Dalam teknik pemasaran, penggunaan media sosial tidak bisa dihindarkan. Facebook, Twitter, dan Instagram sudah menjadi platform utama yang digunakan untuk mempromosikan barang-barang dagangan Anda. Ternyata, selain ketiga platform media sosial itu, Anda juga bisa memanfaatkan WhatsApp Business untuk membantu mensukseskan jualan, yang mana bisa dipakai untuk promosi serta dukungan layanan kepada pelanggan. Lantas, bagaimana cara penggunaan WhatsApp Business yang tepat agar penjualan semakin meningkat? 

Ikuti ulasan ini untuk tahu strategi yang digunakan untuk memaksimalkan penggunaan WhatsApp Business serta mengapa itu merupakan ide terbaik dalam mendukung peningkatan omset. Pasalnya, WhatsApp Business sengaja dibuat khusus untuk mendukung para pemilik usaha kecil dalam memajukan bisnis mereka. Platform ini dapat membantu Anda untuk terhubung dengan pelanggan dan memberi layanan langsung yang dipersonalisasi. 

WhatsApp Business Bisa Mendukung Peningkatan Omset, Benarkah?

Pelaku bisnis dapat berinteraksi dengan pelanggan mereka secara efisien dengan menggunakan alat yang dapat melakukan otomatisasi, menyortir, dan merespons pesan dengan cepat. WhatsApp Business bisa melakukan itu semua jika Anda mengaturnya. Mulai dari pengaturan pesan otomatis yang akan diberikan kepada pelanggan baru yang ingin bertanya mengenai produk yang dijual, memberi respons pesan cepat untuk menghadapi keluhan customers agar mereka tidak terlalu lama menunggu. 

Melalui fitur-fitur tersebut, engagement dalam menerima keluhan yang disampaikan konsumen mengenai jasa atau produk yang ditawarkan pun bisa meningkat. Jika konsumen suka dengan layanan yang mereka terima, mereka pun tidak akan segan-segan untuk mempromosikan produk Anda kepada yang lain. Perlahan-lahan bisnis yang dikelola akan mulai dikenal. Pelanggan lama bisa kembali terus untuk membeli bersamaan dengan hadirnya pelanggan baru. Perlahan, omset pun akan semakin bertambah. 

Cara Membuat Profil Whatsapp Untuk Bisnis

Sejauh ini usaha kecil telah menggunakan aplikasi WhatsApp biasa untuk menjalankan bisnis mereka atau menawarkan dukungan pelanggan. Meskipun itu bisa berhasil, membuat profil bisnis akan menawarkan lebih banyak kredibilitas untuk percakapan Anda. 

  • Pertama, unduh dulu aplikasi WhatsApp Business di Google Play Store. 
  • Daftar menggunakan nomor ponsel. Idealnya, Anda harus menggunakan nomor telepon bisnis karena itu akan membuat proses verifikasi lebih mudah di kemudian hari. 
  • Buat profil dengan memasukkan detail bisnis Anda di Setelan → Setelan Bisnis → Profil. Pastikan untuk memasukkan informasi detail yang akurat seperti nama usaha, situs atau link marketplace, dan alamat. 

Menyiapkan WhatsApp untuk Bisnis

Setelah Anda selesai membuat profil bisnis, sekarang saatnya untuk menyiapkan aplikasi. WhatsApp Business menawarkan fitur-fitur perpesanan cerdas untuk membantu Anda dalam mempermudah menjalankan bisnis dan menghemat waktu. Anda dapat mengatur pesan salam dan pesan tandang otomatis. Anda juga dapat mengatur balasan cepat untuk pelanggan. 

Berikut cara mengatur WhatsApp for Business

  • Langkah awal, atur opsi perpesanan yang tersedia dengan klik Pengaturan > Pengaturan Bisnis
  • Tersedia tiga opsi yaitu Away message (Pesan yang menyatakan jika Anda sedang tidak bisa membalas pesan), Greeting message (Pesan salam untuk pembuka), dan Quick replies (Balasan cepat untuk memudahkan pelanggan dalam berinteraksi). Anda dapat mengatur masing-masing tergantung kebutuhan. 
  • Ketiga opsi pesan tersebut dapat Anda atur secara otomatis. Untuk away message dapat diatur jika pelanggan menghubungi di luar jam operasional kerja. Greeting message dapat diberikan secara otomatis kepada pelanggan yang baru pertama kali menghubungi atau lama tidak aktif. Sementara untuk Quick replies bisa dimanfaatkan untuk menyiapkan pesan dasar seperti FAQ, Pengenalan produk yang akan ditawarkan, atau menambahkan gim menarik untuk membunuh kebosanan customer selama menunggu respons nyata dari Anda. 

Strategi Sukses Berjualan Dengan WhatsApp Business

Agar cara penggunaan WhatsApp Business dapat maksimal, inilah strategi tepatnya. 

1. Berikan Label untuk Percakapan

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan WhatsApp Business adalah melacak pelanggan. Meskipun Anda harus menambahkannya secara manual ke daftar kontak, Anda juga dapat menetapkan label ke percakapan secara otomatis. Ini akan sangat membantu saat berinteraksi dengan banyak pengguna.

Anda dapat mengatur label untuk pelanggan, kemudian melabeli percakapan obrolan. Misal, Anda dapat memberikan label obrolan sebagai ‘pelanggan baru‘ ketika ada customer yang baru pertama kali menghubungi. Dengan cara ini ketika pelanggan tersebut masih membalas setelah beberapa waktu, Anda tetap dapat mengetahui siapa orang tersebut. 

2. Gunakan WhatsApp Business di Desktop dan Web

Sama seperti akun WhatsApp pribadi, Anda juga bisa menggunakan WhatsApp Business versi desktop. Tujuannya, agar lebih mudah dalam berinteraksi dengan sejumlah besar pelanggan. 

3. Berikan Dukungan Satu Lawan Satu atau One-on-One Support

Salah satu keuntungan utama menggunakan aplikasi WhatsApp Business adalah dapat menawarkan dukungan satu lawan satu kepada pelanggan. Untuk pemilik usaha kecil atau pemula, layanan ini akan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan akan kembali membeli di lain waktu. Terlebih, melalui WhatsApp Business, customer ataupun Anda dapat saling berkirim foto, video, atau file. Ini dapat membantu pelanggan dalam menjelaskan masalah yang dialami secara jelas.

4. Kirim Pesan Broadcast untuk Menginformasikan Pembaruan Bisnis

WhatsApp Business juga dapat membantu Anda mengirimkan informasi pembaruan tepat waktu terkait bisnis. Baik itu produk baru atau layanan baru yang akan diluncurkan. Caranya, dengan memanfaatkan layanan pesan broadcast yang sudah ada di WhatsApp. 

Itulah cara penggunaan WhatsApp Business yang tepat untuk melancarkan penjualan Anda. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini