Brand ambassador atau duta merek merupakan istilah yang sudah sangat sering terdengar saat ini. Meskipun kini istilah tersebut memang terasa modern, tetapi bisa dibilang ini hanyalah strategi pemasaran lama menggunakan istilah baru, yaitu iklan dari mulut ke mulut. Walaupun terbilang strategi lama, model iklan seperti ini masih yang paling terpercaya.

Umumnya masyarakat lebih percaya dengan rekomendasi teman dan keluarga. Bedanya, kini hal ini tidak terbatas pada teman dan keluarga saja, masyarakat juga mulai mempercayai rekomendasi orang lain yang percaya dan menggunakan produk Anda. Di sinilah duta merek memiliki peranan besar.

Apa itu Brand Ambassador atau Duta Merek?


Secara umum, duta merek merupakan seseorang yang benar-benar menggunakan dan menyukai produk Anda kemudian mempromosikannya ke orang lain untuk meningkatkan kesadaran akan produk tersebut sehingga mendorong penjualan. Dengan demikian, seorang duta merek harus selalu menggunakan dan memilih merek tersebut dfaripada kompetitor.

Umumnya, duta merek adalah orang terkenal yang memiliki pengaruh atau pengikut yang cukup besar. Namun, beberapa bisnis kecil biasanya lebih suka menjadi duta merek untuk produk mereka sendiri. Terkadang ada juga pelanggan setia atau blogger yang dengan senang hati menjadi duta merek setelah mencoba suatu produk.

Seberapa Penting Duta Merek untuk Bisnis Anda


Anda mungkin berpikir bahwa bisnis kecil tidak akan membutuhkan duta merek. Jangan salah, duta mereka yang kredibel mampu menawarkan banyak manfaat lebih dari sebagai sarana untuk memasarkan produk. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan duta merek.

1. Melindungi Reputasi Perusahaan

Ada kalanya suatu perusahaan mendapatkan pemberitaan buruk di kalangan masyarakat. Ketika hal ini terjadi, duta merek mampu muncul menyuarakan opini mereka dan membela merek Anda dari berita atau opini buruk yang menyudutkan. Mereka juga bisa berbagi pengalaman baik ketika menggunakan produk atau jasa Anda sehingga bisa membantu menenangkan suasana yang sedang terusik berita tidak sedap.

2. Membuat Merek Anda Terasa Lebih Manusiawi

Jika Anda perhatikan, perusahaan besar umumnya selalu menggunakan jasa seorang duta merek dan biasanya untuk jangka waktu yang cukup lama. Hal ini dilakukan karena pelanggan lebih suka membeli produk dari seseorang atau manusia lain daripada merek yang terkesan tanpa wajah. Duta merek mampu memberi wajah pada produk yang Anda tawarkan. 

3. Menyuarakan Opini di Lingkaran Sosial Mereka

Masyarakat umumnya akan berusaha mencari opini orang lain dulu tentang suatu produk atau jasa sebelum membelinya. Saluran media sosial suatu merek umumnya terbatas pada target konsumen yang sesuai dengan lingkaran sosial mereka saja. 

Duta merek mampu menembus saluran tradisional ini dan mencapai jangkauan yang lebih luas yaitu ke lingkaran sosialnya sendiri. Selain itu, mereka juga dapat membentuk ikatan yang lebih personal sehingga suaranya akan lebih didengar oleh lingkaran sosialnya. Dengan demikian, hal ini akan meningkatkan brand awareness terhadap merek Anda.

4. Kekuatan Pesan Mulut ke Mulut yang Lebih Luas

Duta merek umumnya sudah memiliki pengikut yang sangat banyak dan afiliasi profesional yang cukup kuat. Artinya, menggunakan jasa mereka untuk meningkatkan brand awareness akan sangat bermanfaat untuk produk atau jasa Anda.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki 15 orang duta merek, masing-masing dengan 10 ribu pengikut di twitter, mereka akan dengan mudah memberitahukan soal merek Anda kepada 150 ribu orang. Lalu, bayangkan ke berapa banyak orang lagi 150 ribu orang ini akan memberitahukan soal merek Anda.

5. Meningkatkan Traffic Halaman Situs Anda

Umumnya, duta merek memiliki blog atau laman situs mereka sendiri. Saat mereka menulis soal bisnis Anda, dengan mudah mereka dapat menambahkan backlink atau referral untuk usaha Anda. Dengan cara ini, inbound traffic situs Anda akan meningkat dan lebih mudah mencapai calon pelanggan yang umumnya berada di luar jangkauan merek Anda.

