Es kelapa muda adalah salah satu jenis minuman yang banyak disukai oleh para penikmat kuliner. Minuman ini cocok dikonsumsi saat makan apa pun entah itu makan bakso, mie ayam, nasi goreng, sampai kudapan manis lainnya. Intinya es kelapa ini bisa masuk ke berbagai sektor dan restoran.

Kalau dilihat sekilas, es kelapa ini terlihat sederhana dan tidak ada hal yang khas. Kelapa diambil airnya, dibelah untuk diambil dagingnya, lalu diberi pemanis seperti sirop sederhana dari gula. Selebihnya, tidak diberi tambahan lagi karena secara rasa cukup nikmat.

Nah, kalau Anda ingin membuat usaha sendiri di bidang kelapa muda, simak dahulu ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Sertifikat Halal Untuk Bisnis Kuliner

Modal Untuk Berjualan Es Kelapa Muda

Berbeda dengan jenis bisnis yang lain, kelapa mudah sedikit lebih mudah diolah menjadi minuman. Anda hanya perlu memecahnya dan menambah pemanis saja serta es. Selebihnya tidak ada hal lain kecuali Anda ingin melakukan inovasi. Lantas, berapa biaya untuk memulai usahanya dari awal?

1. Pembelian Alat untuk Usaha

Anggap saja Anda tidak memiliki apa pun untuk memulai usaha entah itu meja, kursi, gelas, sendok, sampai stoples, dan golok untuk membuka kelapa. Modal untuk membeli peralatan di atas berkisar:

  • Stoples, Rp100.000-120.000
  • Wadah seperti termos untuk kelapa kupas, Rp300.000
  • Golok, Rp50.000-75.000
  • Gelas dan sendok, Rp150.000
  • Meja dan kursi, Rp500.000-700.000
  • Lain-lain, Rp200.000

Modal untuk peralatan sekitar Rp1,5-1,7 juta. Modal ini bisa dipakai 3-4 tahun dengan penyusutan sekitar Rp40.000-50.000 per bulan.

2. Operasional Bulanan

Operasional bulanan mencakup biaya penyusutan per bulan dan biaya variabel. Biaya variabel bisa dihitung dengan memperkirakan berapa saja yang dihabiskan untuk membeli kelapa muda dan lainnya, berikut selengkapnya:

Bahan Baku dan Operasional LainJumlahHargaBiaya Variabel(30 hari)
Kelapa Muda20 butir6.5003.900.000
Gula2 kg13.000780.000
Es batu1 kemasan10.000300.000
Plastik dan sedotan1 set15.000450.000
Listrik, transport, dan lainnya1 paket50.0001.500.000
Sewa tempat1 tempat900.000900.000
Gaji karyawan1 orang1.000.0001.500.000
Total9.330.000

Biaya operasional Rp45.000 + Rp9.330.000 = Rp 9.780.000.

3. Penjualan per Bulan

Anggap saja dalam satu hari, es kelapa laku sekitar 50 porsi dengan harga satu porsi sekitar Rp12.500. Dalam satu bulan, pendapatan yang akan didapatkan sekitar Rp18.750.000.

4. Keuntungan

Keuntungan yang didapatkan dalam sebulan sekitar Rp18.750.000 – Rp 9.780.000 = Rp8.970.000.

Baca juga: Cara Menentukan Harga Jual Produk supaya Profitable

Peluang Usaha Bisnis Es Kelapa Muda

Melihat peluang usaha bisnis es kelapa muda cukup besar di Indonesia. Hampir semua orang menyukai hal ini dan karena rasanya segar dan nikmat. Kalau Anda ingin memulai usaha ini, coba pertimbangkan beberapa hal berikut.

1. Memilih Tempat Usaha yang Tepat

Hal pertama kalau Anda ingin meningkatkan peluang dalam berbisnis es kelapa adalah memilih tempat usaha yang benar-benar tepat. Jangan asal memilih tempat karena bisa saja sepi dan tidak mengundang banyak orang untuk membeli atau sekadar penasaran untuk mencoba.

