Sebagai pemilik bisnis kecil, Anda mungkin mengira masih belum membutuhkan survei pelanggan. Namun, ini adalah persepsi yang keliru karena ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari survei pelanggan. Jika masalahnya adalah Anda tidak tahu bagaimana melakukannya, jangan khawatir. Artikel ini akan membahas tentang cara membuat google form untuk melakukan survei kepuasan pelanggan.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang Google Form, mari kita bahas terlebih dahulu pentingnya survei kepuasan pelanggan bahkan untuk bisnis UMKM. Pada dasarnya, survei dilakukan untuk mencari opini masyarakat tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Manfaat Survei untuk Bisnis

Jika dilakukan dengan benar, survei pelanggan bisa menjadi alat yang sangat efektif untuk mengembangkan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan, dan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif. Secara terperinci, berikut ini beberapa manfaat survei pelanggan.

1. Mengetahui Apa yang Harus Diperbaiki

Melalui survei, kita bisa meminta pendapat pelanggan tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan cara ini, kita bisa mencari tahu bagian mana dari produk atau jasa tersebut yang sudah baik dan yang masih perlu diperbaiki dan dikembangkan demi mencapai kepuasan pelanggan. 

Survei dapat membuka hal-hal yang tidak bisa Anda lihat sebelumnya sebagai pemilik bisnis. Misalnya, pegawai yang ternyata melayani dengan tidak ramah, pengiriman yang terlambat, atau laman situs yang sulit digunakan. Mengetahui informasi seperti ini dapat membantu Anda segera melakukan perubahan sebelum reputasi bisnis Anda rusak dan berdampak buruk pada perusahaan.

Baca juga: Tips Ampuh Cara Menangani Pelanggan Yang Marah

2. Meningkatkan Kemungkinan Munculnya Ide Baru

Survei pelanggan juga bisa memberikan Anda pandangan baru tentang kebutuhan masa depan perusahaan. Dengan adanya pendapat dari para pelanggan, Anda bisa membuat rencana tentang produk atau layanan baru apa yang nantinya bisa dibuat di masa depan. 

Menawarkan gambaran adanya produk baru dan membiarkan pelanggan memilih akan lebih efektif daripada harus menebak-nebak kira-kira apa yang mereka butuhkan. Dengan cara ini, Anda tahu pasti bahwa produk selanjutnya setidaknya sudah ditunggu-tunggu oleh mereka.

3. Menjaga agar Pelanggan Tetap Setia

Jika pelanggan tahu bahwa Anda cukup peduli dengan pengalaman dan kepuasan mereka, mereka tidak akan ragu untuk kembali berbisnis dengan Anda. Memperhatikan komentar dan pendapat para pelanggan menunjukkan bahwa bagi bisnis Anda, mereka lebih dari sekadar aliran pemasukan.

Baca juga: Mengenal Fungsi Pelayanan Purna Jual Untuk Bisnis

Cara Membuat Google Form untuk Survei

Nah, Anda sekarang sudah tahu beberapa alasan mengapa penting melakukan survei pelanggan. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukan survei pelanggan seberapa besar ataupun kecil bisnis Anda. Sekarang saatnya berkenalan dengan Google Form dan mengetahui cara membuat Google Form untuk survei.

Untuk bisa membuat Google Form, Anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mendaftar melalui Google Accounts. Setelah memiliki akun Google, maka Anda bisa menikmati berbagai layanan yang ditawarkan Google termasuk membuat Google Form.

1. Mengakses Google Form

Selanjutnya, masuklah ke Google Drive lalu klik opsi “New” yang ditandai dengan tanda plus besar di sebelah kiri atas. Selanjutnya akan muncul menu pilihan, dan lanjutkan dengan mengarahkan kursor ke arah pilihan “Google Form”. Anda akan melihat tanda panah kecil di sebelah kanan tulisan “Google Form”, dan jika kursor diarahkan ke panah tersebut, akan ada pilihan “blank form” dan “template”.

Anda bisa memilih “template” jika menginginkan format Google Form yang sudah jadi dan siap pakai. Dengan pilihan ini, Anda hanya tinggal sedikit mengganti beberapa elemen saja karena formatnya sudah jadi. Namun, jika ingin membuat dari awal dan merancang survei Google Form Anda sendiri, pilihlah opsi “blank form”.