Bagaimana Memilih Seorang Brand Ambassador yang Tepat untuk Bisnis Anda?


Umumnya perusahaan akan memilih orang terkenal sebagai seorang brand ambassador. Meski demikian, perlu diingat bahwa terkenal saja tidak cukup untuk menjadi seorang duta merek. Ada beberapa faktor lain yang juga harus dipertimbangkan seperti berikut ini.

1. Kecocokan Demografis

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah kesesuaian target demografis duta merek dengan bisnis Anda sendiri. Dengan demikian, kemungkinan ketertarikan audiens terhadap merek Anda juga lebih tinggi.

2. Kecocokan Merek

Ketika memilih seorang duta merek, kesesuaian estetika konten sangatlah penting. Pasalnya, dengan memiliki estetika yang sama, Anda juga bisa menggunakan konten mereka untuk newsletter, kampanye sosial, atau upaya pemasaran lainnya. Oleh karena itu, penting mencari duta merek yang sesuai dengan nuansa dan kepribadian bisnis Anda.

3. Tertarik dengan Merek

Calon pelanggan umumnya memiliki intuisi yang cukup kuat dan bisa merasakan jika seorang duta merek hanya berpura-pura suka produk Anda. Pastikan Anda mencari seorang duta merek yang tidak hanya menggunakan produk Anda, tetapi juga benar-benar memahaminya sepenuh hati. 

Seorang duta merek yang baik biasanya akan menunjukkan ketertarikan pada merek Anda jauh di luar deskripsi pekerjaan yang harus mereka lakukan sebagai seorang duta merek Anda.

4. Mampu Memberikan Pengaruh

Kebanyakan influencer memiliki reach atau jangkauan yang sangat luas. Meski demikian, luasnya jangkauan tidak selalu berarti kemampuan tinggi untuk mengubah angka tersebut menjadi penjualan. Ketika mencari seorang duta merek, penting untuk mencari seseorang yang mampu mencapai target yang tepat sekaligus menginspirasi mereka untuk ikut menggunakan produk Anda. 

5. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Seorang duta merek juga harus mampu berkomunikasi dengan baik. Kolaborasi tidak akan bisa berjalan mulus tanpa adanya komunikasi dua arah yang jelas. Duta merek yang baik akan selalu bertanya atau memastikan instruksi dari tim Anda agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan tugasnya.

Mereka juga akan berupaya untuk memahami target perusahaan dan tidak hanya berhenti pada pemahaman soal kampanye yang akan dilakukannya. Seorang duta merek yang baik juga akan selalu memberikan update tentang perkembangan kampanye yang ia lakukan. Selain itu, mereka juga akan selalu siap ketika dihubungi dan dapat merespons dengan cepat.

6. Profesional

Selanjutnya, pastikan memilih seorang duta merek yang profesional dan memahami tugas mereka. Dengan demikian, Anda tidak perlu melakukan micro-management karena mereka tahu dan paham betul apa yang harus dilakukannya tanpa terkecuali.

7. Mampu Beradaptasi

Dunia media sosial dan pemasaran digital bergerak dengan sangat cepat. Oleh karena itu, penting bagi seorang duta merek untuk memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi. Mereka harus mampu menerima perubahan, merespons data, dan beradaptasi untuk menghasilkan solusi terbaik. 

Pilih seorang duta merek yang tidak takut mencoba platform baru, seperti Tik Tok, Instagram Stories, Twitter Fleet, podcast, dan lain-lain. Dengan cara ini, kampanye Anda bisa terus berkembang dan tumbuh dengan pesat.

8. Dapat Dipercaya

Terakhir sekaligus yang terpenting adalah kepercayaan. Cari tahu apakah duta merek yang dipilih akan merepresentasikan merek dengan cara yang mampu mendukung misi bisnis Anda. Pastikan mereka adalah sosok yang dapat dipercaya dan tidak akan mengunggah konten yang berlawanan dengan nilai-nilai bisnis Anda.

Kini, semakin banyak bisnis memahami bagaimana hubungan jangka panjang dapat memberikan hasil terbaik. Oleh karena itu, menggunakan brand ambassador bisa menjadi langkah terbaik untuk meningkatkan brand awareness terhadap bisnis Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here