Pisang nugget merupakan salah satu camilan yang tengah menjadi tren di kalangan anak muda. Rasanya yang enak sangat cocok disajikan dalam berbagai suasana. Bahkan, pisang nugget juga cocok untuk buah tangan. Menariknya, cara membuat pisang nugget sangat mudah. Tidak heran jika banyak orang mulai melirik pisang nugget sebagai bisnis potensial. 

Baca juga: Perjalanan Pisang Goreng Bu Nanik Menuju Sukses

Asal Mula Pisang Nugget


Nugget pisang berasal dari Kota Makassar. Penemunya merupakan seorang pembuat nugget ayam. Ia mengganti ayam dengan pisang dan menyesuaikan bahan baku lainnya sehingga terciptalah pisang nugget. 

Jika biasanya pisang digoreng dengan tepung terigu, maka pisang nugget digoreng dengan tepung roti atau panir. Dari luar, bentuknya menyerupai nugget. Teksturnya empuk dan renyah ketika digigit. 

Sedikit berbeda dari pisang pasir, pisang nugget biasanya menggunakan jenis pisang tanduk atau raja yang memiliki aroma khas dan lebih legit. Namun, tidak masalah jika menggunakan pisang jenis lainnya. 

Cara Membuat Pisang Nugget Sederhana 


Tertarik membuat pisang nugget sendiri di rumah? Pastikan untuk memperhatikan cara membuat pisang nugget serta mempersiapkan alat dan bahan berikut ini.  

Alat:

  • Food processor
  • Garpu
  • Loyang
  • Kertas roti
  • Kukusan atau oven
  • Pisau 

Bahan:

  • 4 butir kuning telur
  • 100 gram tepung terigu
  • 15 gram gula pasir 
  • 30 gram susu bubuk putih 
  • 4 buah pisang 
  • Tepung 
  • Tepung roti atau panko
  • Garam secukupnya

Cara Membuat: 

  1. Siapkan food processor. Masukkan 2 butir telur, tepung terigu, gula, susu bubuk, dan pisang. Blender hingga halus. Jika tidak memiliki food processor, maka gunakan garpu untuk menghaluskan pisang. Tambahkan telur, tepung terigu, gula, dan susu bubuk. Aduk sampai adonan rata sempurna.
  2. Siapkan loyang. Beri kertas roti sebagai alas. Tuang adonan lalu kukus atau panggang menggunakan oven. Untuk menghindari adonan terlalu matang, miringkan sedikit tutup kukusan. Biarkan selama dua puluh menit. 
  3. Angkat loyang, tiriskan, lalu potong sesuai selera. 
  4. Siapkan tepung, dua butir telur, dan tepung roti atau panko dalam wadah yang berbeda. Celup adonan pisang nugget ke tepung kemudian telur yang sudah dikocok dan tepung roti atau panko. Jika Anda ingin hasil yang lebih krispi, maka lakukan celupan sebanyak dua kali.
  5. Goreng adonan pisang nugget hingga matang dan tampak kecoklatan. Beri topping sesuai selera. 
  6. Simpan sisa adonan matang ke dalam freezer. Adonan ini dapat bertahan selama tiga bulan setelah tanggal pembuatan. 

Tips Membuat Pisang Goreng Nugget


Berbekal resep di atas, Anda bisa membuat pisang nugget yang lezat. Namun, bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil gorengan sempurna, pastikan untuk menyimak sejumlah tips sederhana berikut ini.

  • Supaya tampilannya menarik, goreng pisang nugget menggunakan api sedang dengan teknik deep frying. Teknik dapat meminimalisasi minyak yang terserap sehingga hasilnya lebih renyah. 
  • Hindari membolak-balik adonan pisang nugget terlalu sering karena dapat menyebabkan gorengan terlalu berminyak.  
  • Gunakan tepung panko untuk hasil yang lebih krispi.
  • Pisang kapok dapat dijadikan alternatif terbaik karena teksturnya padat dan mudah dibentuk.
  • Tambahkan sejumput garam pada pelapis pisang nugget untuk memberikan rasa gurih. 
  • Supaya topping meleleh sempurna, tabur topping setelah pisang nugget ditiriskan kemudian tutup selama dua menit.  

Peluang Bisnis Pisang Nugget


Kendati pisang nugget termasuk makanan baru, peluang untuk meraih penghasilan tambahan terbuka lebar. Selain bahan bakunya murah dan mudah didapatkan, proses pengolahan pisang nugget sangat sederhana. Anda tidak harus pandai memasak karena siapa pun bisa membuatnya.

