Home Motivasi Bisnis Motivasi Hidup Sukses Rico Huang, Memulai Bisnis Dari Nol

Motivasi Hidup Sukses Rico Huang, Memulai Bisnis Dari Nol

0

Setiap orang memiliki motivasi hidup sukses yang berbeda. Ada yang menjadikan kekayaan dan kekuasaan sebagai motivasi kesuksesan, ada juga yang ingin hidup sehat dan bahagia bersama orang tercinta. Apa pun motivasinya, Anda membutuhkan usaha untuk mewujudkannya. 

Itulah yang terkadang menjadi dilema. Pasalnya, tidak semua orang sanggup menikmati pahit manis perjalanan menuju sukses. Awalnya, saya juga demikian. Namun, setelah sering membaca dan menonton kisah orang-orang sukses, saya kembali termotivasi. Jika orang lain bisa meraih kesuksesan, saya juga bisa. 

Baca juga: Gapai Impian dengan 9 Motivasi Sukses Penambah Semangat

Motivasi Hidup Sukses Rico Huang yang Menginspirasi


Apabila saat ini Anda kurang bersemangat atau merasa hidup terlalu berat, saya sangat merekomendasikan Anda untuk mempelajari kisah sukses Rico Huang

Rico Huang tercatat sebagai seorang pebisnis muda sekaligus CEO PT Alona Indonesia Raya. Rico dikenal sebagai salah satu panutan untuk mencapai kesuksesan. Banyak hal yang saya pelajari darinya. Saya harap Anda juga begitu.

Kisah Perjalanan Rico Huang Menuju Sukses


Rico merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Sewaktu masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), rumah keluarganya yang berada di Kebayoran Lama terbakar. 

Kejadian tersebut membuatnya memutuskan untuk mencari tambahan uang. Sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP), Rico Huang sudah berjualan. Dari pendapatan tersebut, ia bisa membayar uang sekolah sendiri. 

Dididik sebagai seorang pengusaha sejak kecil, Rico tak segan berjualan apapun selagi halal. Bahkan, ia sempat jualan nasi uduk dengan keuntungan seribu per bungkus. Rico juga pernah menjadi MC dengan bayaran dua ratus ribu.

Lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), Rico pernah menjalani bisnis kuliner, mie ayam. Namun, usaha yang baru seumur jagung harus ditutup lantaran merugi hingga belasan juta. Rico juga pernah rugi besar karena bisnis buzzer di Twitter (@rajaparodi) yang dijalankannya bangkrut. Musibah ini membuat Rico memutuskan untuk keluar kuliah demi fokus bisnis. 

Tak mudah bagi Rico Huang melewati masa sulit. Akibat keputusannya tersebut, Rico sempat merasa down karena dianggap tak akan sukses. Namun, Rico tak ingin menyesali keputusannya. Rico berjanji pada diri sendiri untuk membuktikan pada orang lain bahwa ia juga bisa sukses, meskipun tanpa gelar sarjana.

Jika kebanyakan orang akan menyerah saat gagal, lain halnya dengan Rico Huang. Justru ia semakin termotivasi untuk meraih kesuksesan. Baginya, selama masih muda, habiskan jatah gagal agar jatah sukses datang lebih cepat.  

Dengan semangat juang yang tinggi, Rico kembali bangkit dengan memulai usaha aksesoris ponsel. Bermula dari dua orang karyawan, usaha Rico semakin berkembang hingga meraih omzet hingga belasan miliar. Namun, usaha tersebut harus gulung tikar karena persaingan harga yang terlalu sengit. Rico juga kesulitan mengontrol deadstock

Satu tahun berselang, kejadian tak terduga kembali terjadi. Karyawannya mengambil barang dengan total kerugian hingga ratusan juta. Akibatnya, Rico terpaksa memecat setengah karyawannya.

Setelah mengalami pasang surut di dunia bisnis, Rico akhirnya dapat menikmati buah dari kesabaran, ketekunan, dan kerja kerasnya selama ini. Kesuksesan yang didambanya dapat ia nikmati. 

Berkat usaha custom casing handphone, Rico tidak hanya memudahkan pelanggan mendapatkan casing ponsel dengan gambar sesuai keinginan, melainkan juga membuka lapangan kerja bagi orang lain. Secara tidak langsung, Rico telah membantu menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran.  

Baca juga: Bisnis Case HP, Bagaimana Peluang dan Keuntungannya?

