Siapa sih yang belum pernah mendengar tentang Salmon Mentai? Dalam beberapa bulan terakhir makanan ini ramai diperbincangkan oleh masyarakat. Banyak restoran hingga pengusaha kuliner kecil-kecilan juga ikut menawarkan menu lezat ini. Kabar baiknya, Anda tidak perlu menunggu beli dari restoran untuk mencicipi hidangan lezat ini. Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti resep Salmon Mentai.

Sebelum membahas tentang resep, mari berkenalan dulu dengan makanan yang berasal dari Jepang ini. Mentai sebenarnya adalah nama saus yang digunakan untuk menghidangkan sajian salmon. Mentai atau mentaiko dibuat dengan campuran telur ikan yang sudah diasinkan dengan mayonaise dan beberapa bahan lainnya.

Nah, itulah mengapa kini ada banyak kreasi mentai di pasaran. Mulai dari kani mentai, beef mentai shirataki, dan lain-lain. Jadi, Anda bisa mengganti bahan dasarnya dengan ikan atau daging apa pun yang lebih disukai, tetapi sausnya tetap sama.

Asal-Usul Salmon Mentai menjadi Naik Daun


Tren hidangan salmon mentai di Indonesia dipelopori oleh seorang chef di Bali sekaligus pengajar kuliner di Jakarta, Fitria Anindita Putri. Awalnya ia mencoba menggabungkan salmon dengan shirataki untuk sarapan. Ternyata menurut suaminya, menu tersebut terasa lezat sehingga ia memutuskan untuk mencoba menjualnya.

Tidak disangka, ternyata salmon mentai buatannya disambut dengan baik oleh masyarakat Indonesia dan bahkan menjadi viral. Apalagi karena saat itu memang belum ada merek lain yang mencoba menawarkan menu tersebut dan karena memang topping saus mentai terasa lezat. Akhirnya, ia memutuskan untuk berhenti dari profesinya selama ini dan memilih untuk menekuni bisnis barunya tersebut. 

Siapa sangka jika apa yang dilakukan Anind ternyata menjadi pelopor ramainya menu salmon mentai di Indonesia.  

Resep Salmon Mentai


Setelah memahami apa itu mentai dalam berbagai menu populer saat ini, sekarang saatnya Anda belajar membuat Salmon Mentai sendiri.

Bahan yang harus disiapkan

125 gram Ikan salmon

70 gram Edamame

Nasi Jepang

Bumbu untuk marinasi ikan salmon

1 sendok makan shoyu atau kecap asin

½ sendok makan mirin

½ sendok makan minyak wijen

Bumbu untuk saus mentai

2 sendok makan mayonaise Jepang

1 sendok makan saus tomat

1 sendok makan saus sambal

1 sendok makan Tobiko atau flying fish roe

Bumbu untuk menggoreng kulit ikan

1 sendok makan tepung beras

Garam secukupnya

Lada hitam secukupnya

Cara memasak

  1. Masak nasi terlebih dahulu agar nasi sudah siap dihidangkan bersama dengan salmon  mentai ketika sudah matang.
  2. Ambil ikan salmon, kemudian pisahkan ikan dari kulitnya. Sisihkan kulit salmon terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya, potong kotak-kotak salmon yang sudah terpisah dalam kulit, lalu sisihkan.
  4. Buat bumbu marinasi ikan salmon dengan mencampurkan 1 sendok makan shoyu atau kecap asin, ½ sendok makan mirin, dan ½ sendok makan minyak wijen. Jika Anda suka sedikit rasa pedas, bisa juga ditambahkan sedikit minyak cabai.
  5. Campur ikan salmon dengan bumbu marinasi, dan diamkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit dalam lemari es agar bumbu benar-benar meresap.
  6. Masak edamame dalam air mendidih selama 2 menit, kemudian saring. Kupas edamame, kemudian tiriskan.
  7. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan saus mentai. Caranya, campur semua bahan untuk membuat saus mentai dalam mangkuk dan aduk hingga merata. Kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  8. Selanjutnya adalah menggoreng kulit ikan salmon yang sudah ditiriskan tadi untuk digunakan sebagai topping. Caranya, campur tepung beras, garam dan lada hitam hingga merata. Kemudian balurkan campuran tepung pada kulit salmon, tetapi usahakan agar tidak terlalu tebal. Selanjutnya goreng dengan api sedang, kemudian sisihkan.
  9. Setelah salmon dimarinasi, langkah selanjutnya adalah memasaknya menggunakan blow torch. Gunakan blow torch sesuai selera, bisa sampai salmon setengah matang atau hingga benar-benar matang.
  10. Setelah selesai, sekarang saatnya menyusun salmon mentai ke dalam piring atau mangkok. Masukkan nasi yang sudah matang ke dalam mangkok, kemudian tata salmon di atas nasi dan siram dengan saus mentai. Kemudian gunakan blow torch sekali lagi pada salmon yang sudah disiram saus mentai.
  11. Tambahkan topping edamame, dan kulit ikan salmon yang sudah digoreng tadi dan potong kecil-kecil. Anda juga bisa menambahkan nori atau rumput laut sebagai tambahan topping.
  12. Sajikan selagi hangat.

Tips Memasak Salmon Mentai


  1. Jika tidak ada beras Jepang, Anda bisa menggantinya dengan beras Pandan Wangi dicampur dengan 20 persen ketan putih,
  2. Saat mengiris kulit salmon dari dagingnya, lakukan dengan mata pisau mengarah posisi 15 hingga 20 derajat ke arah bawah dan sayat perlahan. Ingat, pisaunya juga harus tajam agar mudah mengirisnya.
  3. Jika tidak memiliki mirin untuk marinasi ikan salmon, Anda bisa menggantinya dengan 2 sendok makan gula.
  4. Setelah selesai merebus edamame, masukkan ke dalam air es untuk mempertahankan agar warnanya tetap cantik dan segar.
  5. Saat menggoreng kulit ikan salmon, pastikan apinya tidak terlalu besar. Selain itu, jangan menggoreng pada minyak yang terlalu panas karena akan membuat tingkat kematangan kulit menjadi tidak merata. 
  6. Untuk memasak salmon memang sebaiknya menggunakan blow torch. Pasalnya, memasak menggunakan alat ini akan memberikan efek bakar yang menambah kelezatan rasa salmon mentai. Namun, jika tidak memiliki blow torch, Anda bisa menggunakan oven dan memanggang salmon selama 3-5 menit atau memanggang di atas teflon.

Peluang Bisnis Salmon Mentai untuk Sebagai UKM


Nah, itulah tadi resep salmon mentai yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Cara membuat masakan ini memang cukup sederhana dan cepat. Selain itu, rasanya yang lezat juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat pecinta kuliner. 

Mengingat saat ini salmon mentai sedang naik daun, tentu ini merupakan peluang bisnis yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Apalagi jika Anda tinggal di daerah yang berjarak cukup jauh dari restoran atau rumah makan yang menyediakan hidangan salmon mentai. 

Maka dari itu, Anda bisa menyasar mereka yang ingin penasaran tetapi malas harus pergi ke restoran atau tidak ingin mengeluarkan biaya terlalu mahal hanya untuk ongkos kirim makanan. 

Sebagian besar bahan untuk membuat salmon mentai ini cukup mudah didapatkan dan harganya tidak terlalu mahal. Dengan harga jual rata-rata menu salmon mentai yang dipatok antara 40 hingga 45 ribu rupiah per porsinya, Anda masih bisa mendapatkan keuntungan hingga sebesar 50 persen.

Nah, itulah tadi serba-serbi hingga resep salmon mentai yang saat ini sedang menjadi tren di antara para pecinta kuliner. Jika Anda sedang bingung ingin membuat bisnis tetapi tidak tahu bisnis apa, cobalah usaha kecil kuliner salmon mentai. Selain mudah dibuat, Anda juga bisa memodifikasinya sesuka hati agar semakin sesuai dengan permintaan pasar. Jadi, apakah Anda siap menjadi pebisnis kuliner hari ini?

Baca juga: Resep Soto Ayam Lamongan Lengkap dengan Koya Istimewa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here