengan menerapkan berbagai cara yang disebutkan di atas, bisnis bakso Anda dapat berkembang pesat. Anda dapat menyesuaikan modal dengan jenis usaha berjualan seperti bakso yang bisa dimulai dengan modal kecil. Berjualan dengan sungguh-sungguh akan menjadi motivasi untuk mengembangkan usaha menjadi besar dan ternama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here