Sejak zaman old, Entrepreneur dikenal sebagai seorang yang memiliki inovasi atau ide-ide baru yang membawa perubahan, sehingga menghasilkan karya baru yang luar biasa. Sedangkan Creativepreneur adalah seseorang yang memulai bisnisnya memakai ide-ide kreatif, biasanya tolok ukur utamanya berupa seni atau desain beserta estetika.

Seni dan estetika ini membuat penjualan Creativepreneur memiliki nilai lebih pada value. Oleh karenanya, bisa dikatakan dasar kerja dari Creativepreneur adalah kreativitas. Kreativitas ini yang selanjutnya membawa seorang Creativepreneur untuk memulai konsep bisnisnya.

Dari sini bisa kita simpulkan, Pengertian Creativepreneur adalah seorang yang menuangkan bakat kreativitasnya menjadi bisnis baik berupa logo, produk, packaging, hingga media sosial sesuai tren yang sedang hits.

 

Delapan Karakteristik seorang Creativepreneur

Setelah memahami pengertian Creativeprenuer, seorang Creativepreneur bisa dikatakan penuh dengan kreativitas. Inilah delapan karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang Creativepreneur.

 

1. Bold Moves

Bold Moves adalah seorang yang memulai bisnisnya hanya dengan ide dan konsep yang dimiliki. Modal diperoleh melalui pencarian investor ataupun ada yang memulai dengan modal kecil untuk membuka bisnis secara online.

Baca juga: Apakah Semua Orang Bisa Jadi Pengusaha Sukses?

 

2. Inovatif

Seorang Inovatif memiliki Creative Thinking untuk melihat apa yang diinginkan banyak orang dan memikirkan inovasi baru yang bisa diterima banyak orang. Pada akhirnya, mereka akan berusaha dapat menciptakan produk yang tidak disadari oleh banyak orang bahwa mereka membutuhkan produk tersebut.

 

3. Kolaborasi

Seorang Creativepreneur sadar akan keterbatasan, bahwa produk hasil ide mereka masih membutuhkan pihak lain untuk diajak berkolaborasi. Kolaborasi lebih hemat jatuhnya, dibandingkan dengan jika harus mempekerjakan karyawan. Selain, mereka dapat saling maju bersama  Creativepreneur lainnya.

 

4. Hybrid Skill

Seorang Creativepreneur harus memiliki banyak talenta atau multitalent sehingga dapat melakukan banyak hal untuk berbisnis, termasuk IT, Public Relation, dan bidang lain. Hal ini karena adanya tuntutan cara membuat konten yang menarik, membuat dan mengedit video untuk kepentingan promosi produk.

 

5. Doer

Creativepreneur akan bertindak membuat konsep yang bisa menjadi kenyataan. Pasalnya tidak mudah untuk menciptakan produk baru, tetapi mereka berusaha push their limits untuk membuat produk sesuai konsep yang diinginkan.

 

6. Tech-Savvy

Seorang Creativepreneur juga harus dapat memanfaatkan teknologi agar dapat  memperkuat bisnis mereka. Jadi semua proses bisnis mulai dari marketing, pengenalan produk, komunikasi, transportasi, distribusi,  semuanya melibatkan teknologi.

 

7. Design-aware

Seorang creativepreneur harus sadar akan desain dan mengerti tentang tampilan produk yang catchy untuk menarik perhatian konsumen. Ini terkait juga dengan hal yang sedang tren, serta desain yang berkualitas untuk produk barunya.

 

8. Short Planner

Sebagian besar Creative businesses tidak memiliki rencana jangka panjang, bahkan mereka cenderung lebih melihat situasi dan perkembangan zaman untuk memilih jenis produk yang dapat diciptakan di masa mendatang.

 

Cara Menjadi Creativepreneur

Jangan khawatir, kemampuan entrepreneurship dapat ditingkatkan dengan belajar. Di zaman now, banyak Milenial yang memiliki jiwa bisnis yang tidak hanya puas menjadi reseller. Milenial bisa memilih untuk mengembangkan produk sendiri dan menjadi seorang Creativepreneur. Nah, inilah cara-cara yang bisa Milenial terapkan untuk menjadi Creativepreneur sejati.

 

1. Mengikuti Seminar

Seminar para praktisi atau pakarnya akan bermanfaat karena mereka telah sukses terlebih dahulu di bidangnya. Dalam seminar pun biasanya akan dibahas secara lengkap terkait 5W+1H cara menjadi Entrepreneur. Pembahasan di seminar biasanya akan diberikan baik secara teori maupun penerapan langsung dari para pakarnya.

 

2. Memiliki Konsep dan Visi sesuai Passion

Seorang Creativepreneur yang sukses bukanlah  tipe orang yang sekadar mengikuti tren pasar saja. Visi, desain, dan gaya usaha mereka biasanya didorong pula oleh passion.

 

3. Percaya Diri

Seorang Creativepreneur tidak hanya memiliki visi dan tujuan yang jelas, tetapi juga percaya diri saat mempromosikan usahanya. Selain itu, mereka juga mampu menjelaskan dan mempresentasikan usahanya secara jelas, sehingga mampu menarik perhatian pasar.

 

Nah, itulah penjelasan tentang pengertian Creativepreneur, termasuk karakteristik dan cara-cara untuk menjadi Creativepreneur. Apakah kamu yang merasa berbakat, ingin mengembangkan talenta dan tertarik untuk menjadi Creativepreneur?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here