Jika Anda menyenangi kegiatan berbelanja, pasti tidak asing dengan istilah titip beli barang secara online. Barang yang dititip bisa berupa barang merek luar negeri maupun barang lokal. Ternyata bisnis ini memiliki prospek cerah dan jika ditekuni bisa meraup untung jutaan rupiah. Tertarik untuk berkecimpung dalam bisnis ini? Yuk, simak tips jitu bisnis jasa titip agar mendapat untung.

Tentukan Target Pembeli

Tips pertama dalam memulai bisnis jasa titip adalah tentukan target pembeli. Tentukan secara spesifik siapa yang akan menjadi target pembeli. Apakah anak muda, wanita dewasa, orang tua, atau anak kecil. Bisa juga untuk mengkategorikannya dengan jenis jenis produk seperti tas branded, Skin Care, Fashion dan lainnya.

Sangat penting sekali mengetahui target pembeli yang dibidik. sehingga anda bisa memiliki pelanggan yang memiliki interest yang sama. Pembeli dengan keinginan yang berbeda, akan membuat anda kesulitan pada saat anda melakukan pembelian barang. Pastikan anda mengerti siapa pelanggan anda dan jenis barang yang diinginkan sehingga pemasaran barang yang menjadi produk titip beli lebih efektif dan terarah.

Tentukan Jenis Produk Jasa Titip

Setelah mengetahui segmen pembeli, pastikan Anda menentukan jenis produk bisnis jasa titip. Produk titip beli ini harus spesifik: barang anak-anak, skincare, jilbab, atau pakaian bermerek. 

Tujuan penentuan jenis produk yang dititip beli adalah agar Anda bisa fokus ke satu tempat tanpa harus mengelilingi toko-toko mencari pesanan. Misalnya, Anda memfokuskan produk titip beli barang pada pakaian bermerek tertentu, maka Anda akan langsung ke toko tujuan tanpa menghabiskan waktu.

Melakukan Promosi

Promosi yang terus-menerus akan membuat usaha Anda dikenal. Sama halnya dengan bisnis titip beli barang secara online. Tanpa melakukan promosi, calon pelanggan tidak akan mengetahui bisnis yang sedang dilakukan. Oleh karena itu, lakukanlah promosi.

Promosi bisa dilakukan dari mulut ke mulut dan menggunakan media sosial. Berbagai media sosial dan aplikasi pesan bisa digunakan sebagai sarana promosi, seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan Line. Buatkan akun media sosial yang memang dikhususkan untuk mempromosikan bisnis Anda. Maksimalkan penggunaan tanda tagar (hashtag), agar calon pelanggan bisa menemukan jenis produk titip beli.  

Baca juga: 9 Tips Cara Mempromosikan Produk yang Efektif di Era Digital

Tahu Sistem Kerja Jasa Titip

Transparansi sangat penting dalam menjalankan bisnis titip beli barang. Beritahukan harga asli barang dan berapa % jasa yang akan Anda kenakan saat melakukan bisnis ini. Usahakan berikan jasa yang wajar dan masuk akal agar pembeli tertarik menggunakan jasa Anda.

Selain itu, tentukan apakah Anda akan memberlakukan pembayaran di muka atau pembayaran uang muka sebesar 50% dari harga dan jasa dari barang yang dititipkan. Hindari menalangi barang yang dititip terutama pada pelanggan baru. Anda belum mengetahui track record komitmen pelanggan baru dalam menyelesaikan transaksi pembelian. 

Peraturan Bea Cukai yang belaku harus di pelajari dan dimengerti oleh para pelaku usaha UMKM yang ingin melakukan bisnis jasa titip, tegasnya dirgen bea cukai dalam mengatasi Jastip illegal dapat menghambat kelancaran bisnis anda. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 203/PMK.04/2017 pasal 24, barang import bawaan penumpang yang memiliki nilai pabean lebih dari FOB USD500.00 akan dikenakan tarif bea masuk dan pajak dalam rangka import.

Terapkan Sistem Pembayaran di Muka

Pernah mendengar istilah hit and run? Istilah ini biasanya diberikan kepada pelanggan yang sudah memesan namun gagal melakukan pembayaran. Jangan sampai ini terjadi pada Anda. Guna menghindari kerugian pelanggan yang tidak membayar, terapkan sistem pembayaran di muka. 

Minta kepada pelanggan Anda untuk transfer ke bank sejumlah uang yang sudah disetujui: harga asli barang, biaya pengiriman, dan biaya jasa titip. Setelah selesai uang ditransfer, Anda baru membeli barang yang dititip dan mengirimkannya kepada alamat pembeli. 

Berikan Pelayanan Lebih

Semakin banyaknya pelaku bisnis titip beli barang secara online, semakin Anda harus mengatur strategi. Strategi yang dimaksud adalah berikan pelayanan yang lebih. Berikan layanan lebih kepada pelanggan setia seperti contoh mengecek kualitas barang yang dibeli dengan teliti, atau membungkus barang dengan rapi sebelum dikirimkan kepada pelanggan. Tujuannya agar para pelanggan ini puas dengan jasa anda dan selalu setia menggunakan jasa Anda.

Jika Anda memercayai pelanggan-pelanggan ini, berlakukan titip beli barang dan transfer setelah barang dibeli. Namun, pastikan adanya komitmen kapan waktunya pelanggan tersebut melunasi pembayaran. Usahakan tidak lebih dari 4 jam.

Manfaatkan Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit cukup menguntungkan. Anda bisa memanfaatkan kartu kredit jika toko tempat Anda membeli barang bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit. Penawaran khusus bisa berupa harga spesial dari barang yang akan Anda beli. Infokan harga promo tersebut kepada calon pelanggan agar mereka bisa menjadi salah satu pelanggan tetap.

Disamping itu anda bisa menggunakan fitur kartu kredit untuk mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah atau gratis. Semakin banyak transaksi kartu kredit anda, semakin banyak pula poin yang anda miliki yang bisa anda tukarkan dengan miles point. Jika poin anda cukup maka anda bisa menukarkan poin ini dengan tiket gratis ke tujuan anda sehingga keuntungan anda semakin besar.

Masih ragu untuk mencoba peruntungan di bisnis jasa titip? Asalkan Anda memiliki keinginan dan berusaha dengan sungguh-sungguh, semua pasti bisa dilakukan. Yang terpenting terapkan tips jitu ini dan berdoa kepada Tuhan, dalam waktu tidak terlalu lama keuntungan bisa dinikmati. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here