Bakso adalah makanan yang populer dan dapat ditemui hampir di setiap daerah di Indonesia. Santapan ini juga tak lekang digerus oleh waktu. Sayangnya, masih banyak penjual bakso ‘nakal’ yang mencampurkan pengawet, pengenyal, atau menggunakan daging yang tidak segar. Nah, kalau Anda penggemar bakso, Ada baiknya Anda mencoba untuk membuatnya sendiri. Untuk itu, ketahui cara membuat bakso yang enak dan sehat berikut ini. Membuat bakso tidak sulit, tetapi bisa jadi tantangan tersendiri. Jika salah resep, maka bakso akan terasa terlalu keras atau tidak enak. Anda bisa menggunakan resep bakso sapi yang enak dan sehat di bawah ini yang dijamin membuat siapa saja ingin memakannya.

Baca juga: Ingin punya Bisnis Sampingan Modal Kecil? Yuk, Usaha Bakso

Bahan-Bahan Bakso Sapi:

  1. Bawang merah
  2. Bawah putih
  3. Daging ayam
  4. Daging sapi
  5. 2 butir telur, ambil putihnya saja
  6. Garam ½ hingga 1 sendok makan
  7. Merica bubuk ½ sendok teh
  8. Baking powder 2 sendok teh
  9. Tepung sagu atau tepung tapioka 8-10 sendok makan

Resep Bakso Sapi Enak dan Sehat:

  1. Sediakan 2 sendok makan bawang merah goreng dan 3 sendok makan bawang putih goreng yang sudah dihaluskan untuk bumbu penyedap. Alternatif lainnya adalah bisa menggunakan 2 siung bawang putih mentah.
  2. Haluskan 500 gram campuran daging sapi dan ayam dengan cara diulek atau menggunakan food processor. Perbandingan tersebut bisa disesuaikan dengan selera.
  3. Jika menggunakan ulekan, potong kecil-kecil dan cincang daging ayam dan sapi. Setelah itu, tumbuk daging hingga halus. 
  4. Campur bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan daging yang sudah digiling. Aduk kedua bahan tersebut secara bersamaan.
  5. Masukkan putih telur, garam, baking powder, merica, dan tepung tapioka atau tepung sagu ke daging sapi. Aduk atau giling bahan-bahan tersebut.
  6. Masukkan adonan yang telah rata ke dalam kulkas selama 1-3 jam.
  7. Panaskan air di dalam panci hingga mendidih. Lalu kecilkan api agar tidak ada gelembung udara ke atas.
  8. Keluarkan bakso dari kulkas, bentuk bulat-bulat dengan tangan. Caranya, tekan dengan satu tangan hingga adonan keluar melalui jempol dan jari telunjuk. Jika ukurannya sudah sesuai, ambil adonan tersebut dengan sendok.
  9. Masukkan bulatan adonan ke dalam panci yang panas hingga matang. Angkat bakso jika sudah mengapung di atas air.

Hal yang Harus Diperhatikan:

Terdapat beberapa kiat membuat resep bakso sapi enak dan sehat untuk mendapatkan hasil yang terbaik, yaitu sebagai berikut:

  1. Gunakan sarung tangan saat membuat bulatan bakso,. Ini akan membuat bakso Anda lebih mulus dan cantik.
  2. Daripada menghaluskan dengan ulek, sebaiknya gunakan food processor karena bakso akan terlihat lebih halus.
  3. Jika adonan daging terasa lembek dan susah dibentuk, maka Anda bisa menambahkan es batu secara perlahan agar adonan bisa dibentuk.
  4. Gunakan bumbu penyedap alami agar bakso lebih sehat. Anda bisa memilih salah satu dari bawang putih dan bawang merah goreng yang telah dihaluskan, atau 2 siung bawang putih mentah.
  5. Anda bisa memilih perbandingan daging ayam dan sapi yaitu 1:1, 2:3 atau 1:4. Asal totalnya daging mencapai 500 gram.
  6. Jika ingin bakso lebih putih dan permukaannya mulus, bisa menggunakan perbandingan 250 gram : 250 gram. Namun kekenyalannya bakso akan berkurang.
  7. Gunakan perbandingan 200 gram : 300 gram agar gurih dan kekenyalannya pas.
  8. Jika Anda ingin bakso yang kenyal maksimal, gunakan perbandingan 100 gram : 400 gram. Namun gurihnya akan sedikit berkurang dan permukannya tidak mulus.
  9. Anda bisa menggunakan putih telur untuk mengambah kekenyalan bakso dan lebih mengembang.

Bakso paling umum dimakan dengan kuah daging sapi. Caranya, didihkan air di dalam panci, lalu memasukkan tulang sapi, gula, garam, merica, bawang merah, bawang putih, dan daun bawang ke dalam air. Anda juga bisa menambah kaldu daging sapi instan. Aduk hingga rata.

Resep membuat bakso sapi enak dan sehat di atas mudah dilakukan di rumah, bukan? Anda bisa berkreasi dengan membuat bakso kuah, bakso bakar, atau dipenyet menggunakan sambal. Isi bakso dengan telur ayam, telur puyuh, sosis, cabai, hingga keju agar lebih menarik. Jangan lupa untuk menggunakan daging sapi dan ayam yang segar agar lebih lezat. Sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir jika mengkonsumsi bakso kapanpun Anda suka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here