Dunia digital memungkinkan sebuah usaha dapat sukses walau hanya berupa bisnis online. Tingginya persaingan membuat strategi pemasaran memikirkan bukan hanya mendatangkan pembeli, namun membuat mereka menjadi pelanggan setia. Hal tersebut diindikasikan dengan adanya pembelian berulang-ulang.

Adanya repeat order juga secara tidak langsung menjadi pertanda bahwa produk atau jasa yang ditawarkan akan sukses di pasaran. Konsumen yang puas akan merekomendasikan produk atau jasa yang pernah digunakan pada orang lain. Begitu pula halnya bila mereka tidak puas. Berikut adalah beberapa tips bisnis online supaya konsumen repeat order yang dapat dicoba.

 

1. Komunikatif

Memiliki bisnis online memiliki keuntungan tersendiri. Ada catatan percakapan, pemesanan, bahkan keluhan secara otomatis. Gunakan informasi tersebut untuk melayani pelanggan dengan lebih baik. Bila ada keluhan, berikan ucapan maaf, bahkan bisa menjanjikan potongan harga atau hadiah untuk pembelian berikutnya. Pembeli akan senang bila kebutuhannya diperhatikan. Anda tidak bertemu pembeli secara langsung, cukup lewat media sosial. Jadi, rasa khawatir bertatap muka dengan pembeli dapat diatasi, dan berbicara dengan lebih komunikatif.

 

2. Kemasan Menarik Dan Aman

Hal pertama yang bisa Anda terapkan adalah dengan menjaga konsumen yang sudah ada. Maksimalkan kualitas produk sejak pembelian pertama. Sebaik apa pun komunikasi secara online, bila barang yang datang rusak atau dengan kemasan asal, tentu akan membuat pembeli kecewa. Pikirkan kemasan untuk menjaga kualitas, terutama pada pelanggan setia. Mereka dapat membandingkan produk yang didapat sebelumnya dan ketika membeli ulang. Hindari anggapan pelanggan lama akan tidak bermasalah dengan layanan yang sedikit lambat atau dinomorduakan. Layani semua pembeli sesuai tata cara yang sudah ditetapkan.

 

3. Layanan Khusus Pelanggan

Tips selanjutnya adalah membuat program khusus hanya bagi pelanggan setia. Program seperti poin pembelian, kartu akses khusus atau piagam untuk pelanggan paling loyal, ada beberapa contoh yang bisa dilakukan. Pelanggan setia butuh diperlakukan berbeda agar merasa dihargai sebagai pembeli. Dengan demikian, mereka akan sukarela melakukan testimoni atau ulasan positif bagi usaha Anda. Terutama untuk bisnis online yang sangat bergantung dengan jumlah follower dan like. Pelanggan juga dapat menggunakan media sosialnya untuk mendukung produk atau jasa yang dipercayainya.

 

4. Diskon Spesial

Tentu wajar menghargai pembeli yang sudah berlangganan dengan memberikan diskon spesial. Anda juga dapat menyisipkan iklan atau promosi di dalamnya. Anda dapat memberikan diskon untuk pelanggan yang membawa pelanggan baru, potongan harga khusus untuk jumlah pembelian tertentu atau harga berbeda untuk pesanan secara online dan ulasan positifnya. Selain membuat konsumen kembali lagi, cara ini juga dapat mengiklankan bahwa bisnis Anda memiliki banyak pelanggan. Apakah Anda sudah tau cara menghitung diskon yang benar?

 

5. Notifikasi

Kecanggihan media sosial memberikan kemudahan untuk bisnis online dalam menarik pelanggan dan menjaga komunikasi dengan mereka. Bila pelanggan sudah berteman dengan akun Anda, pertemanan tersebut akan menjadi media untuk berpromosi. Anda dapat memberikan tag untuk tiap unggahan, memberikan pemberitahuan pada timeline, atau feed pelanggan sehingga mereka tidak ketinggalan berita untuk iklan, potongan harga atau unggahan apa pun. Fitur tersebut dapat memberi info untuk menyelesaikan pembelian produk yang pernah dilihat atau sudah dimasukkan ke dalam keranjang namun belum terselesaikan.

 

6. Media Komunikasi Khusus

Tidak semua orang nyaman mendapatkan informasi iklan dari produk atau jasa yang pernah digunakan. Namun, Anda dapat menawarkan pembeli untuk masuk daftar mailing list, grup media sosial atau newsletter yang dikirimkan ke rumah. Anda dapat memberikan pilihan pada pembeli untuk memutuskan melalui media apa mereka ingin dihubungi. Dengan demikian, selalu ada peluang  untuk melakukan pembelian berulang kali.

 

7. Menjaga Kepercayaan

Menjalani usaha online tidak selalu berjalan lancar. Pesanan bisa salah, paket terlambat, pengiriman tersendat atau kerusakan dari barang yang tidak disengaja. Bersikap jujur dan segera menginformasikan masalah adalah langkah penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan yang sudah sering melakukan transaksi. Antarkan pesanan tepat waktu dan hindari memberikan janji yang tidak bisa dipenuhi.

 

Itulah beberapa tips bisnis online supaya konsumen repeat order dan menjadi pelanggan setia.  Tips di atas adalah contoh memaksimalkan layanan dan penggunaan media sosial, bukan hanya untuk mendapatkan konsumen, namun juga pelanggan loyal. Ditambah dengan reputasi baik dan citra yang bagus, maka bisnis online dapat kebanjiran pesanan dan berkembang dengan pesat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here