Dengan daftar Kartu Prakerja, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan wawasan atau menambah keahlian. Program pemerintah ini memang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi penerimanya melalui berbagai pelatihan. Bukan hanya sebagai modal melamar pekerjaan, Anda juga bisa memanfaatkan ilmu yang diterima sebagai bekal membangun usaha.

Dengan dukungan sistem Kartu Prakerja, pemerintah menyalurkan dana bantuan pelatihan kepada mereka yang berhak mendapatkannya. Program yang lahir dalam rangka mengatasi dan mengantisipasi dampak pandemi COVID-19 di bidang ekonomi tersebut ternyata memiliki banyak peminat. Hingga saat ini, Kartu Prakerja telah membuka pendaftaran hingga gelombang ke-11.

Baca juga: Ingin Jadi Wirausaha Sukses? Wajib Punya Sifat & Perilaku Ini

Manfaat Kartu Prakerja

Pemegang Kartu Prakerja dapat menikmati sejumlah manfaat, yaitu dana pelatihan, insentif pasca pelatihan, dan insentif survei kebekerjaan. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Dana Pelatihan

Pemegang Kartu Prakerja akan menerima dana pelatihan sebesar Rp1.000.000 per orang. Dana tersebut hanya bisa digunakan untuk membeli pelatihan dari mitra platform digital  yang telah ditentukan, di antaranya Tokopedia, Kemnaker, Bukalapak, Pintaria, Pijar, Maubelajarapa, dan Sekolahmu.

2. Insentif Pasca Pelatihan

Tiap pemegang Kartu Prakerja juga akan menerima insentif pasca pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan. Dana ini akan dikirimkan ke nomor rekening BNI yang telah didaftarkan sebelumnya atau melalui aplikasi dompet digital. Pencairan insentif membutuhkan waktu sekitar 3-5 hari setelah diproses.

3. Insentif Survei Kebekerjaan

Selain dana pelatihan dan insentif pasca pelatihan, pemegang Kartu Prakerja juga mendapatkan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp50.000 per bulan. Insentif ini diberikan setelah pemegang kartu mengisi survei di website Kartu Prakerja. Survei berlangsung selama 3 bulan sehingga total insentif yang akan diterima adalah Rp150.000.

Cara Daftar Kartu Prakerja


Lalu, bagaimana cara mudah untuk daftar Kartu Prakerja? Kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

  1. Kunjungi website www.prakerja.go.id.
  2. Pada halaman awal, pilih opsi Daftar Sekarang.
  3. Selanjutnya, Anda akan masuk ke halaman baru yang menampilkan kolom isian berupa alamat email dan password. Isi juga konfirmasi password  untuk memastikan.
  4. Kemudian, beri tanda centang pada persetujuan Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi. Klik Daftar. 
  5. Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa link verifikasi telah dikirimkan ke email yang didaftarkan.
  6. Cek email dan klik tombol “Verifikasi Email Sekarang” supaya bisa melanjutkan proses pendaftaran Kartu Prakerja. Anda akan mendapatkan pemberitahuan Email Terverifikasi.
  7. Selanjutnya, masuklah ke halaman Login di website Prakerja. Gunakan alamat email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  8. Tahap selanjutnya adalah verifikasi KTP. Masukkan 16 digit nomor KTP Anda dan tanggal lahir. 
  9. Jika nomor KTP benar dan Anda belum terdaftar sebelumnya di program ini, informasi data diri Anda akan muncul secara otomatis, seperti nama lengkap, alamat sesuai KTP, dan jenis kelamin. Lalu, isi kolom yang masih kosong, antara lain alamat email, pendidikan terakhir, status kebekerjaan, dan foto KTP.
  10. Selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi nomor telepon. Masukkan nomor telepon di kolom yang tersedia, lalu klik Kirim. Anda akan menerima SMS berisi kode OTP.
  11. Isilah kode OTP di kolom yang tersedia dengan 6 angka dari SMS yang masuk ke nomor telepon Anda. Jika sudah benar, klik Verifikasi.
  12. Kemudian, Anda akan mendapatkan sejumlah pertanyaan, antara lain, “Apakah saat ini Anda sedang menganggur?”, “Apakah Anda pernah bekerja selama 3 bulan terakhir?”, “Apakah Anda tidak sedang menjalani pendidikan formal?”, dan “Apakah Anda bukan pegawai pemerintah?”
  13. Setelah pernyataan pendaftar selesai, klik Oke.
  14. Selanjutnya, Anda akan masuk ke halaman Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Ini adalah prasyarat awal untuk mendaftar di program Kartu Prakerja. 
  15. Klik Mulai Tes Sekarang. Anda akan mendapatkan 18 pertanyaan yang harus diselesaikan dalam waktu 25 menit. 
  16. Setelah selesai dan yakin dengan semua jawaban yang telah diisi, lakukan konfirmasi jawaban dengan klik opsi Ya, Sudah.
  17. Tes sudah selesai dan hasilnya akan dievaluasi. Selanjutnya, klik Dashboard. 
  18. Pada halaman Dashboard, Anda dapat melihat gelombang yang tersedia. Klik Gabung. Setelah itu, halaman website akan berubah menjadi pemberitahuan bahwa pendaftaran Anda sedang dalam tahap evaluasi. 

