Dari anak-anak hingga dewasa sedang menggandrungi seni atau kerajinan tangan yang  satu ini. Bahkan hobi crafting adalah salah satu hobi yang bisa jadi peluang bisnis. Tidak jarang anak muda mulai melirik bisnis crafting sebagai sumber penghasilan baru.

Bermodal kreativitas untuk menghasilkan barang handmade yang unik dan punya nilai jual tinggi, berikut beberapa peluang usaha crafting yang bisa Anda adopsi menjadi ide bisnis baru yang kreatif.

1. Paper Quilling

Mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya untuk menyulap gulungan kertas warna-warni menjadi produk unik yang cantik. Tidak sekedar hiasan, barang hasil hobi kerajinan tangan ini juga kerap dijadikan mahar pernikahan. Dengan desain khusus dan frame yang menawan, harga jualnya bisa berlipat-lipat dari modal awal, loh.

2. Teknik Quilting

Kunci keunikan seni crafting adalah kreativitas tanpa batas. Salah satu crafting klasik yang juga cukup populer dijadikan peluang usaha adalah quilting atau seni olah kain perca.

Teknik menjahit dengan menggabungkan berbagai potongan kain ini bisa menghasilkan beragam produk handmade, seperti selimut, hiasan dinding, sarung bantal, bed sheet, bed cover, baby blanket, sajadah, dll.

Harga jual produk hasil olah kain perca tidak main-main, sebuah bed cover saja, harga jualnya bisa mencapai Rp4 juta!

3. Seni Pottery

Crafting adalah hobi menyenangkan yang bisa membuat lupa waktu. Nah, bagi Anda yang suka mencari ketenangan dan relaksasi pikiran melalui hobi, seni keramik atau pottery layak untuk dicoba.

Selain meningkatkan kualitas kepribadian, hobi ini juga bisa meningkatkan pendapatan Anda karena hasilnya bisa dijual. Menyasar kelas menengah ke atas, piring, gelas, hingga patung, adalah contoh hasil seni pottery yang menawan hati.

4. Produk Fashion Decoupage

Anda juga bisa menjual produk fashion yang dihias menggunakan teknik decoupage. Teknik menghias ini merupakan teknik menempel potongan kertas tissue atau kain yang sudah dipola sedemikian rupa ke suatu media, membentuk desain dengan komposisi yang menarik.

Jenis crafting yang satu ini punya tingkat presisi dan kesulitan tinggi karena butuh ketelitian dan konsentrasi yang baik. Meski begitu, dengan bermodal kertas tissue, Anda bahkan bisa mendandani barang lama menjadi baru lagi. 

5. Album Foto ala Scrapbook

Semakin banyak peminatnya, crafting adalah hobi tepat bagi Anda yang kreatif. Salah satu ide bisnis yang juga bisa Anda terapkan yaitu menawarkan jasa membuat album foto berkonsep scrapbook. Album foto unik ini bahkan cocok dibuat untuk semua kalangan dan tema. 

6. Kreasi Produk Knitting

Siapa bilang merajut itu kuno? Meski sedikit sulit, hobi yang kerap digunakan sebagai terapi penghilang stres ini bisa menghasilkan barang handmade yang unik dan langka.

Peluang bisnis yang muncul dari ide knitting adalah menjual produk rajut seperti baju, syal, topi, dan tas. Karena tingkat kesulitannya cukup tinggi, produk rajut punya kualitas yang kompeten sehingga nilai jualnya juga tinggi.

7. Seni Kriya Macrame

Pada dasarnya, seni macrame merupakan kerajinan tali temali menggunakan teknik simpul dengan bahan dasar tali dan benang, tanpa menggunakan alat apa pun. Bisnis macrame mulai jadi perhatian karena kualitasnya yang tiada dua. Handycraft ini bisa dijadikan hadiah atau cendera mata yang menarik.

8. Kreasi Crafting Kain Flanel

Unik dan cantik, hasil produk crafting adalah idaman setiap konsumen. Mulai dari gantungan kunci, dompet, hingga boneka, kreasi dari kain flanel juga cukup laris di pasaran.

Berbagai macam desain bisa dengan mudah dibuat menggunakan kain flanel, bahkan menggunakan teknik jahit yang paling gampang sekalipun. Harga jualnya pun bervariasi, tergantung tingkat kesulitan desainnya. Yang pasti, modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini tidak banyak.

Meski bisa dipelajari secara otodidak, jangan ragu untuk terus melatih kreativitas Anda dengan mengikuti kursus crafting. Anda juga bisa mengenalkan hasil karya Anda dengan mengikuti pameran.

Tak sedikit yang mengerutkan kening ketika tahu harga sebuah handycraft. Tetapi mengingat bisnis crafting adalah bisnis yang membutuhkan proses panjang, mulai dari persiapan desain, bahan, alat, hingga waktu pengerjaannya, nilai jual yang tinggi tentu saja adalah keunggulannya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here