Seiring dengan semakin maraknya E-commerce akibat perkembangan teknologi internet, saat ini toko online banyak menawarkan produk yang bisa dibeli dengan sekali ketukan melalui tablet, ponsel pintar, dan PC. Tentunya belanja online seperti ini tidak terlepas dari  kesalahan pemilihan produk.

Hal ini bisa terjadi karena pembeli tidak melihat secara langsung dan memegang produk yang akan dibelinya. Mereka hanya bergantung pada deskripsi produk dan jasa yang ditawarkan. Nah, untuk menghindari terjadinya salah membeli ini, melakukan riset ulasan online terhadap produk ini akan sangat membantu. Pertanyaannya, sejauh mana pengaruh ulasan produk tersebut pada toko online?.

Baca juga: Ketahui 4 Fungsi Ulasan Produk dan 5 Manfaat Promosi Online

 

Pengaruh Ulasan Produk Terhadap Toko Online

Berdasar econsultancy.com, ulasan ternyata berperan penting bagi pembeli untuk mengambil keputusan pembelian.

    • Hampir sekitar 61% pembeli membaca ulasan produk tersebut secara online sebelum membuat keputusan pembelian. Sementara di Indonesia sekitar 95 persen pembeli akan mengkaji sebuah produk atau jasa lewat ponselnya.
    • Oleh karenanya, ulasan dianggap penting bagi banyak situs bisnis. Tidak heran jika perilaku konsumen dalam sebuah situs ini bisa menunjukkan bahwa 9 dari 10 orang menggunakan situs ulasan.
    • Di Indonesia ulasan produk pun banyak dipercaya oleh 70% calon pembeli sebagai penilaian bagi produk yang hendak dibeli. Tingkat kepercayaan pembeli terhadap ulasan juga meningkat dari tahun ke tahun. Hal  ini menunjukkan bahwa ulasan-ulasan pada sebuah produk online dapat membantu calon pembeli supaya tidak salah beli.
    • Bahkan pembeli lebih memercayai ulasan pelanggan lain yang tidak dikenalnya 12 kali lebih besar dibandingkan keterangan pada produk dari produsen.
    • Ulasan positif juga akan memengaruhi keputusan pembelian suatu produk yang akan membuat calon pembeli memercayai produk tersebut. Di Indonesia sekitar 87% konsumen memercayai ulasan positif. Dengan demikian, kemungkinan akan terjadinya pembelian sebuah  produk online tersebut juga akan semakin tinggi.

 

Inilah Alasan Ulasan Produk Berpengaruh pada Bisnis Online

Inilah beberapa pengaruh ulasan produk terhadap toko online yang harus diketahui oleh pengusaha online;

1. Ulasan dapat meningkatkan penjualan

Berdasar laporan data  econsultancy.com, ulasan mampu meningkatkan rata-rata 18 persen penjualan. Ranking situs akan meningkat pula di mesin pencarian Google dengan adanya ulasan. Dengan semakin tinggi ranking, akan semakin tinggi pula peluang munculnya di halaman pertama mesin pencarian Google.

2. Ulasan produk juga membantu produsen mengetahui pendapat para pelanggan

Masukan, kritik, dan saran dari para pelanggan dapat terlihat dalam sebuah ulasan produk. Respons dan masukan dari pelanggan ini tentu akan bermanfaat bagi produsen untuk melakukan inovasi produknya.

 

Hati-Hati Ulasan Palsu

Sayangnya, ulasan yang diberikan oleh pelanggan lain yang sama sekali tidak dikenal memiliki sisi negatif juga. Pasalnya, timbul pertanyaan apakah ulasan positif yang diberikan terhadap suatu produk itu benar?

Apalagi ulasan sangat penting bagi sebuah produk, sehingga mendorong para produsen produk berusaha mendapatkan ulasan positif. Kondisi ini kemudian memunculkan bisnis baru yaitu jasa pemberi ulasan palsu.

 

Banyak bisnis yang menawarkan jasa ulasan palsu dengan harga yang sangat murah. Ada juga penulis ulasan palsu menawarkan jasanya secara online di Fiverr.com dengan bayaran  $5 untuk setiap ulasan. Bahkan ulasan palsu ini telah mencapai sekitar 30% dari ulasan online produk di internet.

 

Jadi, bagaimana caranya agar calon pembeli tidak tertipu oleh ulasan palsu? Konsumen memang harus waspada dan tetap berhati-hati saat memilih produk dan jasa yang ditawarkan secara online. Pasalnya tidak semua review baik terhadap sebuah produk dapat dipercaya, begitu pula review buruk.

    • Pendiri situs pelacak review palsu Fakespot, bahkan menyatakan banyak produk toko online mencantumkan review palsu, yang ditulis oleh bukan pembeli asli. Jadi tidak sedikit produsen yang menambahkan review positif pada produk mereka sendiri dan menjelek-jelekkan produk saingan.
    • Situs yang paling banyak memiliki review palsu hingga mencapai 70% contohnya adalah e-commerce Amazon. Pasalnya, toko online ini dapat memanfaatkan teknologi untuk menambahkan review yang berisi pujian palsu ini.
    • Selain itu, agar Anda lebih berhati-hati, perlu diketahui bahwa situs yang banyak terdapat ulasan palsu adalah situs produk kosmetika, sepatu, charger ponsel, dan headphone.

 

Nah, itulah penjelasan tentang pengaruh ulasan produk terhadap toko online yang ternyata sangat besar pengaruhnya. Jadi,  belanja online memang mudah dan menarik, tetapi kehati-hatian tetap diperlukan saat Anda hendak memesan barang dengan memanfaatkan review produk tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here