Terlepas dari sektor atau industri apa pun, departemen keuangan merupakan jantung dari seluruh operasional perusahaan. Tanpa kelancaran finansial, sulit bagi sebuah perusahaan untuk berkembang, artinya menjaga urusan keuangan bisnis tetap teratur sangatlah penting. Dalam hal ini, Anda perlu memiliki aplikasi laporan keuangan bisnis agar mudah dalam memantau kondisi finansial perusahaan secara berkala serta dapat membuat keputusan dengan tepat dari hasil laporan tersebut. 

Laporan keuangan yang baik akan dapat membantu Anda dalam memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang status keuangan usaha, baik saat ini maupun di masa depan. Laporan keuangan berbasis data juga merupakan cara yang efektif untuk membantu mengukur hasil keuangan, arus kas, dan posisi keuangan perusahaan. 

Mengapa Perlu Aplikasi Laporan Keuangan?

Dalam bisnis yang tengah berjalan, mempunyai aplikasi laporan keuangan akan sangat menguntungkan. Sebab: 

1. Waktu Menjadi Lebih Efektif dan Efisien

Laporan keuangan memang dapat dicatat secara manual. Tetapi, akan sangat membutuhkan waktu yang lama dan melakukan pekerjaan yang sama berulang kali. Namun dengan adanya aplikasi, laporan keuangan perusahaan jadi semakin mudah dibuat. Bahkan, Anda tidak perlu melakukan pekerjaan yang sama secara berulang-ulang. 

2. Membuat Laporan Lebih Cepat, Mudah, serta Data Tersimpan dengan Aman

Perkembangan era digital, memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan yang cepat dimana saja dan kapan saja, serta menggunakan gadget apa pun. Bahkan, laporan akan lebih mudah dikerjakan daripada secara manual. Data pun lebih aman lantaran sudah tersimpan di cloud dengan security yang dapat dikelola oleh pihak internal perusahaan. 

3. Dalam Satu Aplikasi, Laporan yang Diperoleh sudah Lengkap

Dengan memakai aplikasi untuk mencatat pelaporan keuangan, Anda akan memperoleh data yang sangat detail serta transparan. Anda dapat mengetahui jumlah uang masuk dan keluar, memantau untung rugi perusahaan secara berkala, bahkan memantau investasi perusahaan. Dari laporan yang diperoleh tersebut, departemen keuangan dapat melakukan analisis untuk masa yang akan datang serta memudahkan pihak manajemen dalam mengambil keputusan. 

Pantau Kondisi Finansial Bisnis Dengan Aplikasi Ini

Nah, agar tidak salah memilih, berikut rekomendasi aplikasi laporan keuangan bisnis yang dapat Anda gunakan untuk memantau kondisi finansial perusahaan. 

1. Money Lover

Aplikasi besutan Finsify Technology Company Limited dapat diakses dari gadget mana pun, baik mobile ataupun desktop. Data yang dimasukkan pun akan secara otomatis sinkron ke semua perangkat, sehingga memudahkan Anda untuk meng-update data keuangan kapan saja dan di mana saja. 

Aplikasi Money Lover dapat digunakan untuk mencatat anggaran perusahaan, memantau uang masuk dan keluar, serta mengetahui hutang piutang yang dimiliki. Ada pengingat juga agar tidak lupa jika ada hutang yang belum terbayarkan. Dari sini, Anda dapat mengetahui dana yang dimiliki untuk operasional dan pengembangan bisnis kedepannya. 

2. Zahir Accounting

Zahir accounting merupakan salah satu aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) yang sudah ada dari tahun 1996. Aplikasi yang sudah memiliki lisensi nasional dan internasional ini dapat membantu Anda dapat melakukan manajemen keuangan, membuat laporan keuangan, mendata inventaris perusahaan. 

Dengan aplikasi Zahir Accounting, Anda juga dapat memantau stok yang ada di tiap-tiap cabang perusahaan, mengontrol hutang piutang, serta memudahkan dalam pembuatan invoice

3. Jurnal 

Jurnal adalah aplikasi pencatatan keuangan berbasis cloud dari Indonesia. Aplikasi dalam negeri ini sudah memiliki lisensi ISO 27001 untuk menjamin keamanan data Anda yang tersimpan di server mereka. Bahkan, data yang dimasukkan akan selalu update secara real time. 

Jurnal dapat membantu Anda dalam pembuatan invoice, mengetahui laba rugi perusahaan, inventarisasi produk, serta uang kas yang dapat dipantau secara real time

4. Harmony 

Harmony adalah software akuntansi online yang dapat digunakan untuk melakukan pembukuan secara otomatis dari bank-bank perusahaan, serta melakukan pembukuan keuangan untuk mencatat dana masuk, keluar, hutang piutang, serta inventarisasi. 

Harmony memiliki fitur unggulan yaitu: 

  • Cash flow: membantu Anda memantau arus kas perusahaan. 
  • Smart invoice: memudahkan Anda dalam melacak invoice baik yang sudah terbayarkan, sudah melewati tenggat, atau yang sedang proses. 
  • Expenses: pencatatan pengeluaran perusahaan. 
  • Multiple company: dapat digunakan untuk memantau cabang-cabang atau anak perusahaan. 

5. Microsoft Dynamics GP

Dynamics GP adalah paket perangkat lunak akuntansi bisnis atau perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) pasar menengah yang menggunakan Microsoft SQL Server untuk menyimpan data. Aplikasi ini ditulis dalam bahasa pemrograman Dexterity dan merupakan bagian dari rangkaian Microsoft Dynamics suite of intelligent business applications.

Aplikasi ini cocok untuk Anda mengelola dan mengintegrasikan keuangan, manufaktur, layanan lapangan, e-commerce, akuntansi proyek, dan sumber daya manusia. Terdapat juga analytics tools yang dapat digunakan untuk manajemen dalam mengambil keputusan. 

6. Monefy 

Monefy merupakan aplikasi pencatatan keuangan berbasis mobile application untuk Android dan iOS yang memberikan desain user friendly, sehingga mudah digunakan. Menariknya, aplikasi ini dapat digunakan untuk lebih dari satu akun. Dengan begitu, Anda bisa memisahkan keuangan bisnis dan pribadi. Bahkan, Anda dapat menambah atau menghapus kategori yang tidak diperlukan. 

7. Money Manager

Money Manager adalah aplikasi buatan WiinFeel yang ditujukan untuk pengusaha berskala kecil dan pribadi. Aplikasi gratis ini dapat membantu Anda mencatat setiap transaksi yang terjadi, mendapatkan laporan harian atau bulanan. Kelebihannya, Anda dapat menggunakannya secara offline

Itulah rekomendasi aplikasi laporan keuangan bisnis yang akan memudahkan Anda dalam memantau kondisi finansial perusahaan. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini