Belakangan ini banyak resep pie susu bermunculan di YouTube, Cookpad, maupun akun media sosial masak memasak. Padahal, pie susu sudah terkenal sebagai oleh-oleh khas Bali. Rupanya, camilan manis ini naik daun karena masa pandemi ‘memaksa’ orang untuk kreatif membuat masakan di rumah.

Berbekal bahan-bahan murah meriah,  Anda tetap bisa lho memasak pie susu. Bahkan, Anda tidak perlu repot mengeluarkan mesin pengaduk atau mixer. Begitu juga jika tidak mempunyai oven di rumah. 

Modal wajan anti lengket alias teflon, Anda bisa menyajikan pie susu lezat dan ekonomis untuk keluarga di rumah. Yuk, simak ulasan mengenai pie susu berikut.

Sekilas tentang Asal Usul Pie Susu


Di balik kemudahan membuat pie susu di rumah, terselip cerita soal asal usul kue camilan ini. Meski orang mengenal sebagai oleh-oleh khas Bali, nyatanya pie susu bukanlah makanan asli Bali. 

Sebagian kalangan meyakini pie susu ini berasal dari Hongkong. Sebagian lainnya menganggap ada pengaruh Portugis dan Inggris pada makanan manis ini. Fakta berbicara, baik orang Eropa maupun Asia, sama-sama punya pie susu yang khas. 

Orang Eropa menyebutnya sebagai custard pie atau egg tart. Contoh, pie susu versi Portugis memiliki ciri khas permukaan custard yang kecoklatan dan adonan pie yang renyah, ringan, dan berlapis-lapis karena terbuat dari puff pastry. Egg tart ini populer di Macau, wilayah bekas koloni Portugis berabad silam. 

Sementara, pie susu ala Hongkong menjadi inspirasi pembuatan pie sejenis di Indonesia. Banyak pihak meyakini pie susu Hongkong ini mengadopsi tart custard asal Inggris. Hal tersebut wajar terjadi mengingat Hongkong menjadi bagian koloni Inggris untuk waktu lama. 

Tengs Cha Chaan memperkenalkan pie susu di Hongkong pada 1940-an. Dua dekade kemudian, mini pie susu Lu Yu Teahouse mendominasi bisnis camilan lezat ini di Hongkong. Seiring waktu muncul berbagai variasi pie susu Hongkong, mulai dari variasi pinggiran sampai isian vla.

Di Indonesia, pie susu memiliki kulit cenderung kokoh karena berupa crust pastry, tetapi terasa lembut saat digigit. Plus, Anda dapat menikmati aroma harum vanili vla susu yang lumer di mulut dan terasa legit.

Saat Anda berkunjung ke Bali, pie susu tersedia di berbagai pusat oleh-oleh. Produsen pie menjualnya dalam bentuk kepingan atau satuan dan ditempatkan dalam wadah boks. Selain rasa pie susu original, Anda juga bisa menikmati varian rasa lain, seperti coklat, madu, dan green tea. 

Cara Membuat Resep Pie Susu


Untuk memasak resep pie susu, Anda membutuhkan dua kelompok bahan, yaitu bahan kulit dan bahan vla. Tanpa perlu memakai timbangan, Anda bisa menyiapkan bahan dengan memakai takaran sendok makan penuh atau munjung. Mari simak resep berikut.

Bahan kulit

  • 125 gram atau 12 sdm penuh tepung protein sedang (misal, Segitiga Biru)
  • 10 gram atau 1 sdm penuh gula halus 
  • 75 gram atau 4 sdm penuh margarin 
  • 2 sdm air es
  • 1 butir kuning telur

Bahan Vla

  • 80 ml atau 11 sdm penuh air
  • 2 bungkus susu kental manis (sekitar 80 gram)
  • 1 butir telur
  • ¼ sdt vanili bubuk
  • 1 sdm tepung maizena

Cara Membuat

  1. Siapkan wadah bersih berukuran agak besar untuk membuat adonan kulit lebih dulu.
  2. Masukkan tepung terigu, gula pasir halus, dan margarin, lalu aduk sampai tercampur rata dan adonan berbentuk butiran kasar. Anda bisa memakai spatula atau tangan. 
  3. Tambahkan kuning telur ke dalam adonan tadi, aduk sampai rata. 
  4. Masukkan air es dan aduk kembali sampai adonan berubah menjadi kalis serta tidak lengket di dasar wadah.
  5. Uleni sebentar memakai tangan untuk meratakan adonan. Kini tekstur adonan terasa lebih lembut.
  6. Siapkan teflon yang hendak dipakai untuk memasak pie. Olesi tipis-tipis permukaannya dengan margarin merata di seluruh bagian. Ini bertujuan agar adonan pie tidak lengket saat dipanggang.
  7. Ratakan serta bentuk adonan pada teflon. Pipihkan perlahan dari tengah sampai ke tepi agar adonan lebih tipis secara merata. Kemudian, tusuk-tusuk dasar adonan memakai garpu supaya bagian dasar pie tidak menggelembung ke atas saat dipanggang.
  8. Nyalakan kompor, pasang api paling kecil. Lapisi bagian atas kompor dengan loyang dan alas kukusan. Jika tidak ada, boleh tumpuk dua tungku kompor sebelum menaruh teflon. Tujuannya agar panas api tidak langsung mengenai teflon sekaligus membantu pie matang perlahan tanpa membuatnya gosong.
  9. Taruh teflon di atas kompor, masak selama 10 menit lebih dulu dalam kondisi tertutup. Sebaiknya pakai tutup panci kaca agar mudah memantau pie selama proses memasak.
  10. Sembari menunggu proses memasak kulit pie, Anda dapat membuat isian vla lebih dulu. Larutkan maizena dan air putih sampai rata. 
  11. Pada wadah terpisah, kocok telur dan tambahkan susu kental manis, aduk rata. Setelah perasa vanili masuk, aduk kembali hingga semua bahan tercampur, baru masukkan larutan maizena. 
  12. Saring adonan vla tadi agar adonan mulus tidak ada bagian yang belum larut. 
  13. Setelah 10 menit berlalu, masukkan adonan vla ke pie yang sedang dipanggang. Masak lagi selama 20 menit hingga pie matang dan vla mengeras atau set dalam kondisi tertutup.
  14. Usai 30 menit, cek kembali pie di teflon. Pie sudah matang jika kulit pinggirannya sudah kuning kecoklatan dan adonan susu mengeras. Matikan kompor dan angkat teflon.
  15. Tunggu sampai pie agak dingin sebelum memindahkan ke piring. 
  16. Pindahkan pie secara perlahan karena tekstur pie cenderung lembut sehingga mudah pecah. 
  17. Pie susu versi ekonomis berhasil jika kulit matang merata, tidak gosong, dan vla lembut serta matang sempurna. Anda akan menikmati sensasi rasa lembut, renyah, dan manis.

Ide Jualan Pie Susu


Bahan dasar pie susu tergolong murah dan bisa Anda beli di mana saja. Untuk satu porsi pie susu teflon berdiameter sekitar 24 cm sesuai resep di atas, Anda cukup mengeluarkan modal bahan sekitar Rp10.000 saja. Setelah memperhitungkan tenaga, gas, dan pengemasan, Anda bisa menaikkan harga jual pie susu ekonomis ini menjadi Rp25.000 sampai Rp30.000.

Kemudian, masukkan variasi rasa dalam tambahan menu pie susu. Beberapa rasa adonan vla yang dapat dicoba antara lain coklat, green tea, madu, dan keju. Kehadiran varian tersebut bisa memberi lebih banyak pilihan pada pembeli, terutama bagi mereka yang senang berpetualang rasa.

Anda pun dapat mengemas pie susu sebagai produk premium dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Misalnya, untuk margarin bisa diganti dengan mentega atau butter. Sementara, isian vla bisa memakai susu segar dan vanili esens. 

Perhatikan bahwa mengganti bahan berarti Anda perlu menyesuaikan cara memasaknya. Memasak vla dengan susu segar jelas berbeda dari membuat vla berbahan susu kental manis. 

Begitu pula dengan proses pemanggangan. Sebaiknya, panggang memakai oven agar pie memiliki tekstur sempurna. Namun, rasa pie susu yang Anda dapat pasti lebih lezat, legit, harum, dan terasa mewah. 

Demikian ulasan mengenai asal usul, cara membuat resep pie susu, dan ide jualan pie susu versi ekonomis maupun premium. Selamat mencoba di rumah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here