Dari peluang usaha custom casing HP, Rico merambah ke bisnis lain, mulai dari custom kaos, mug, topi, hingga jaket. Demi memperluas jangkauan bisnisnya, Rico mendirikan website jualan online dengan nama dropshipaja.com. Hingga kini, Rico Huang tercatat memiliki lebih dari seratus ribu reseller di seluruh Indonesia.

Dibantu dua ratus karyawan, omzet bulanan Rico mencapai angka miliaran rupiah. Omzet ini belum termasuk bisnis sekolah internet marketing dan software yang dimilikinya. Sebut saja Laperma, Alona, dan Amelia.

Usaha yang digelutinya tersebut mampu membuat Rico Huang membeli Mercy pertamanya di usia dua puluh satu tahun. Ketika usianya mencapai dua puluh empat tahun, Rico berhasil membeli Ferrari California

Kendati telah sukses, Rico tak berhenti, justru semakin bersemangat untuk mencoba bisnis lain di bidang percetakan. Bahkan, ia telah membeli mesin photobox dengan harga sepuluh miliar, lebih mahal empat kali lipat dari mobil Ferrari miliknya. Selain harga beli yang mahal, biaya perawatan mesin tersebut menyentuh angka tiga puluh juta per bulan. 

Baginya, hal tersebut bukan masalah asalkan menghasilkan. Rico sendiri terinspirasi dari usaha percetakan di Eropa yang memiliki omset hingga ratusan triliun. Melihat pangsa pasar Indonesia yang besar dan menyukai kegiatan swafoto, Rico ingin mengambil kesempatan ini sebagai peluang bisnis baru.

Selain tingkat persaingan tergolong masih rendah, adanya variasi foto digital berbagai bentuk untuk dekorasi wallpaper kamar tidur atau kantor, foto wedding, kado, hingga konsumsi pribadi membuat Rico mantap melangkah. 

Rico berpendapat bahwa banyaknya data yang didukung nilai pasar tinggi akan menjadikan photobook sebagai salah satu jenis produk percetakan foto yang sangat menjanjikan dalam bisnis kreatif.

Rico Huang sengaja menghimpun seluruh lini bisnis custom dan photobook dalam satu wadah, yakni dropshipaja.com dengan tujuan untuk memudahkan pelanggan mengakses dan memilih segala kebutuhan. Rico juga membuka peluang bagi siapa saja yang ingin bergabung untuk meraup penghasilan tambahan. 

Sukses Menurut Rico Huang


Pada dasarnya, kesuksesan seseorang dengan orang lainnya tidak dapat disamakan. Setiap orang memiliki versi suksesnya sendiri. Namun, Rico menyarankan untuk tak melihat kesuksesan dari uang saja. Pasalnya, uang tidak akan dibawa mati. 

Motivasi hidup sukses bagi Rico Huang bukanlah kekayaan, melainkan kebahagiaan dan menjadi manusia bermanfaat. Rico mengatakan bahwa seluruh orang memiliki peluang yang sama untuk sukses. Bahkan lebih sukses karena manusia memiliki waktu dua puluh empat jam. Perbedaannya terletak pada mindset. 

Orang yang memiliki mindset hidup sukses akan berjuang lebih keras untuk merealisasikan target dan impiannya. Ia akan terdorong untuk berusaha lebih. Meskipun harus memangkas jam tidur, mengurangi pengeluaran bulan, dan bekerja banting tulang, ada kesuksesan yang menanti di depan mata.

Tidak memiliki modal atau pengalaman bukan halangan menjadi sukses. Pasalnya, siapapun bisa belajar dari orang-orang yang lebih dulu sukses. Dengan teknologi canggih, Anda bisa mengakses berbagai buku motivasi maupun video perjalanan sukses seseorang. Tidak ada hal yang tidak mungkin di dunia asalkan Anda mau berusaha lebih keras dari orang lain.

Rico Huang juga menyebut bahwa kesuksesan bisa lenyap dalam sekejap jika tidak mampu mengelolanya dengan baik.  Tak heran jika Rico yang telah memiliki omzet miliaran tak pernah menghamburkan uang untuk membeli barang demi memenuhi keinginannya. Uang dari hasil usaha digunakan Rico untuk perputaran bisnis. 

Rico Huang juga bukan tipikal orang yang menonjolkan gengsi. Bahkan, ia mengaku bahwa  barang yang dimilikinya, termasuk mobil Mercy merupakan barang seken. Baginya, yang terpenting adalah fungsi dan manfaat dari barang tersebut.

Menjadi seorang pengusaha bukan hal mudah. Omzet sebanyak apapun jika manajemen keuangan buruk dan sulit menahan keinginan membelanjakan uang untuk kepentingan pribadi, bukan mustahil pengeluaran Anda akan besar pasak daripada tiang. 

