Memiliki pengetahuan tentang produk-produk percetakan cukup esensial sebelum membuka bisnis percetakan. Salah satu produk yang wajib diketahui adalah kertas. Kertas memiliki berbagai jenis dan kegunaannya. Mulai dari kertas khusus untuk membuat objek hingga khusus untuk mencetak. Apa saja jenis kertas yang ada? Yuk, disimak.

 

1. Kertas Art Paper (Matt Paper)

Kertas art paper atau matt paper merupakan kertas yang biasanya digunakan untuk membuat brosur dan poster. Permukaan kertas yang semi doff (matt) atau licin (art) membuat gambar dan tulisan yang dicetak lebih bagus. Gramasi kertas art yang sering digunakan adalah 100 gram, 120 gram, dan 150 gram.

 

2. Kertas Duplex (Coated)

Kertas duplex (coated) adalah jenis kertas yang biasanya digunakan untuk membuat kotak. Ciri-ciri kertas ini adalah sisi depan berwarna putih, sedangkan sisi belakang berwarna abu-abu. Kertas ini juga hanya bisa dicetak di satu bagian saja. Gramasi kertas duplex yang sering digunakan adalah 250 gram, 270 gram, 310 gram, 350 gram, hingga 400 gram.

 

3. Kertas Kalkir

Kertas kalkir memiliki bentuk yang mirip seperti kertas HVS, namun kertas ini lebih sering digunakan sebagai media penyablonan. Kertas ini berukuran tipis dan memiliki ciri berwarna gelap dan transparan, seperti terlihat terkena tumpahan minyak.

 

4. Kertas Ivory

Kertas selanjutnya adalah kertas ivory. Kertas ini hampir menyerupai art carton. Kedua sisi kertas berwarna putih, namun tidak seputih art carton. Kertas ivory cukup tebal dan memiliki satu sisi yang licin. Kertas ini cocok untuk digunakan sebagai kotak kosmetik. Gramasi kertas yang sering digunakan adalah mulai dari 210 gram, 230 gram, 250 gram, 270 gram, 300 gram, hingga 350 gram.

 

5. Kertas HVS

Kertas lainnya yang biasa dijual di usaha percetakan adalah kertas HVS. Kertas ini memiliki tekstur yang sedikit kasar dan biasanya digunakan sebagai kertas untuk fotokopi. Gramasi kertas HVS terdiri dari 70 gram, 80 gram, dan 100 gram dengan variasi ukuran kertas A4, F4, folio dan juga HVS A3.

 

6. Kertas CWb

Kertas CWB memiliki material yang hampir mirip seperti kertas duplex dan sering digunakan untuk kotak makanan. Bagian dalam kertas ini berwarna putih sehingga kelihatan lebih bersih. Gramasi kertas HVS terdiri dari 230 gram, 250 gram dan 300 gram.

 

7. Art Carton

Bahan art carton sama dengan art paper, namun gramasi art carton lebih tebal. Kertas jenis ini digunakan untuk berbagai produk cetak, seperti brosur, katalog, kartu nama, dan produk cetak lainnya. Gramasi art carton dimulai dari 190 gram, 230 gram, 260 gram, 310 gram, hingga 360 gram.

 

8. Samson Kraft

Jenis kertas lainnya adalah Samson kraft. Kertas ini berwarna muda dan memiliki tekstur yang kasar karena hasil daur ulang. Kertas ini biasanya digunakan sebagai kertas pembungkus paperbag dan handbag.

 

9. Corrugated Paper

Jenis kertas lain yang perlu Anda ketahui adalah corrugated paper. Corrugated paper merupakan kertas karton yang bagian dalamnya bergelombang. Kertas jenis ini biasanya digunakan untuk bahan kotak mi instan.

 

10. Fancy Paper

Kertas lainnya yang biasanya usaha percetakan jual adalah fancy paper. Kertas tipe ini memiliki berbagai macam karakteristik. Macam-macam kertas fancy paper adalah Hawaii, jasmine, java emboss, millennium, dan lain-lain. Gramasi kertas fancy paper beragam mulai dari 80 gram, 100 gram, 220 gram, dan 300 gram.

 

11. Jasmine

Jasmine merupakan fancy paper dan sering digunakan sebagai kertas untuk undangan pernikahan. Kertasnya terdiri dari beragam warna dan memiliki permukaan yang mengilap. Untuk gramasi, kertas ini terdiri dari ukuran tipis dan tebal.

 

12. Kertas Bw/BC/Concord/Linen Jepang

Kertas BW/BC/Concord/Linen Jepang memiliki tekstur yang keras dan biasanya digunakan untuk kertas sertifikat atau kop surat. Kertas ini memiliki beragam warna dengan gramasiĀ  220 sampai 250 gram.

 

13. Yellow Board

Yellow board merupakan kertas yang berukuran tebal. Kertas ini biasanya digunakan untuk membuat undangan dalam bentuk hard cover. Untuk menghasilkan kertas yang bagus, yellow board dilapisi dengan duplex atau art paper. Ketebalan kertas ini terdiri dari YB 30 dan YB 40.

 

14. Stiker Vinil

Stiker vinil merupakan kertas hasil sintetis dengan ciri halus, licin, lentur, mengkilap, dan memiliki lapisan lem pada bagian belakang. Kertas ini tidak mudah terkikis hujan dan mudah sobek. Stiker vinil sering digunakan untuk helm, motor, dan mobil.

 

Inilah beberapa jenis kertas yang perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis percetakan. Kenali jenis dan kegunaannya agar usaha percetakan menjadi sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here