Pernahkah Anda melihat kafe, restoran, atau kios makanan dengan nama yang sama, tetapi berada di daerah yang berbeda? Bisa jadi usaha tersebut merupakan bisnis waralaba. Sebagian orang takut untuk memulai usaha baru atau meragukan kemampuan bisnis mereka. Nah, bisnis waralaba adalah salah satu solusi bagi orang-orang yang minim pengalaman dalam menjalankan usaha.

Apakah bisnis waralaba menghasilkan keuntungan yang lebih besar atau malah sebaliknya? Sebelum memutuskan, baca dahulu informasi berikut seputar pengertian, kelebihan, dan kekurangan dari bisnis waralaba.

 

Pengertian Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba adalah bisnis dari individu atau badan usaha yang memberikan hak untuk mempergunakan penemuan, kekayaan intelektual, atau ciri khas usaha miliknya kepada pihak lain. Pihak lain yang bergabung dalam waralaba atau franchise berhak melakukan usaha memakai merek dagang dan sistem bisnisnya. Istilah waralaba berasal dari kombinasi kata wara yang artinya “lebih” dan laba yang berarti “keuntungan”.

 

Kelebihan Bisnis Waralaba

 

  1. Lebih cepat memulai bisnis

Anda yang terjun ke bisnis waralaba tidak perlu dipusingkan dengan proposal bisnis maupun strategi pemasaran. Perencanaan yang dilakukan dalam bisnis ini pun relatif singkat. Anda cukup menjalankan sistem yang telah dilakukan oleh pihak pewaralaba atau franchisor. Tinggal siapkan tempat usaha karena kebutuhan bisnis sudah disiapkan oleh pewaralaba.

  1. Tidak perlu branding

Merek atau produk dari bisnis waralaba biasanya telah dikenal oleh khalayak luas sehingga tidak perlu ribet lagi mengurusi branding. Poin terpenting adalah bisnis seperti apa yang dipilih dan dengan siapa Anda bekerja sama. Sebaiknya, pilih bisnis waralaba yang sudah populer dan mempunyai citra positif di mata publik.

  1. Mendapatkan dukungan penuh

Biasanya para pemilik franchise akan memberikan pelatihan khusus pada mitra mereka. Jadi, meskipun baru pertama kali memulai usaha ini, Anda tak perlu cemas. Pelatihan dapat berupa strategi pemasaran, cara menjalankan usaha, atau cara mengelola keuangan.

  1. Mempunyai partner profesional

Secara otomatis, pewaralaba akan menjadi mitra bisnis sejak seseorang mendaftarkan diri untuk membeli atau menyewa franchise. Adanya partner profesional akan mendukung kelancaran bisnis dengan ketersediaan fasilitas yang dibutuhkan. Semakin baik reputasi dan manajemen bisnis yang dimiliki pewaralaba maka keuntungan semakin meningkat. Hal ini karena ide, nama merek, serta sistem penataan bisnisnya sudah teruji dan terjamin.

  1. Tingkat keberhasilan tinggi

Memulai bisnis baru tentunya dihantui risiko yang tinggi. Terlebih, apabila Anda belum benar-benar memahami cara kerja suatu bisnis. Namun, dengan adanya bisnis waralaba, kemungkinan untuk merugi terbilang kecil. Segala dukungan dan fasilitas yang disediakan waralaba sudah cukup untuk mengurangi risiko kerugian.

  1. Media promosi gratis

Pihak pewaralaba biasanya sudah memikirkan strategi untuk memasarkan bisnisnya. Anda tak perlu ikut repot memikirkan promosi, bahkan bisa dibilang mendapatkan media iklan gratis dari franchisor.

 

Kekurangan Bisnis Waralaba

 

  1. Adanya pembagian keuntungan

Usaha waralaba mengharuskan mitra bisnis untuk berbagi keuntungan dengan pewaralaba. Namun, tak semua franchise memberlakukan hal ini. Maka dari itu, sangat perlu menanyakan detail bisnis sebelum membeli atau menyewa waralaba. Gunakan software akuntansi supaya memudahkan perhitungan pemasukan dan pengeluaran bisnis Anda.

  1. Dikendalikan penuh oleh pewaralaba

Pewaralaba pastinya memegang kendali penuh atas merek dagang maupun bisnisnya. Sebagai contoh, Anda mempunyai inovasi produk dan mengajukannya pada franchise. Kemungkinan besar pewaralaba tidak akan menindaklanjutinya.

  1. Pemasok tunggal bahan baku

Mitra bisnis tak dapat mencari supplier sendiri. Bahan baku produk sudah ditentukan oleh pemilik merek dagang sebelumnya. Jadi, Anda tinggal menjalankan bisnisnya saja.

  1. Citra bisnis mudah terpengaruh

Reputasi bisnis waralaba sangat mudah terpengaruh. Misalnya, apabila salah satu mitra memberikan pelayanan buruk pada pelanggan maka citra merek dagang akan terkena dampaknya juga. Ini dapat menurunkan omzet bisnis.

 

Nah, demikian pembahasan mengenai pengertian, kekurangan, dan kelebihan dari bisnis franchise. Setelah memahami informasi di atas, tak diragukan bahwa bisnis waralaba adalah salah satu jenis usaha yang menawarkan peluang-peluang menguntungkan. Walaupun memiliki kekurangan, tetap saja bisnis yang satu ini unggul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here