Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin mudahnya akses informasi, pengetahuan masyarakat tentang hidup sehat semakin meningkat. Hal ini berdampak pada semakin banyaknya peminat katering makanan sehat untuk menunjang pola hidup sehat yang diinginkan. Hal ini tentu menjadi peluang besar bagi Anda yang ingin membuka usaha katering sehat. Lalu bagaimana cara memulainya? Yuk, simak cara memulai bisnis katering sehat berikut ini.

1. Menetapkan Tujuan yang Jelas

Untuk memulai sebuah bisnis, Anda perlu menetapkan tujuan yang jelas. Hal ini akan membantu Anda menjalankan bisnis tanpa terdistraksi atau kehilangan arah bisnis. Selain menentukan tujuan, Anda juga perlu menentukan target dan upaya pencapaian untuk meraih target yang Anda inginkan.

2. Membuat Rancangan Modal dan Potensi Keuntungan

Modal merupakan salah satu aspek penting dalam memulai sebuah bisnis. Untuk menghitung seberapa besar modal yang Anda perlukan, Anda perlu membuat rancangan anggaran. Untuk memulai bisnis katering sehat, Anda perlu menghitung biaya bahan baku, biaya peralatan, biaya pengemasan, dan biaya promosi. Dari rincian kebutuhan tersebut, Anda dapat mengetahui berapa banyak modal yang diperlukan dan berapa harga jual yang tepat agar Anda bisa mendapatkan laba dengan harga yang sesuai dengan pangsa pasar. 

3. Mencari Pengalaman Sebanyak-banyaknya

Sebelum memulai sebaiknya Anda mencari pengalaman terlebih dulu bagaimana menjalankan usaha katering sehat. Seperti kata pepatah, “Pengalaman adalah guru terbaik” maka dengan pengalaman langsung terjun ke dunia katering sehat, Anda akan memahami bagaimana cara menyajikan makanan yang istimewa, bagaimana menghadapi keluhan konsumen dan memberikan pelayanan prima, serta bagaimana mengatur arus kas keuangan usaha. Untuk mendapatkan hal tersebut, Anda bisa mencoba menjadi karyawan sebuah katering dahulu atau mengikuti program mentoring bisnis yang bergerak di bidang usaha katering.

4. Membuat Menu Makanan yang Istimewa

Kesuksesan bisnis katering, salah satunya terletak pada citarasa dan menu makanan yang istimewa. Gunakan bahan baku yang berkualitas dan segar supaya hasil olahan makanan yang dihasilkan juga lezat dan menyehatkan. Untuk katering sehat, jangan lupa menghitung kandungan gizi yang terkandung di dalam setiap menu makanan agar konsumen paham dan bisa mendapatkan sajian yang sesuai dengan kebutuhan kalori tubuhnya.

Selain komposisi bahan yang segar dan sehat, Anda juga harus memikirkan bagaimana pengolahan dan penyajiannya agar menu yang Anda tawarkan menjadi istimewa. Anda bisa mencari inspirasi dari beragam menu Barat, Cina, Arab, atau masakan nusantara lalu memodifikasinya agar tampak istimewa.

5. Menentukan Merek Bisnis

Menentukan merek merupakan salah satu hal penting dalam memulai bisnis, termasuk bisnis katering. Merek yang populer dan dikenal masyarakat lebih diminati dan mudah terjual. Oleh karena itu, pilih nama merek usaha yang mudah diingat, gampang dikenali, dan merepresentasikan usaha Anda. 

6. Giat Melakukan Kegiatan Promosi 

Lakukan promosi secara luring maupun daring agar usaha katering sehat Anda semakin dikenal. Saat ini banyak pilihan promosi daring yang bisa Anda pilih, mulai dari iklan Facebook, iklan Instagram, iklan Youtube, iklan di kanal berita online, maupun melalui whatsapp dan telegram. Iklan daring dapat menjangkau lebih banyak orang dengan bujet yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Promosi yang efektif dapat mendatangkan penjualan dan meningkatkan profit yang Anda dapatkan.

Selain iklan, Anda juga bisa memberikan promo diskon atau potongan harga untuk menarik minat pelanggan. Selain itu, metode promosi lain yang efektif yaitu give a way dengan syarat tertentu, misal mengajak teman untuk tag, share, dan like postingan Anda. Sementara untuk pelanggan setia, Anda bisa menawarkan kartu member dan sistem poin berhadiah yang dapat membuat pelanggan Anda semakin loyal.

7. Mencari Karyawan

Untuk menjalankan bisnis yang sukses diperlukan karyawan yang mumpuni dan berintegritas. Oleh karena itu, saat merekrut karyawan, pastikan mereka memenuhi kriteria seperti berikut: 

  1. Ramah dan sopan
  2. Dapat bekerja dalam tim
  3. Memahami cara memasak dalam usaha katering
  4. Kreatif dalam membuat makanan
  5. Rajin dan giat dalam bekerja

Setelah mendapatkan karyawan yang baik, Anda tetap harus melakukan pendampingan, supervisi, maupun pelatihan agar karyawan Anda tetap dapat memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

8. Memperluas Networking

Di era digital seperti saat ini, networking sangatlah penting. Semakin luas jangkauan pertemanan Anda maka semakin besar  peluang Anda untuk berhasil. Jika usaha Anda sudah berkembang dengan stabil, maka Anda bisa membuka kemitraan atau cabang di berbagai kota. Hal ini akan membantu bisnis Anda lebih terkenal dan menjangkau masyarakat luas. Namun, saat membuka cabang baru, pastikan Anda memilih lokasi yang strategis dan cukup ramai.

Demikian beberapa tip memulai bisnis katering sehat yang kekinian. Tertarik untuk mencobanya?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini