Salad buah kini telah menjadi cara tersendiri menikmati buah-buahan setiap hari. Menu makanan sarapan atau makan penutup ini begitu diminati oleh berbagai kalangan karena rasanya yang manis dipadu dengan berbagai macam rasa buah segar yang ada di dalamnya. Tidak heran jika masyarakat berlomba-lomba mencari resep salad buah agar bisa menikmatinya kapan saja di rumah.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, bisnis makanan sehat memiliki peluang tersendiri. Pasalnya masyarakat mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan dan berlomba-lomba untuk menjalani pola hidup sehat termasuk memilih makanan yang sehat pula. Salad buah termasuk salah satu menu yang menjadi pilihan bagi masyarakat.

Berbagai Resep Salad Buah Sehat

Salad buah di Indonesia umumnya dibuat dengan saus campuran mayonaise dan susu kental manis serta taburan keju. Saus salad buah seperti ini memang lezat, tapi sayangnya mengandung gula yang cukup tinggi. Anda bisa menggunakan fenomena ini sebagai peluang untuk menciptakan bisnis salad buah premium yang lebih sehat. Berikut ini beberapa contoh resep salad buah sehat yang bisa Anda coba.

1. Tropical Fruit Salad

Untuk membuat Tropical Fruit Salad, bahan yang Anda butuhkan antara lain adalah jeruk, stroberi, mangga, kiwi, jeruk nipis, dan maple syrup. Pertama, potong buah-buahan kecuali jeruk nipis menjadi berukuran lebih kecil agar mudah dimakan. Selanjutnya masukkan semua buah-buahan ke dalam mangkuk besar, sisihkan. 

Langkah berikutnya adalah menyiapkan sausnya. Peras jeruk nipis dan ambil airnya taruh ke dalam mangkuk terpisah. Masukkan satu sendok makan maple syrup, kemudian aduk hingga merata. 

Setelah saus sudah tercampur rata, siramkan ke atas buah-buahan yang sudah dipotong-potong. Selanjutnya, aduk hingga merata dan Tropical Fruit Salad siap disajikan.

2. Salad Buah dengan Saus Lemon, Yoghurt, dan Madu

Salad Buah dengan Saus Lemon, Yoghurt, dan Madu

Untuk menu salad berikutnya, Anda bisa menggunakan anggur hitam, blueberry, dan buah plum. Setelah memotong-motong buah menjadi berukuran lebih kecil, sekarang saatnya menyiapkan sausnya.

Kali ini Anda bisa menggunakan 1 sendok makan perasan jeruk nipis, ½ sendok teh madu, dan 1 sendok makan yoghurt sebagai sausnya. Campurkan ketiga bahan hingga merata, kemudian siramkan ke dalam potongan buah. Salad siap disajikan!

3. Salad Buah Serba Hijau

Salad Green

Untuk resep ini, buah yang Anda butuhkan adalah melon, kiwi, apel hijau, dan anggur hijau. Sama seperti sebelumnya, potong-potong semua buah, kemudian sisihkan dan dilanjutkan dengan menyiapkan sausnya.

Untuk membuat sausnya, cukup campurkan satu sendok makan jeruk nipis dengan setengah sendok teh madu. Siramkan pada buah dan salad buah serba hijau siap dinikmati.

Resep Salad Buah dengan Saus Mayones dan Keju

Apabila salad buah sehat di atas dirasa terlalu hambar karena hanya menggunakan jeruk nipis dan madu atau sirup sebagai siraman sausnya, Anda juga bisa membuat salad buah dengan saus mayones seperti biasanya. Berikut ini cara membuat sausnya.

Saus Mayones

Untuk membuat saus mayones, maka bahan yang Anda butuhkan adalah sebagai berikut:

  • 250 ml susu UHT
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 2 sendok makan keju parut

Jika bahan-bahan di atas sudah siap, langkah selanjutnya adalah menyiapkan sausnya. Pertama, larutkan tepung maizena dengan sedikit air, kemudian sisihkan. Masukkan susu UHT ke dalam panci dan panaskan. Tambahkan gula dan aduk terus sampai larut.

Setelah gula larut, masukkan juga larutan tepung maizena ke dalam panci. Terus aduk sampai saus terlihat meletup-letup dan mencapai kekentalan yang diinginkan. Angkat kemudian sisihkan terlebih dahulu agar dingin.

Untuk penyajian, masukkan buah-buahan sesuai selera yang sudah dipotong-potong. Kemudian siram dengan saus dan aduk hingga merata. Taburkan keju diatasnya, lalu simpan dalam lemari pendingin selama beberapa saat sebelum dihidangkan. 

Saus Keju

Saus Keju

Untuk membuat saus keju, bahannya kurang lebih sama meskipun ada beberapa bahan tambahan ekstra. Berikut ini perinciannya:

  • 200 ml susu UHT,
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 50 gram keju parut atau boleh lebih
  • 2 lembar keju lembaran
  • ½ sendok teh garam,
  • 6 sendok makan mayones
  • 1 sendok makan tepung maizena yang dilarutkan dengan sedikit air.

Cara membuat saus keju juga mirip dengan pembuatan saus mayones. Langkah pertama adalah memanaskan semua bahan kecuali larutan tepung maizena. Setelah mendidih, kecilkan api dan tuangkan larutan maizena. Aduk hingga merata dan saus mulai mengental, lalu matikan api dan diamkan sejenak agar dingin.

Untuk penyajiannya juga sama seperti sebelumnya. Siapkan buah sesuai selera yang sudah dipotong-potong kecil, kemudian siram dengan saus keju yang sudah dingin. Jika suka, tambahkan taburan keju di atasnya. Sajikan dingin agar terasa lebih segar dan nikmat.

Baca juga: Resep Pie Susu Paling Mudah dan Ekonomis, Coba Yuk!

Kombinasi Buah yang Pas Dijadikan Salad

Kombinasi Buah di Salad

Anda patut berbahagia tinggal di Indonesia karena sebagai negara tropis, masyarakat Indonesia dapat menikmati berbagai macam buah sepanjang tahun. Karena ada begitu banyak jenis buah yang tersedia di Indonesia, mungkin akan sedikit bingung memilih buah apa yang cocok dijadikan salad. Berikut ini rekomendasinya.

1. Semangka

Potongan buah semangka yang manis dan segar sangat cocok digunakan sebagai bahan salad. Namun, akan lebih baik jika mengirisnya saat Anda berniat untuk langsung menikmatinya. Pasalnya, jika didiamkan terlalu lama, buah ini menghasilkan banyak air yang dapat membuat saus salad Anda menjadi encer. 

2. Anggur

Buah mungil ini juga isian salad yang sempurna. Belah menjadi dua dan buang isinya agar Anda tidak terganggu saat menikmatinya dalam bentuk salad.

3. Kiwi

Buah kaya nutrisi ini sering dimanfaatkan untuk diet. Rasanya yang manis dan sedikit asam akan memberikan rasa segar pada salad Anda.

4. Mangga

Warnanya yang kuning cerah akan membuat mangkuk salad terlihat lebih menggugah selera. Rasanya yang manis dan segar serta teksturnya yang lembut terasa sangat nikmat dimakan bersama saus salad.

5. Buah Naga

Buah naga memiliki rasa yang unik dan lezat sehingga membuatnya cocok digunakan sebagai isian salad buah. Tidak hanya itu saja, jika Anda memilih menggunakan buah naga merah, hasil saus Anda juga akan berwarna kemerahan yang membuatnya tampak cantik.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Parcel Buah Dengan Budget Kecil

6. Stroberi

Buah mungil berwarna merah ini juga akan memberikan sensasi rasa yang unik pada salad buah Anda. Kombinasi sedikit rasa manis dan masam memberikan sensasi menyegarkan pada salad buah yang membuatnya cocok dinikmati di siang hari.

7. Apel

Bukan hanya karena rasanya yang manis, teksturnya sedikit yang sedikit keras membuat salad buah Anda terasa lebih memuaskan saat digigit dan dikunyah. 

8. Melon

Sama dengan semangka, melon memberikan rasa manis yang menyenangkan pada salad buah Anda. Jadi, jangan melewatkan buah ini dalam salad ya.

9. Nanas

Masih belum banyak orang yang menambahkan nanas pada salad buah mereka. Padahal buah satu ini justru menambah sensasi rasa tropis yang menyegarkan untuk salad buah. Kombinasi asam dan manis akan membuat salad Anda lebih menyenangkan untuk dinikmati.

10. Alpukat

Tambahkan potongan lembut buah alpukat agar salad buah Anda semakin mengenyangkan. Nutrisinya yang tinggi juga sangat baik ditambahkan pada menu sehat ini.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Jus Alpukat Untuk Bisnis Kuliner

Nah, itulah tadi beberapa resep salad buah yang bisa Anda coba baik untuk keluarga di rumah atau dijual kembali. Jadi, resep salad mana yang akan Anda coba?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here