Sarapan soto ayam Lamongan di pagi hari memang terasa istimewa. Bagaimana tidak, rasa segar kuah kaldu yang bercampur dengan rempah-rempah khas Indonesia ditambah dengan berbagai taburan di atas membuat hidangan asli dari Lamongan, Jawa Timur ini begitu nikmat. Tidak heran jika banyak orang akan berusaha mencari tahu resep soto ayam Lamongan dan mencoba memasaknya sendiri di rumah.

Saat dilihat sekilas, soto ayam Lamongan ini memang terlihat mirip dengan jenis soto lain pada umumnya. Namun, yang membuatnya berbeda adalah taburan serbuk kerupuk udang yang menambah kenikmatan soto khas Lamongan ini. 

Seperti resep soto ayam pada umumnya, hidangan ini juga menggunakan ayam kampung pilihan yang menghasilkan rasa gurih dan empuk. Tidak hanya itu saja, kuah yang dibuat dari berbagai rempah dan bumbu khusus serta kaldu ayam asli sebagai penyedap rasa juga membuat hidangan ini begitu menggugah selera.

Soto ayam Lamongan biasanya disajikan dengan nasi dan berbagai pelengkap seperti irisan kubis, tomat, daun bawang, mie bihun, serta irisan telur ayam. Lengkapnya elemen dalam satu mangkuk soto Ayam Lamongan membuatnya menjadi hidangan yang cocok dimakan saat sarapan.

Baca juga: Soto Betawi Haji Mamat, Kelezatan Sejak Tahun 1960-an

Resep Soto Ayam Lamongan Lengkap dengan Koya dan Sambal


Jika Anda sudah begitu sering mencicipi hidangan lezat ini di berbagai rumah makan, mengapa tidak mencoba membuatnya sendiri? Proses membuatnya tidaklah terlalu rumit dan bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah didapat. Selain bisa disajikan untuk keluarga di rumah, Anda juga bisa mencoba membuka bisnis warung soto ayam Lamongan kecil-kecilan di rumah.

Bahan-bahan

Ayam kampung

2 ons bawang merah

4 ons bawang putih

1 ons kunyit

2 ons jahe

5 ons serai

4 ons kemiri

10 lembar daun jeruk

3 sendok teh ketumbar bubuk

2 ons udang segar, bisa diganti dengan bandeng jika tidak ada, tetapi gunakan dagingnya saja

Daun bawang

Cara memasak Soto Ayam

  1. Haluskan bawang putih dan bawang merah dengan minyak sampai halus, kemudian sisihkan.
  2. Haluskan bahan untuk bumbu lainnya kecuali daun jeruk dan serai, secara terpisah dengan menggunakan air, kemudian sisihkan.
  3. Ambil udang dan bersihkan kulitnya, kemudian haluskan menggunakan blender. Setelah halus, sisihkan.
  4. Langkah selanjutnya adalah mencampurkan semua bumbu. Pada wajan besar, masukkan campuran bumbu campuran bawang merah dan bawang putih terlebih dahulu. Aduk-aduk selama lima menit sampai matang merata dan tercium harum.
  5. Selanjutnya, masukkan campuran bumbu kedua yang juga telah dihaluskan sambil terus diaduk rata. Kemudian masukan juga daun jeruk dan serai ke dalam wajan sambil terus diaduk. Tambahkan ketumbar bubuk sambil terus diaduk agar tidak gosong dan kematangannya merata.
  6. Setelah 10 menit, masukkan udang atau bandeng yang sudah diblender, kemudian aduk lagi. Masak selama 10 menit sampai udang juga matang dan harum. Kemudian tiriskan.
  7. Setelah bumbu sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan ayam. Rebus ayam yang sudah dipotong dalam air mendidih selama dua menit untuk menghilangkan kotoran pada lapisan luar ayam serta menghilangkan bahan pengawet yang mungkin ditambahkan pada daging ayam. 
  8. Angkat ayam menggunakan saringan dan cuci kembali dengan air yang mengalir agar benar-benar bersih.
  9. Langkah selanjutnya adalah membuat kuah kaldu untuk soto. Caranya, siapkan sebuah panci berisi air, kemudian masukkan ayam yang sudah direbus dan dicuci ke dalam panci tersebut. Masukkan pula semua bumbu yang sudah matang ke dalam panci. Tambahkan bumbu garam untuk memberikan rasa pada kuah sekaligus ayamnya. Rebus selama 25 menit. 
  10. Setelah 25 menit, keluarkan ayam dari rebusan dan sisihkan. Air rebusan ini selanjutnya akan digunakan sebagai kuah soto. Untuk menyiapkan kuahnya, iris kecil-kecil daun bawang, kemudian masukkan ke dalam kuah kaldu soto. Cicipi sedikit untuk mengoreksi rasa jika diperlukan.
  11. Terakhir, goreng ayam yang sudah direbus tadi, lalu suwir-suwir untuk dijadikan pelengkap soto ayam Lamongan ini.

