Memulai bisnis yang baru dirintis memerlukan strategi perencanaan yang matang. Langkah awal yang diambil dapat menentukan kesuksesan nantinya. Hal ini perlu dicermati oleh berbagai usaha kecil yang semakin banyak bermunculan. Semua membutuhkan strategi pemasaran usaha kecil menengah yang efektif agar dapat menjalankan usahanya dengan baik dan lancar.

Keefektifan pemasaran sangat bergantung pada penerapan strategi pemasaran yang jitu. Usaha yang baru berjalan umumnya memiliki modal untuk berpromosi yang tidak besar. Oleh karena itu, untuk dapat membuat strategi pemasaran yang efektif perlu mempertimbangkan banyak hal. Berikut adalah beberapa tips bisnis untuk membuat strategi pemasaran bagi usaha kecil atau menengah.

 

1. Perencanaan Yang Matang

Membuat visi dan misi usaha selalu jadi acuan yang tepat. Mungkin merupakan langkah sepele, namun dapat mengingatkan kembali, tujuan awal mulai usaha. Hal ini sangat berpengaruh terutama bila keadaan bisnis sedang memburuk atau usaha seperti berjalan tanpa arah. Menetapkan produk, bagaimana proses produksi dan sistem untuk menjalani usaha adalah langkah penting dalam melakukan pemasaran.

 

2. Pencitraan

Citra usaha memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah pemasaran produk. Dengan menetapkan merek tertentu dan target pasar yang jelas, maka citra bisnis Anda akan menjadi sesuatu yang dikenali dan diingat khalayak. Anda dapat mengambil pedoman kesesuaian antara produk atau jasa dan konsumen yang akan menggunakannya. Dengan demikian, citra tersebut akan terbentuk di pikiran pada saat membuat rencana pemasaran.

 

3. Sampel atau tester

Lakukan strategi pemasaran dengan mempertimbangkan untuk memberi contoh dari produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada konsumen atau calon konsumen. Menyediakan tester dan informasi lengkap dapat menarik perhatian terhadap usaha Anda. Jika produk Anda berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan konsumen, mereka akan tertarik untuk melakukan pembelian.

 

4. Promosi Di Media sosial

Melakukan pemasaran dapat dilakukan melalui media sosial. Bahkan media tersebut memiliki strategi pemasarannya sendiri.  Anda dapat secara konsisten melakukan posting, mengadakan lomba, memberikan diskon untuk pengguna media sosial atau aplikasi. Ini adalah tips membuat strategi pemasaran kecil dan menengah yang efektif di era digital sekarang ini. Bahkan agar lebih maksimal Anda dapat menyediakan seorang tenaga administrasi untuk mengelolanya.

Baca juga: Tips Cara Mempromosikan Produk yang Efektif di Era Digital

 

5. Informasi Tentang Bisnis Anda

Ada pepatah yang mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang. Bagaimana pembeli dapat mengetahui tentang bisnis yang dijalankan, produk atau jasa yang ditawarkan dan cara pemesanannya. Buat situs dan akun media sosial untuk memudahkan calon konsumen menemukan usaha Anda. Bisa juga memberikan penjelasan singkat pada flyer atau kemasan produk tentang usaha Anda.

 

6. Marketing Mix

Pertimbangkan elemen tempat, harga, produk, dan promosi dalam membuat strategi pemasaran. Seluruh hal tersebut perlu sejalan dan menyeluruh. Melakukan promosi di mal tentu berbeda dengan promosi di kampus. Oleh karena itu, perlu memperhatikan banyak hal untuk dapat membuat trik pemasaran yang tepat sasaran.

 

7. Layanan Pelanggan

Memberikan pelayanan pada pelanggan setia adalah hal lain yang perlu diingat. Anda dapat membuat strategi tersendiri dalam memperlakukan pelanggan dengan baik. Layanan sebatas ramah, cepat, dan sigap dengan keluhan merupakan cara yang sudah umum. Lakukan layanan yang lebih personal untuk menunjukkan perhatian Anda. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah.

  • Mengirimkan pesan singkat. Gunakan data yang sudah diberikan pelanggan untuk menunjukkan kepedulian Anda. Bisa seperti ucapan ulang tahun, hari raya, atau momen spesial lainnya. Bisa juga disertai dengan diskon khusus untuk hari-hari tersebut yang disisipi oleh elemen promosi.
  • Acara Khusus. Berikan pelanggan yang sudah lama menggunakan produk atau jasa Anda dengan berbagai kegiatan eksklusif. Mereka akan merasa diperlakukan sangat baik dan memiliki keterikatan yang lebih dari sekadar hubungan penjual dan pembeli. Anda dapat mengadakan acara makan malam, penggalangan dana, acara musik, buka puasa bersama, outing dan kegiatan lainnya.

 

Demikianlah beberapa tips dalam membuat strategi pemasaran usaha kecil menengah untuk Anda terapkan sesuai jenis usaha yang dijalani. Terapkan strategi dan cara pemasaran yang tepat, agar dapat meningkatkan usaha secara stabil dan efisien. Hasil akhirnya, selain bisa Anda nikmati, juga berpengaruh pada kesejahteraan karyawan dan berbagai pengembangan bisnis Anda di masa yang akan datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here