2. Beri Judul dan Penjelasan Singkat

Agar pelanggan tidak bingung dengan survei yang Anda buat, pastikan untuk mengisi judul dan deskripsi singkat di tempat yang sudah disediakan. Judul tidak perlu terlalu panjang ataupun berbelit-belit, tetapi usahakan tetap menarik.

Hal yang sama juga berlaku saat menulis deskripsi. Pastikan untuk menjelaskan secara langsung tujuan Google Form Anda kepada pelanggan. Anda juga bisa memasukkan informasi tambahan yang memberitahukan bahwa data yang mereka berikan tidak akan disalahgunakan. Hal-hal seperti ini penting untuk memberikan rasa aman bagi para pelanggan.

3. Buat Pertanyaan

Pada bagian selanjutnya, Anda bisa mulai menuliskan pertanyaan survei untuk pelanggan. Di bagian ini Anda bisa memilih berbagai bentuk pertanyaan dan jawaban, misalnya jawaban pendek, panjang, pilihan ganda, checkbox, tanggal dan waktu, dan lain-lain. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan untuk menentukan format respons seperti apa yang Anda harapkan.

Di bagian kanan bawah kotak tersebut, Anda akan melihat tulisan “Required” dengan tombol geser di sebelahnya. Jika Anda menyalakan tombol ini, itu artinya pertanyaan tersebut tidak boleh dilewati dan harus dijawab oleh pelanggan.

4. Menambah Pertanyaan

Setelah pertanyaan pertama selesai dibuat, Anda bisa menambah kotak untuk membuat pertanyaan dengan klik tombol plus di sebelah kanan kotak pertanyaan. Selanjutnya, tulis pertanyaan berikutnya seperti pada poin sebelumnya. 

5. Fitur Menu Pilihan Ganda dan Checkbox

Fitur pilihan ganda dan checkbox tidak membatasi pelanggan harus memilih di antara pilihan yang tersedia saja. Anda juga bisa memberi kebebasan pilihan kepada pelanggan dengan menambahkan satu kotak yang berisi pilihan bebas yang bisa diisi sendiri oleh pelanggan.

Untuk menambahkan pilihan ini, Anda hanya perlu mengklik “add “Other’” pada checkbox yang paling bawah. Dengan begini, pelanggan bisa menulis pendapat bebas mereka sendiri nantinya.

6. Menambahkan Skala Linear

Google Form juga memiliki pilihan skala linear yang sangat cocok untuk meminta survei penilaian. Anda tinggal memilih opsi pertanyaan “linear scale”, kemudian tulis pertanyaan yang sesuai. Selanjutnya, tentukan skala penilaian yang diperlukan, misalnya mulai dari 1 hingga 5.

Skala linear ini sangat cocok untuk melakukan survei penilaian kepuasan pelanggan. Selain memudahkan proses penilaian oleh pelanggan, penggunaannya juga cenderung cepat. Namun, jangan lupa untuk menambahkan satu kolom ekstra yang bisa diisi bebas oleh untuk pelanggan sehingga mereka bisa menuliskan hal-hal yang menjadi perhatian mereka. 

7. Mintalah Informasi Pribadi

Anda bisa meminta informasi pribadi seperti nama, alamat email, dan nomor telepon untuk memudahkan menghubungi mereka kembali jika nanti diperlukan. Misalnya untuk pengiriman newsletter mingguan dari bisnis Anda.

8. Membuat Beberapa Bagian Pertanyaan

Anda juga bisa membuat survei Anda menjadi beberapa bagian atau bab. Setiap bagian ini nantinya akan dimulai dengan judul dan deskripsi baru untuk menandakan perbedaan masing-masing bagian. Cara membuatnya adalah dengan menekan tombol add section di bagian kanan box pertanyaan dan berada di urutan paling bawah.

9. Lakukan Preview untuk Memastikan Google Form sudah Rapi

Langkah terakhir adalah melakukan preview keseluruhan formulir survei Anda. Caranya, klik ikon mata yang ada di kanan atas yang nantinya akan memunculkan satu tab baru berisi preview Google Form Anda. Baca dan perhatikan dengan saksama dari awal hingga akhir untuk memastikan bahwa survei Anda sudah lengkap dan tidak ada kesalahan ketik. 

Nah, itulah tadi panduan singkat cara membuat Google Form untuk survei perusahaan Anda. Setelah formulir selesai, Anda kini bisa membagikannya kepada pelanggan lewat tautan yang sudah tersedia. Tidak sulit, bukan membuatnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here