Ada berbagai peluang usaha di desa yang sebenarnya bisa dikembangkan. Tidak harus jauh-jauh ke kota untuk bisa sukses menjadi seorang pebisnis. Membangun usaha di desa bukan hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga bagi masyarakat lainnya di desa. Anda dapat membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang dengan bisnis tersebut.

Peluang Usaha di Desa

Bagi Anda yang tertarik untuk kembali ke desa dan membangun daerah, ada beberapa ide peluang usaha yang menarik dilirik. Berikut di antaranya:

1. Membuka Toko Kelontong


Toko kelontong adalah toko yang menjual beragam macam barang. Anda dapat membuka toko kelontong sebagai bisnis saat kembali ke desa. Berbagai jenis barang yang tersedia di toko kelontong harus merupakan kebutuhan masyarakat di desa, khususnya sembako dan bahan pangan lain. 

Dalam kondisi pandemi seperti saat ini terbukti bahwa toko yang menyediakan bahan pangan tetap bertahan. Toko seperti ini memudahkan masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan harian tanpa harus bepergian jauh. Pasalnya, risiko bepergian pada masa pandemi lebih besar karena dapat tertular virus.

2. Bisnis Jajanan Anak Kekinian


Salah satu jenis bisnis lain yang bisa dikembangkan di desa adalah jajanan anak kekinian. Bisnis yang termasuk dalam kategori kuliner ini memang tidak pernah ada matinya. Namun, agar lebih sukses, Anda perlu melakukan inovasi dalam produk maupun penyajiannya. Ini dikenal sebagai istilah kekinian yang menarik perhatian.

Untuk memulai bisnis jajanan kekinian, Anda tidak perlu modal yang sangat besar. Mulailah terlebih dahulu dengan modal seadanya. Jika peminatnya banyak, modal lama-kelamaan akan bertambah dan Anda bisa mengembangkan bisnis ke tingkat lebih lanjut. 

Namun, dalam masa pandemi ini, faktor kebersihan dan kesehatan perlu dipertimbangkan dengan matang. Pastikan produk yang Anda buat benar-benar aman untuk dikonsumsi sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Baca juga: Terungkap! Ini Cara Membuat Pisang Nugget Lezat dan Krispi

3. Bisnis Jasa Titip


Salah satu hal yang menonjol dari daerah pedesaan adalah akses yang terbatas ke daerah perkotaan. Hal ini membuat masyarakat sedikit kesulitan untuk mendapatkan barang-barang tertentu. Ini merupakan peluang bisnis yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Anda bisa membuka jasa titip barang sesuai kebutuhan penduduk di desa. Pasokan barang bisa didapatkan melalui marketplace di internet. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, hanya dengan menggunakan ponsel, Anda sudah bisa berbelanja dengan mudah. Tokonya pun lengkap. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan untuk membuka bisnis jasa titip di desa.

4. Bisnis Delivery Order


Bisnis delivery order bukan hanya laku di kota-kota besar. Anda pun bisa membuka jasa ini saat tinggal di pedesaan. Delivery order bisa diberlakukan untuk pengiriman makanan dan minuman. Namun, Anda juga bisa menawarkan jasa delivery untuk barang apa pun. 

Bisnis ini sangat dibutuhkan, terutama pada masa pandemi seperti sekarang. Mobilitas masyarakat menjadi terbatas untuk menghindari risiko penularan virus. Namun, di sisi lain Anda pun harus berhati-hati agar tetap aman. Pergunakan perlengkapan untuk menjaga keamanan dan lakukan protokol kesehatan secara ketat.

5. Bisnis Jasa Sewa WiFi


Teknologi telah merambah ke semua wilayah di Indonesia, termasuk di desa-desa. Namun, infrastruktur seperti jaringan internet terbilang masih belum lengkap. Karena itu, Anda dapat berperan menyediakan penyewaan WiFi khusus bagi masyarakat yang membutuhkan.

Bersamaan dengan penawaran jasa sewa WiFi, Anda juga bisa membuat sebuah tempat sederhana yang menyediakan makanan atau minuman. Strategi ini bisa dijalankan untuk mendapatkan keuntungan ekstra. Jadi, sembari menggunakan WiFi yang tersedia, pengunjung pun bisa membeli makanan dan minuman.

