Cara jitu melakukan riset pasar merupakan salah satu kunci penting keberhasilan bisnis yang harus dikuasai oleh pemilik bisnis. Riset pasar merupakan kegiatan menganalisis perilaku konsumen yang bermanfaat untuk mengembangkan sebuah bisnis. Mengetahui kecenderungan perilaku konsumen yang menjadi target market bisnis, dapat memberikan informasi penting kepada para pelaku usaha untuk menentukan kemana arah bisnisnya akan dikembangkan. 

Riset pasar juga memungkinkan pebisnis mengetahui seberapa banyak produk atau jasanya dibutuhkan oleh pasar. Tertarik untuk mencobanya? Berikut cara jitu melakukan riset pasar yang efektif.

1. Menentukan Tujuan Utama Melakukan Riset Pasar

Sebelum Anda melakukan riset pasar, sebaiknya Anda menentukan tujuan utama tindakan Anda. Hal ini bermanfaat untuk memberikan gambaran apakah produk atau jasa yang akan Anda kembangkan dibutuhkan dan dapat diterima oleh pasar. 

2. Tentukan Jenis Riset Pasar

Dalam melakukan riset pasar sebaiknya Anda pilih mana yang menjadi fokus utama riset. Berikut ada empat jenis riset pasar yang sering digunakan oleh para pelaku usaha, yaitu

3. Riset Pengujian Produk

Riset ini merupakan riset yang bertujuan untuk mengetahui apakah produk atau jasa yang Anda tawarkan efektif dan sesuai dengan harapan target pasar dalam bisnis Anda.

a. Riset Segmen Pasar

Riset ini bertujuan untuk mengetahui di segmen manakah produk atau jasa bisnis Anda dibutuhkan. Apakah segmen bawah, menengah, atau untuk kalangan kelas atas? Riset ini dapat membantu Anda menciptakan produk atau jasa yang efektif dan efisien, serta memudahkan Anda dalam menentukan harga jual.

b. Riset Kepuasan Konsumen

Riset ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana konsumen puas dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Kepuasan konsumen sangatlah penting dalam pengembangan sebuah bisnis, karena loyalitas konsumen merupakan salah satu kunci sukses berjalannya sebuah usaha.

c. Riset Harga 

Riset harga juga penting untuk dilakukan dalam menjalankan sebuah bisnis. Dengan melakukan riset harga, Anda akan mendapatkan informasi apakah harga yang Anda tetapkan termasuk dalam jangkauan target pasar Anda. Riset ini juga dapat memberikan gambaran tentang harga produk atau jasa sejenis yang terdapat di lingkup segmen pasar bisnis Anda. Dengan mendapatkan data tersebut, Anda akan lebih mudah menentukan harga yang pas untuk produk atau layanan yang akan Anda tawarkan.

4. Susun Daftar Pertanyaan Penting Dalam Riset Pasar

Setelah menentukan tujuan dan jenis riset pasar, sebaiknya Anda membuat daftar pertanyaan yang dapat mendeskripsikan target pasar bisnis Anda. Pertanyaan seperti usia, jenis kelamin, lokasi, hobi, jumlah pendapatan per bulan, dan perilaku belanja konsumen merupakan beberapa poin utama dalam melakukan riset pasar.

5. Lakukan Pengumpulan Data

Dalam melakukan riset pasar, ada beberapa cara jitu melakukan riset pasar dan pengumpulan data yaitu,

a. Pengumpulan Data Kuantitatif

Pengumpulan data kuantitatif yaitu pengumpulan data berbasis angka, baik data numerik maupun kategorik.

b. Pengumpulan Data Kualitatif

Pengumpulan data kualitatif yaitu pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi partisipatif, serta dilengkapi kajian dokumen.

c. Survei

Survei merupakan pengumpulan data dari sekelompok individu yang mewakili populasi tertentu mengenai suatu hal, bisa menggunakan kuesioner.

d. Wawancara

Wawancara merupakan kegiatan tanya jawab untuk mendapatkan informasi tentang suatu hal.

e. FGD (Focus Group Discussion)

FGD merupakan kegiatan diskusi kelompok yang membahas sebuah topik tertentu secara mendalam.

f. Observasi

Observasi merupakan kegiatan mengamati atau meninjau secara cermat tentang suatu hal.

g. Tes Contoh Produk

Tes contoh produk yaitu memberikan contoh produk kepada beberapa orang lalu meminta pendapat mereka mengenai produk tersebut.

h. Pengumpulan Data Sekunder

Pengumpulan data sekunder merupakan pengumpulan data dengan cara menganalisis dokumen terkait tanpa mengambil data langsung dari subjek primer.

6. Melakukan Analisis Data

Setelah melakukan pengumpulan data, Anda harus melakukan analisis data untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil riset pasar yang Anda lakukan. Untuk Analisa data kuantitatif ada software khusus untuk mengolahnya seperti SPSS, sedangkan data kualitatif bisa dianalisis menggunakan analisis mendalam seperti verbatim dan SWOT.

7. Menelaah Rekomendasi Hasil Riset Pasar

Rekomendasi hasil riset pasar dapat memberikan arahan kepada Anda tentang hal-hal yang dapat membantu meningkatkan kesuksesan bisnis Anda. Jika rekomendasi hasil riset pasar menunjukkan adanya kekurangan pada produk atau jasa Anda, maka segera lakukan perbaikan untuk mengurangi kekurangan tersebut.

Jika ternyata produk atau jasa Anda tidak sesuai dengan pangsa pasar, maka Anda dapat menggantinya atau melakukan penyesuaian. Hal ini merupakan hal yang wajar dalam sebuah bisnis, dengan sering melakukan riset dan penyesuaian Anda akan dapat menemukan pangsa pasar yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan pada bisnis Anda.

Demikian cara jitu melakukan riset pasar yang efektif agar bisnis Anda laris manis. Selamat mencoba.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini