Word of mouth adalah cara promosi berupa rekomendasi oleh pelanggan berdasarkan pengalaman dan berpengaruh kuat terhadap pengambilan keputusan oleh pihak lain. Tercipta secara alami tanpa ada yang mendesain, teknik marketing yang lebih dikenal dengan istilah “dari mulut ke mulut” ini gampang-gampang susah untuk diterapkan.

Word of mouth (WOM) tidak memiliki batas dalam segi apa pun dan bisa dilakukan setiap saat oleh siapa saja. Kualitas barang atau jasa akan menentukan apa saja yang akan tersampaikan melalui WOM. Maka, bangun image bisnis Anda sehingga hanya kesan baik yang akan disampaikan.

Bila Anda sedang memulai bisnis, cari tahu lebih banyak tips memanfaatkan WOM  sebagai langkah awal menjadi entrepreneur sukses berikut ini.

Promosi Sukarela oleh Konsumen


Pada dasarnya, word of mouth adalah komunikasi baik secara tertulis, lisan, atau elektronik yang berhubungan dengan pengalaman membeli dan menggunakan suatu jasa atau produk. Ini alasan mengapa konsumen mau dengan sukarela melakukannya untuk Anda.

1. Lebih Tepercaya daripada Iklan Komersial

Pasti terbesit di pikiran, bagaimana bisa iklan yang khusus dikemas dengan apik bisa mengalahkan promosi murah dari mulut ke mulut? Sebagian besar masyarakat lebih percaya pada rekomendasi orang yang punya pengalaman nyata terkait suatu produk.

2. Senang Merekomendasikan

Seorang konsumen yang puas, akan dengan senang hati merekomendasikan jasa atau produk Anda, termasuk kepada orang-orang yang tidak dikenalnya. Karena inilah, word of mouth adalah sarana promosi yang bisa diandalkan.

3. Ingin Menjadi Bagian dari Suatu Komunitas

Keinginan menjadi bagian dari satu komunitas yang membahas suatu ketertarikan yang sama, mendorong seseorang melakukan WOM.

Menerapkan Strategi WOM untuk Bisnis Baru


Selain modal dan persiapan standar seperti peralatan, tempat, dan perhitungan laba rugi, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan sebelum memulai suatu bisnis.

1. Tentukan Segmentasi Pasar

Mengelompokkan konsumen ke dalam beragam segmen memudahkan penentuan target konsumen. Beberapa tipe segmentasinya adalah:

  • Geografis atau tempat, berlandaskan bahwa masyarakat yang menempati suatu wilayah tertentu memiliki kebutuhan yang sama.
  • Waktu, yaitu penyesuaian terhadap momen tertentu seperti Hari Raya dan musim wisuda.
  • Manfaat, berdasarkan klasifikasi manfaat produk dan jasa bagi konsumen.
  • Demografis, pengelompokan berdasarkan faktor usia, jenis kelamin, pendidikan, status perkawinan, hingga penghasilan.
  • Psikologis, yakni analisa gaya hidup atau kebiasaan konsumen dalam merespons tren.

Baca juga: 5 Tips Jitu Menentukan Target Pasar Bisnis UKM Anda

2. Product Branding

Meski sedang bersaing dengan penjual produk dan jasa yang sama, branding yang tepat akan membuat Anda lebih mudah dikenali dan diingat. Ini juga akan memudahkan konsumen melakukan WOM. Ciptakan identitas produk dengan beberapa hal berikut.

  • Nama produk atau merek
  • Logo
  • Desain visual
  • Maskot atau tokoh yang menjadi juru bicara
  • Suara, seperti lagu, nada, atau bunyi
  • Kata-kata, seperti tagline, slogan, dan lain-lain.

Tips Menaikkan Omset Bisnis dengan Kekuatan WOM


Bila Anda sedang memutar otak untuk menaikkan omset bisnis dan memiliki banyak rencana promosi, maka word of mouth adalah yang akan paling banyak bekerja efektif untuk Anda.

1. Tingkatkan Kualitas Produk

Semakin baik kualitas produk, semakin cepat dan sering konsumen menyebarkan WOM. Rencanakan sebaik mungkin dan jangan ragu untuk bekerja sama dengan orang-orang yang ahli di bidangnya untuk meningkatkan kualitas produk Anda.

2. Kekuatan Media Sosial

Di era serba canggih sekarang, word of mouth adalah teknik promosi yang fleksibel sehingga bisa dijalankan melalui website, email, bahkan media sosial. Selain melalui fitur market place, konsumen juga bisa menemukan produk Anda lewat pencarian hashtag.

3. Mudahkan konsumen beri feedback

Beragam cara bisa Anda sediakan demi memudahkan konsumen memberi feedback, salah satunya adalah menyediakan sarana komunikasi.

Secara online, buatlah website yang dilengkapi fitur chat, kolom komentar, dan menu review. Sedangkan secara offline, Anda bisa menyiapkan kertas saran dan komentar. Terlihat klasik, namun cukup efektif.

4. Jalin Komunikasi dengan Konsumen

Buat database pelanggan dan buatlah jadwal menghubungi secara berkala untuk menjaga loyalitas. Informasikan pula bila ada promo yang bisa menarik lebih banyak pelanggan.

Dalam bisnis, word of mouth adalah sumber informasi valid yang jujur dan independen. Manfaatkan promosi mudah dan murah ini untuk melengkapi langkah sukses Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here