Membuat Koya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu elemen penting yang membuat soto ayam Lamongan istimewa adalah taburan koya. Jadi, selanjutnya adalah menyiapkan koya untuk melengkapi resep soto ayam Lamongan ini. 

Untuk membuat koya khas soto ayam Lamongan sangatlah mudah, Anda hanya membutuhkan bawang putih goreng dan kerupuk udang. Haluskan kedua bahan tersebut hingga benar-benar halus dan tercampur rata. Jika sudah siap, sisihkan.

Membuat Sambal

Untuk yang suka pedas, maka wajib menambahkan sambal khas soto. Bahan yang diperlukan antara lain cabai rawit, bawang putih, garam, gula, dan sedikit air. Untuk membuatnya, rebus dulu cabai rawit selama beberapa saat. Kemudian, haluskan bersama dengan bawang putih, garam dan gula. Kemudian beri sedikit air agar mudah mencampurkan semua bahan.

Menyajikan Soto Ayam Lamongan


Setelah semua bahan sudah matang, maka langkah terakhir adalah menyusun soto ayam untuk disajikan. Selain suwiran ayam, koya, sambal, dan kuah kaldu yang sudah dibuat di atas, bahan pelengkap lainnya antara lain telur rebus, kubis dan daun seledri yang sudah diiris tipis, mie bihun putih yang sudah direbus, dan jeruk nipis.

Untuk menghidangkannya, masukkan nasi ke dalam mangkuk. Kemudian tambahkan irisan ayam beserta bahan pelengkap lain di atasnya, lalu siram dengan kuah kaldu. Beri irisan kecil jeruk nipis dan sedikit sambal agar tamu bisa menambahkan jeruk sesuai selera.

Peluang Bisnis Soto Ayam Lamongan untuk Usaha Kecil Menengah


Sebagai makanan tradisional khas daerah Lamongan, hidangan ini memang menjadi salah satu icon kuliner kota tersebut. Jika Anda berkunjung ke sana, maka akan sangat mudah menemukan warung-warung yang menawarkan hidangan ini di berbagai tempat. 

Sekarang ini, kuliner soto Lamongan juga sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, sehingga masyarakat tak perlu lagi jauh-jauh ke Lamongan untuk mencicipinya. Karena besarnya minat masyarakat terhadap menu ini, maka peluang membuka bisnis kecil untuk hidangan soto ayam Lamongan masih terbuka. 

Rasanya yang segar dan mudah diterima oleh lidah anak-anak sampai orang tua membuat pangsa pasar untuk hidangan ini sangat luas. Usaha ini sangat cocok untuk Anda yang baru ingin mencoba terjun ke dunia usaha kuliner. Pasalnya, modal yang dibutuhkan tidaklah terlalu banyak dan membuatnya juga tidak terlalu sulit. 

Meski demikian, Anda tetap perlu waspada dengan harga bahan baku makanan yang tidak stabil. Ayam dan beberapa jenis bumbu yang digunakan dalam soto merupakan salah satu bumbu yang sering mengalami naik turun harga secara drastis terutama pada musim-musim tertentu.

Ketika terjadi peningkatan harga yang drastis, jangan mengurangi bahan baku karena dampaknya adalah pada rasa masakan Anda. Meski demikian, Anda juga tidak bisa menaikkan harga seenaknya karena justru akan membuat pelanggan kabur. Solusinya adalah mengurangi sedikit porsinya, tetapi pastikan tidak terlalu banyak pengurangan agar konsumen tidak kecewa.

Ketika pelanggan sudah jatuh cinta dengan rasa yang Anda tawarkan, maka jangan sampai mengubah resep soto Ayam Lamongan tersebut demi menekan pengeluaran. Rasa yang berubah akan membuat pelanggan terlalu kecewa dan tidak mau kembali. Namun, pengurangan porsi yang sedikit biasanya lebih dapat dipahami asalkan kualitas rasa tetap terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here