Untuk memulai pisang nugget tidak harus mengeluarkan banyak anggaran. Berbekal uang sekitar satu jutaan, Anda bisa membuka usaha pisang nugget di depan rumah atau secara online. Rata-rata pisang nugget dihargai mulai dari Rp5.000,00 hingga Rp30.000,00 tergantung ukuran kotak dan topping

Topping Pisang Nugget Kekinian


Pada dasarnya, tidak ada aturan khusus untuk menghias pisang nugget. Bahkan, Anda boleh membuatnya tanpa tambahan topping apa pun. Namun, apabila Anda tertarik untuk berbisnis pisang nugget, gunakan berbagai topping berikut ini untuk menambah minat beli konsumen. 

1. Nutella

Nutella menjadi topping yang paling banyak diminati lantaran rasanya manis. Sangat pas dinikmati dengan secangkir teh hangat ketika bersantai atau bercengkrama bersama keluarga. 

2. Matcha

Topping berwarna hijau ini memiliki rasa yang enak dan tidak membuat enek. Untuk membuatnya, Anda perlu membeli matcha compound dan milk chocolate compound. Campur keduanya dengan susu kental manis dan panaskan di atas air mendidih hingga meleleh. Gunakan sebagai celupan pisang nugget lalu tambahkan parutan cokelat, keju, atau meses.  

3. Cream Cheese

Bagi Anda yang menyukai kombinasi manis dan gurih, cream cheese merupakan pilihan tepat. Cara membuatnya simpel. Sediakan cream cheese dan whipped cream, masing-masing sebanyak 50 gram. 

Campur keduanya di dalam wadah lalu tambahkan satu sendok makan teh gula halus. Aduk rata. Oleskan pada pisang nugget dan tambahkan keju parut sebagai taburan. Dijamin, Anda akan ketagihan!

4. Karamel

Memiliki warna coklat keemasan, karamel banyak digunakan sebagai pelengkap untuk mempercantik tampilan kue, termasuk pisang nugget. Dengan aroma karamel yang manis, pisang nugget akan terasa semakin nikmat ketika disantap.

Untuk membuat lapisan karamel, sediakan 150 gram gula pasir, 2 sdm air, dan 1 sdm perasan lemon. Siapkan wajan anti lengket. Campur seluruh bahan, panaskan hingga meleleh. Jangan diaduk, biarkan hingga membentuk karamel. Gunakan sebagai pelapis pisang nugget. Tambahkan chocochip atau spikel.

5. Chocolate Ganache

Selain Nutella, chocolate ganache tak kalah populer. Memiliki rasa yang manis, topping ini cocok diberi beragam taburan. Mulai dari meses, keju, spikel, hingga chocochip. Proses pembuatan chocolate ganache cukup mudah. Siapkan krim kental dan coklat batangan, potong kecil. 

Panaskan krim kental lalu tuang ke dalam mangkuk berisi coklat. Aduk terus hingga coklat meleleh sempurna. Gunakan sebagai celupan pisang nugget lalu taburi meses warna atau chocochip.

6. Cappuccino

Lapisan pisang nugget rasa cappucino dapat dibuat dengan menyediakan 40 gram bubuk cappucino, 50 gram coklat putih, 15 gram gula pasir, dan 50 ml krim kental. Siapkan panci wadah untuk melarutkan gula pasir kemudian masukkan krim kental. Gunakan api kecil, aduk rata. Sebelum mendidih, matikan api. Masukkan bubuk cappucino dan coklat putih yang telah dipotong. Aduk rata sampai mengental. Tiriskan. Celup pisang nugget dan taburi kopi bubuk. 

7. Oreo

Satu lagi topping yang banyak disukai konsumen, yaitu oreo. Anda hanya perlu memisahkan biskuit dengan krim lalu simpan di wadah berbeda. Hancurkan biskuit menggunakan food processor atau pemukul hingga halus. 

Cairkan krim menggunakan microwave selama satu menit atau di atas api hingga mencair. Gunakan kirim ini sebagai olesan. Taburkan remahan biskuit. Pisang nugget oreo pun siap disajikan.

Demikianlah informasi mengenai cara membuat pisang nugget lengkap dengan topping kekinian yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi usaha. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here