Tempat yang cocok untuk melakukan usaha biasanya dekat dengan keramaian seperti kampus, jalur lalu lintas jarak jauh, dekat perkantoran, atau dekat pemukiman. Tempat usaha ini akan menyumbang cukup banyak pembeli. Jadi, pertimbangkan baik-baik 

2. Melakukan Inovasi Produk

Jangan menciptakan produk yang standar saja seperti es kelapa yang diberi gula cair lalu disajikan dengan es. Semua orang juga bisa membuatnya. Daripada berkutat dengan produk itu saja, ada baiknya untuk menciptakan produk baru seperti es kelapa dengan aneka rasa dan topping.

Orang-orang akan merasa lebih tertarik untuk membelinya alih-alih pergi ke tempat biasa. Bahkan, tempat jualan Anda bisa jadi langganan. Bukan tempat yang dikunjungi saat tidak sengaja lewat.

3. Melakukan Diversifikasi Usaha

Saat membuat usaha es kelapa, jangan berfokus pada satu hal saja. Anda wajib memikirkan diversifikasi usaha yang bisa menemani es kelapa hingga penjualannya naik. Misal, Anda menjual gorengan yang jenisnya banyak. Jadi, orang-orang bisa makan gorengan sambil pesan gorengan.

Selain gorengan, Anda juga bisa menjual aneka jenis makanan yang mudah diolah dan cocok untuk es kelapa. Misal cemilan seperti tahu gejrot, rujak buah, hingga makanan lain yang cocok untuk teman nongkrong.

Baca juga: Makanan Sejuta Umat, Omzet Jual Gorengan Capai +10 Juta

4. Memanfaatkan Momen Tertentu

Manfaatkan juga momen tertentu yang akan membuat banyak orang berburu es kelapa setiap hari. Misal saat musim panas panjang, Anda bisa menjual es kelapa jenis apa pun dan kemungkinan laku akan besar.

Selain itu saat musim Ramadan tiba, setiap sore akan ada ratusan orang menjadi es kelapa yang dipakai untuk takjil dan berbuka. Momen seperti ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan peluang dapat cuan.

5. Mencari Supplier Kelapa yang Tepat

Mau memiliki usaha es kelapa yang sukses, ada baiknya untuk mencari supplier kelapa muda yang tepat. Supplier kelapa muda harus yang memberikan produk terbaru seperti baru dipetik dari pohon dan bukan produk lembaran dari tempat lain yang kualitasnya buruk.

Supplier yang tepat juga akan membuat Anda dapat banyak keuntungan. Karena kelapa yang dibeli bisa memiliki harga lebih rendah. Apalagi Anda jual dalam jumlah banyak. Kemungkinan ada diskon sampai bebas biaya pengiriman.

Cara Membuat Es Kelapa Muda yang Enak

Cara membuatnya sebenarnya mudah karena tidak membutuhkan banyak bahan tambahan. Namun, kalau ingin es kelapa enak dan cukup layak untuk dijual, simak cara di bawah ini:

Bahan:

  • Kelapa muda, jangan pilih kelapa hijau karena dagingnya sedikit
  • Jeruk nipis
  • Sirup dari gula merah
  • Sirup sederhana dari gula
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Pecah buah kelapa untuk dikeluarkan airnya terlebih dahulu. Selanjutnya belah jadi dua untuk dikerok bagian daging buahnya.
  2. Siapkan gelas untuk diisi dengan daging kelapa. Selanjutnya beri perasan jeruk nipis atau gula kelapa cair. 
  3. Masukkan air kelapa yang sudah ditampung sebelumnya.
  4. Masukkan es di atasnya dan siap disajikan.

Usaha bisnis es kelapa muda ternyata cukup menjanjikan dan mampu menciptakan peluang yang besar. Dalam satu bulan, untung bisa di atas 5-9 juta kalau dijalankan dengan benar. Bahkan, diversifikasi bisa dilakukan untuk membuat untung semakin meningkat per bulannya.

Es kelapa adalah usaha yang mudah dilakukan, tapi masih ada risiko untuk tutup kalau Anda tidak melakukan inovasi. Misal dengan menghadirkan cukup banyak varian rasa dan juga isian. Selain itu, Anda juga bisa mencoba membuat jus, smoothies, atau olahan lain yang tidak membosankan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here