Salon kecantikan dan klinik kecantikan merupakan dua jenis layanan yang sama-sama membantu wanita untuk mendapatkan kecantikan yang paripurna mulai dari wajah, tubuh, dan rambut. Namun, tahukah Anda jika keduanya sebenarnya merupakan dua jenis layanan yang memiliki perbedaan? Yuk, simak penjelasannya!

1. Pilihan Layanan

Perbedaan salon kecantikan dan klinik kecantikan yang pertama dapat dilihat dari segi layanan yang diberikan. Salon kecantikan biasanya memberikan layanan berupa perawatan wajah, tubuh dan rambut yang tergolong ringan. Contoh layanan perawatan wajah di salon antara lain lulur wajah, totok wajah, Facial, masker wajah, dan sebagainya. Sedangkan layanan perawatan rambut di salon antara lain rebonding, smooting, coloring, keriting rambut, potong rambut, creambath, spa rambut dan perawatan lainnya yang bersifat meningkatkan penampilan.

Berbeda dengan salon kecantikan, klinik kecantikan memberikan layanan berupa treatment yang dapat meningkatkan kecantikan dengan tindakan medis dan peralatan yang canggih. Ragam perawatan kecantikan yang biasa dilakukan di klinik kecantikan antara lain:

  1. Mikrodermabrasi yaitu perawatan untuk mengelupas sel-sel kulit yang  mati.
  2. Laser Rejuvenation yaitu perawatan menggunakan mesin laser yang dapat meremajakan kulit dan menghilangkan flek hitam pada wajah.
  3. Mesotherapy yaitu perawatan pijat wajah sekaligus memasukkan serum wajah yang dapat membantu meremajakan kulit dan meningkatkan kekenyalan kulit wajah.
  4. Peeling yaitu pengelupasan kulit wajah menggunakan cairan kimia yang aman untuk menstimulasi regenerasi kulit wajah.
  5. IPL merupakan perawatan kulit wajah menggunakan gelombang cahaya Xenon intensitas tinggi yang dapat membantu meremajakan kulit.
  6. Skin  Tite yaitu perawatan wajah yang sering disebut orang awam “setrika wajah” menggunakan mesin dan serum tertentu yang berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah.
  7. Radio Frequency (RF) yaitu perawatan yang memberikan efek mengencangkan atau meniruskan wajah.
  8. Filler yaitu tindakan perawatan kecantikan untuk mengubah bentuk bagian wajah seperti hidung agar lebih mancung atau dagu agar lebih lancip melalui prosedur Filler. Prosedur ini merupakan metode alternatif untuk mengoreksi kekurangan pada bagian wajah tanpa melalui prosedur operasi.

2. Sumber Daya Manusia

Ditinjau dari sumber daya manusia, sumber daya manusia pada salon kecantikan tidak membutuhkan spesifikasi pendidikan tertentu. Jadi, karyawan salon bisa dari tingkat pendidikan apa saja asalkan terampil melakukan berbagai perawatan wajah dan tubuh di salon. 

Berbeda dengan salon kecantikan, di klinik kecantikan ada spesifikasi khusus bagi beautician yang bekerja di klinik tersebut. Beautician minimal harus berpendidikan d3 keperawatan dan memiliki STR. Selain itu, di dalam klinik kecantikan harus ada dokter yang bertanggung jawab untuk melakukan treatment. Dokter yang bekerja di klinik kecantikan tentu juga harus mengantongi STR. 

3. Tempat

Dari segi tempat, salon kecantikan umumnya lebih kecil daripada klinik kecantikan. Selain itu di salon kecantikan tidak perlu ada pembuangan limbah medis serta tidak perlu dilengkapi SOP tindakan. Sementara di klinik kecantikan setiap tindakan harus disertai SOP dan setiap alat yang digunakan harus disertai petunjuk penggunaan. Selain itu pembuangan limbah klinik kecantikan juga harus melalui pembuangan yang sesuai dengan prosedur. 

4. Harga

Dari segi harga perawatan yang tersedia, harga perawatan di salon kecantikan biasanya lebih murah dibanding klinik kecantikan. Harga sebuah treatment di klinik kecantikan bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

5. Produk

Produk yang digunakan di salon kecantikan biasanya tidak menggunakan merek mereka sendiri, sedangkan klinik kecantikan hampir semua menggunakan produk merek sendiri. Jadi, biasanya klinik kecantikan memang telah dilengkapi dokter penanggung jawab dan apoteker yang meracik krim skin care merek mereka sendiri.

6. Fokus Perawatan

Fokus perawatan salon kecantikan adalah menyempurnakan kecantikan wajah dan tubuh dengan make up dan perawatan sederhana. Sedangkan klinik kecantikan berfokus pada perawatan kulit yang kontinu agar tercipta kulit yang sehat dan cantik.

Demikian sekilas perbedaan salon kecantikan dan klinik kecantikan. Sangat mudah bukan untuk membedakannya?

1 KOMENTAR

  1. Banyak wanita yang hampir belum tau bedanya salon dengan klinik kecantikan dan cenderung mengangapnya sama! Nice info jadi tau sekarang perbedaan antara salon kecantikan dengan klinik, terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here