6. Bisnis Online Menjual Produk Desa


Nah, bagi Anda yang senang melakukan pemasaran online, produk-produk dari penduduk desa sangat potensial untuk dijual. Ada banyak produk yang dimiliki oleh penduduk, mulai dari makanan khas maupun barang-barang kreatif yang dibuat secara handmade. Bukan hanya barang yang sudah jadi, tetapi juga bahan mentah alami.

Desa memiliki potensi yang belum digali sepenuhnya. Apalagi jika masyarakat desa memproduksi suatu produk yang khas dan unik. Hal ini bisa dikembangkan menjadi suatu bisnis yang besar. Namun, dibutuhkan promosi yang menarik sehingga banyak orang yang tertarik.

Berjualan secara online saat ini sangat mudah berkat kehadiran internet dan marketplace. Bahkan, Anda pun bisa menjual barang melalui media sosial, seperti Instagram atau Facebook. Syaratnya adalah konsisten dan mengenal produk yang akan dijual.

Baca juga: 9 Tips Cara Mempromosikan Produk yang Efektif di Era Digital

7. Desa Wisata dan Pasar Kuliner


Meskipun sektor pariwisata cukup terpukul pada masa pandemi ini, bukan berarti tidak bisa lagi dikembangkan. Sektor pariwisata masih menjanjikan jika digarap dengan inovatif sesuai kondisi yang sedang terjadi.

Nah, sebagai salah satu potensi bisnis di desa, mengembangkan desa wisata merupakan langkah yang strategis. Keberadaan desa wisata bisa menarik banyak pengunjung dari luar daerah sehingga akan berdampak meningkatkan perekonomian warga. 

Membangun pasar kuliner di desa juga akan menjadi faktor pendukung dikenalnya suatu desa. Apalagi jika ada menu-menu khas yang tidak tersedia atau dijual di tempat lain. Pemandangan alam desa yang alami menjadi nilai tambah bagi tempat wisata yang terletak di desa.

Untuk mewujudkan hal ini memang tidak mudah karena perlu ada koordinasi dan sinergi dengan pihak-pihak terkait. Nah, Anda bisa menjadi salah satu bagian dari penyelenggara tersebut. Lontarkan ide-ide kreatif untuk membuat konsep desa wisata makin menarik.

Tips Berbisnis di Desa

Sebelum memutuskan untuk memulai usaha di desa, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

Ketahui Keunikan Desa

Tiap desa memiliki keunikan tersendiri. Ada yang menawarkan pemandangan alam yang indah dengan suasana yang sejuk. Ada pula yang unggul dari segi budaya dan adat istiadatnya. Ketahui apa saja keunikan atau kelebihan desa tempat Anda tinggal agar mudah menentukan jenis usaha yang tepat untuk dikembangkan.

Kenali Kebiasaan Masyarakat

Selanjutnya, Anda juga perlu mencari tahu kebiasaan masyarakat yang ada di desa tersebut. Kenali apa saja masalah serta hal yang mereka harapkan. Ini merupakan potensi yang bisa dikembangkan.

Optimalkan Internet

Terakhir, lakukan riset terhadap kebutuhan masyarakat di desa yang bisa menjadi celah bisnis. Manfaatkan internet untuk mendapatkan informasi yang lengkap. Saat ini, internet juga sudah bisa dijangkau di pedesaan sehingga tidak menjadi alasan untuk tidak menggunakannya. 

Ajak Penduduk Desa Berinvestasi

Para penduduk desa sebenarnya memiliki banyak modal untuk berbisnis. Sayangnya, banyak di antaranya yang tidak sadar potensi tersebut dan hanya menyerahkan kepada pebisnis yang datang. Akibatnya, mereka tidak mendapatkan hasil yang semestinya. 

Sebagai bagian dari kepedulian, ajaklah penduduk desa ikut berinvestasi dalam bisnis yang dikelola. Hasilnya pasti akan lebih optimal dan relasi dengan masyarakat sekitar pun akan lebih baik.

Nah, inilah 7 peluang usaha di desa yang bisa Anda kembangkan beserta tips agar sukses. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here