Tips Saat Mendaftar Kartu Prakerja

Selain langkah-langkah mendaftarkan diri pada program Kartu Prakerja, Anda juga perlu mengetahui sejumlah tips maupun syarat lain. Tujuannya supaya dapat melakukan pendaftaran dengan lancar dan cepat. 

1. Ketahui Persyaratan Sebelum Mendaftar

Tahukah Anda bahwa tidak semua orang bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti program Kartu Prakerja? Ada sejumlah syarat awal yang perlu dipenuhi, yaitu merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), minimal berusia 18 tahun, dan tidak sedang menempuh pendidikan formal. Isilah data ini dengan benar karena akan diverifikasi lagi setelah melakukan pendaftaran.

2. Selesaikan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar dengan Maksimal

Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar bertujuan untuk mengenali kompetensi serta potensi yang Anda miliki. Tes ini berisi 18 pertanyaan yang harus diselesaikan dalam waktu 25 menit. Tidak perlu panik saat menyelesaikan tes karena pertanyaan yang diberikan tidak terlalu sulit. Anda juga boleh menggunakan alat bantu untuk menyelesaikan soal-soal.

3. Sabar Menunggu Proses Evaluasi

Jumlah pendaftar Kartu Prakerja mencapai ratusan ribu orang. Karena itu, butuh proses untuk melakukan pengecekan terhadap data-data yang masuk. Apabila Anda telah memberikan informasi yang benar dan memang berhak menerima Kartu Prakerja, tidak perlu khawatir. Tunggu hasilnya dengan sabar.

Setelah Daftar, Apa yang Harus Dilakukan?

Kartu Prakerja memiliki tujuan yang sangat baik, terutama bagi orang-orang yang ingin menambah kompetensi. Nah, jika Anda berhasil mendapatkan kesempatan tersebut, apa saja hal yang harus dilakukan?

1. Jangan Tunda untuk Klik Gabung

Jangan tunda untuk mengeklik opsi Gabung jika sudah tersedia. Tiap gelombang, ada jangka waktu pendaftaran yang telah ditetapkan. Jika sudah melewati tanggal tersebut, opsi Gabung pada Dashboard Anda akan hilang.

2. Tunggu Hasil Evaluasi dengan Sabar

Tunggu hingga evaluasi pendaftaran selesai. Setelah menyatakan Gabung, Anda tidak langsung akan mengetahui hasilnya. Pihak Prakerja membutuhkan waktu beberapa lama untuk melakukan pengecekan apakah Anda diterima atau tidak. Jika hasilnya sudah ada, pada Dashboard akan muncul pemberitahuan.

3. Lengkapi Opsi Pembayaran

Lengkapi opsi pembayaran dengan nomor rekening BNI. Anda juga bisa menggunakan nomor telepon yang telah terhubung dengan dompet digital, seperti OVO, Gopay, atau LinkAja. Nomor telepon tersebut harus terdaftar dengan nama asli Anda. 

4. Lakukan Pembelian Pelatihan

Segera lakukan pembelian pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan setelah Anda dinyatakan berhasil menerima Kartu Prakerja. Pembelian pelatihan dibatasi hingga 30 hari setelah pemberitahuan di Dashboard. Jika tidak melakukan pembelian, Kartu Prakerja Anda akan hangus secara otomatis. Jadi, cek Dashboard akun Anda secara teratur untuk mengetahui hasilnya.

5. Selesaikan Pelatihan Hingga Tuntas

Selesaikan pelatihan untuk menerima insentif. Setelah membeli pelatihan di platform digital, kamu sebaiknya menyelesaikannya. Ikuti seluruh proses pembelajaran yang ditentukan dan selesaikan ujian untuk mendapatkan sertifikat. Sertifikat merupakan syarat utama bagi pemegang Kartu Prakerja untuk menerima insentif. Nah, inilah ulasan lengkap sekaligus cara daftar Kartu Prakerja yang perlu Anda ketahui. Namun, jika ingin mendaftarkan diri, tunggu informasi dari Kemnaker mengenai pembukaan gelombang pendaftaran selanjutnya. Semoga beruntung!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here