Tips Supaya Sukses Ala Rico Huang


Kendati diperlukan proses panjang untuk mencapai kesuksesan, Rico percaya bahwa kerja keras tidak akan mengkhianati hasil. Untuk meraih kesuksesan yang sama, Rico Huang membagikan beberapa tips motivasi hidup sukses jitu yang dapat dicoba.

1. Ubah Mindset

Mindset sama dengan pola pikir. Pola pikir sendiri merupakan pikiran, kepercayaan, dan keyakinan yang menjadi acuan berpikir. Cara berpikir orang pragmatis sangat berbeda dengan orang hedonis. Orang pragmatis akan menilai sesuatu menurut kegunaan, sedangkan hedonis tidak mementingkan fungsionalitas. 

Begitu juga dengan orang yang memiliki mindset result oriented (mementingkan hasil terlepas dari cara memperolehnya) tentu berbeda dengan pemilik mindset process oriented (mementingkan proses terlepas dari hasilnya).

Membentuk mindset memang tidak mudah karena membutuhkan waktu lama melalui proses repetisi (berulang). Namun, keyakinan bawah sadar maupun kebiasaan yang sudah terbentuk akan sulit dihilangkan. 

Singkatnya, jika ingin sukses, Anda harus memilih jalan kesuksesan, mengerahkan segala kemampuan untuk meraih target yang ditetapkan. Rico sendiri memilih menjadi pengusaha karena ia tidak suka diatur oleh orang lain. 

Ia memiliki mindset bahwa menjadi pengusaha adalah profesi yang luar biasa karena tidak hanya dapat menghidupi diri sendiri, melainkan juga orang lain. Rico Huang juga menyebutkan bahwa semua orang bisa sukses, terlepas dia hanya seorang buruh, pegawai kantoran, ibu rumah tangga, atau mahasiswa. 

Memiliki modal atau tidak sama sekali juga bukan halangan untuk sukses karena yang paling dibutuhkan adalah kemauan dan keyakinan Anda bisa mencapai puncak kesuksesan.

2. Punya Keinginan Untuk Berubah

Percuma ingin sukses, tetapi tidak mempunyai kemauan untuk berubah dan memperbaiki diri. Dengan adanya niat kuat, Anda akan terdorong untuk terus berusaha. Ketika merasa lemah, ingatlah perjuangan orang tua yang membesarkan Anda. Tanpa mereka kita bukan siapa-siapa. Oleh karena itu, harus bisa membanggakan orang tua.

3. Berbisnis yang Halal

Sukses dan bisnis lah dengan sesuatu yang halal. Jangan sampai menyusahkan dan merugikan orang lain. Rico mengatakan kita harus selalu yakin bahwa berbisnis dengan sesuatu yang baik, maka Tuhan akan membantu melancarkan usaha kita.

4. Bantu Orang Lain

Jangan ragu membantu orang lain. Pasalnya, dengan membantu kita akan menjadi pribadi yang memiliki hati dan berjiwa besar. Ingat, kebanyakan orang sukses tidak pelit ilmu. Justru mereka membagikan kisah suksesnya sebagai inspirasi. Hal inilah yang membuat mereka semakin besar.  

5. Sedekah

Kendati tidak memiliki uang, bersedekahlah. Bisa dengan tenaga, membantu organisasi keagamaan, maupun berbagi ilmu. Rico mengibaratkan sedekah dengan latihan otot. Semakin dilatih, rasa ikhlas akan semakin besar. Pikiran pun akan selalu positif karena sedekah membuat Anda merasa bahagia.

6. Jaga Lingkup Pergaulan

Bergaul dengan orang yang lebih sukses. Belajar dari mereka supaya tahu pola memperjuangkan usaha mereka. Ketika Anda gagal, mereka akan memberi dorongan. Ingat bahwa berada di antara orang-orang positif akan membuat Anda sama positifnya dengan mereka. Begitu juga sebaliknya.

7. Berjuang Gila-Gilaan

Berjuanglah hingga titik darah penghabisan. Kalau perlu, cari mentor di bidang yang tepat. Jangan malu bertanya dengan orang yang lebih dulu sukses. 

Itulah kisah singkat Rico Huang mencapai kesuksesan luar biasa di usia muda. Jadikan kisah tersebut sebagai pelajaran berharga yang dapat menginspirasi Anda. Jangan mau kalah! Yuk, tulis motivasi hidup sukses Anda dan jadikan itu nyata! 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version