Pengguna media sosial sudah tidak asing lagi dengan hashtag. Membuat posting dengan diawali dengan simbol # menjadi kata kunci untuk menemukan kalimat tertentu. Awalnya dipakai oleh Twitter dan digunakan pula pada media sosial lain karena berbagai kelebihannya. Ternyata dengan memahami pengertian dan fungsi hashtag, memudahkan bisnis untuk dikenal dan berkembang. Berikut pembahasan lengkapnya.

 

Apakah Itu Hashtag?

Hashtag atau simbol # (tagar) adalah tanda baca yang diletakan pada awal kalimat yang menjadi kata kunci. Penggunaannya dimanfaatkan untuk menargetkan pengguna media sosial untuk konten tertentu. Umumnya, yang dibahas adalah suatu hal yang sedang ramai dibicarakan pada satu waktu.

Posting di media sosial dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu. Hal ini memudahkan pembaca mencari isu yang menarik perhatiannya. Dalam dunia bisnis online, hashtag menargetkan pangsa pasar sesuai dengan kategori tertentu. Tentu, simbol ini memudahkan mencari sesuatu dengan cepat dan relevan.

 

Bagaimana Hashtag Bekerja?

Fungsi hashtag di media sosial bervariasi, mulai dari pengenalan merek sampai mendongkrak pengembangan bisnis online. Penggunaan hashtag yang sesuai konten, memudahkan komunikasi antara merek dengan pelanggan atau calon pelanggannya. Berikut beberapa fungsi dari hashtag dan penjelasan singkatnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Konten yang Menarik & Berkualitas?

 

1. Mempermudah pencarian

Pengguna media sosial akan mencari tema tertentu sesuai dengan minatnya. Fungsi hashtag adalah memudahkan pencarian tersebut dengan menggunakan kata kunci tertentu. Hashtag bisa menjelaskan foto, teks, bahkan video. Dengan menyertakan hashtag, maka mempermudah pembuat hashtag untuk menemukan peminat sesuai dengan tag yang menyertai.

 

2. Promosi dan pengenalan merek

Bisnis baru akan lebih cepat dan mudah dikenal dengan memaksimalkan penggunaan media sosial. Menyertakan hashtag pada konten yang dibagikannya secara online, memudahkan pengelompokan konten sesuai bidangnya.

Misalkan, bisnis biro perjalanan yang membuat unggahan disertai hashtag nama bisnisnya, bidang usahanya, target pasarnya. Mengoptimalkan tiap materi dengan hashtag akan cukup memenuhi kebutuhan promosi dan pengenalan merek. Baik penjual dan pembeli dapat bertemu dengan kebutuhan yang sama, diwakili dengan hashtag. Oleh karena itu, penting memahami pengertian dan fungsi hashtag dengan tepat.

 

3. Lintas platform

Media sosial memiliki ciri masing-masing. Twitter terbatas dengan jumlah kata yang sedikit, Instagram lebih ditujukan untuk foto dan video sedangkan Facebook memiliki pengguna dengan usia tertentu. Isi dari promosi sebuah usaha, akan berbeda-beda, menyesuaikan dengan bentuk medianya. Hashtag bisa jadi jembatan dan menggapai semua dengan kampanye lintas platform.

Anda cukup menyertakan hashtag yang sama pada media sosial yang berbeda-beda. Bentuknya bisa beda, namun intinya tetap sama. Semua diseragamkan dengan hashtag. Semakin banyak digunakan, hashtag tersebut akan jadi trending dan menempati posisi pencarian yang disarankan.

4. Fungsi Monitoring

Keberhasilan sebuah usaha di awali dengan melakukan riset yang menyeluruh. Dengan mengikuti hashtag sesuai dengan merek Anda, maka internet akan membeberkan semua hal yang berkaitan dengan bisnis Anda. Mulai dari target pasar, isu yang sedang dibicarakan tentang bidang usaha yang Anda geluti, sampai kompetitor yang Anda tidak ketahui sebelumnya. Berbisnis saat ini akan sangat tertinggal bila tidak menggunakan media sosial dan hashtag dengan benar.

 

5. Meningkatkan Trafik

Memakai simbol tagar yang benar bukan hanya saat melakukan unggahan dan menyertakan hashtag secara sembarangan. Ada tata cara yang bila diikuti akan meningkatkan trafik, jumlah pembeli sampai pelanggan setia. Hindari pemasangan hashtag terlalu banyak yang bisa dinilai sebagai spam. Kaitkan merek Anda dengan bidang usaha yang digeluti.

Misalkan Anda menjual produk susu untuk ibu hamil, maka sertakan hashtag pada unggahan dengan menambahkan tagar tentang #ibuhamil, #busui, #susuibuhamil yang berkaitan dengan produk yang Anda miliki. Oleh karena itu, penting untuk cermat dalam membuat hashtag sesuai tujuan pemasarannya.

 

Memanfaatkan tanda tagar (#) setelah memahami pengertian dan fungsi hashtag dapat mengembangkan merek bisnis online bahkan merek personal. Unggahan dengan menggunakan hashtag di media sosial, memberikan manfaat lebih sekedar berpromosi online. Hashtag turus mempopulerkan suatu isu atau merek untuk target khalayak, terutama pengguna media sosial dari berbagai platform. Apakah Anda sudah memaksimalkan hashtag pada postingan Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here