Salah satu hal yang sangat khas dengan bulan Ramadan adalah takjil. Meski diperuntukkan sebagai sajian pembuka, nyatanya takjil justru menjadi hidangan yang paling banyak dinanti. Bahkan tak sedikit yang beranggapan bahwa berbuka tanpa takjil di bulan puasa kurang sempurna.

Fenomena ini pun menjadi peluang bisnis tersendiri. Bagi Anda yang ingin mencoba berbisnis takjil bulan puasa, berikut beberapa rekomendasi menu takjil yang populer.

 

Sop Buah

Sop buah merupakan salah satu takjil bulan puasa yang cukup sehat. Seperti namanya, minuman segar ini terdiri dari berbagai potongan buah manis dan segar, seperti melon, nangka, naga, mangga, alpukat, stroberi, kiwi, dan lain-lain sesuai kreativitas. Adapun sebagai penyegar, sop buah ditambahkan yoghurt, jus buah, atau susu dan es batu.

 

Gorengan

Walau identik dengan minuman manis dan segar, beberapa orang juga memilih gorengan sebagai menu takjil bulan puasa. Biasanya hal ini dilakukan sekaligus untuk mengganjal perut selagi menunggu waktu yang cukup panjang untuk menyantap hidangan utama. Adapun gorengan yang dimaksud dapat berupa gorengan asin seperti tahu isi, tempe goreng, bakwan, dan sebagainya maupun gorengan manis seperti pisang goreng, molen, timus, dan sederet lainnya.

 

Biji Salak

Hidangan takjil bulan puasa yang satu ini nyatanya tidak menggunakan biji salak sama sekali. Kolak biji salak justru sebetulnya terbuat dari ubi kuning rebus yang dibentuk menyerupai bola seperti biji salak. Agar makin terlihat seperti biji salak, bola-bola tersebut kemudian dimasukkan ke dalam rebusan gula merah. Adapun kuah menu ini tidak jauh berbeda dari kolak pisang yang lebih banyak dikenal, yakni menggunakan santan.

 

Es Kelapa Muda

Es kelapa muda juga banyak dicari orang sebagai pelepas dahaga setelah seharian menahan haus. Takjil bulan puasa ini pun relatif sangat sederhana. Namun sebagai variasi, beberapa orang biasanya menambahkan beberapa bahan lain seperti jeruk nipis, madu, atau bahkan sirup ke dalam air kelapa sehingga rasanya pun jadi lebih kaya.

 

Es Pisang Ijo

Menu takjil buka puasa ini merupakan sajian khas dari Makassar. Seperti namanya, primadona dessert lokal ini adalah buah pisang yang dipotong dan dibalut oleh adonan tepung berwarna hijau. Adapun kuah es pisang ijo sendiri menggunakan campuran sirup berwarna merah dan bubur sumsum sehingga menawarkan perpaduan rasa manis dan gurih santan yang sempurna.

 

Kolak

Takjil bulan puasa yang satu ini sepertinya memang sudah sangat identik dengan masyarakat Indonesia. Kolak pun mudah ditemukan dan selalu memiliki banyak penggemar. Bahan utama sebagai isiannya adalah buah pisang, labu kuning, dan kolang-kaling. Adapun kuahnya berupa kuah santan dengan aroma dan rasa pandan yang khas dan menggugah selera.

 

Es Dawet

Es dawet merupakan minuman tradisional yang banyak dijumpai di pinggir jalan terutama di kawasan daerah di Pulau Jawa. Manisnya kuah hasil perpaduan santan, gula merah, dan pandan dicampur dengan dawet ijo dijamin membuat es dawet banyak dicari sebagai takjil bulan puasa. Agar lebih mantap, tak ada salahnya menambahkan potongan buah nangka dan tape ketan.

 

Bubur Kacang Ijo

Alternatif takjil bulan puasa yang tak kalah sehat lainnya adalah bubur kacang hijau. Menu ini dapat disajikan dalam bentuk es maupun hangat sesuai selera. Adapun seperti namanya, bahan utama yang diperlukan adalah kacang hijau. Rebusan palawija ini kemudian dicampur dengan santan beserta gula merah dan pandan. Bila ingin ada sedikit rasa rempah yang lebih menonjol, tak ada salahnya menambahkan cengkeh dan jahe.

 

Bubur Sumsum

Jenis bubur ini juga banyak diminati masyarakat sebagai takjil bulan puasa. Di samping cukup mengenyangkan, teksturnya yang lembut sehingga nyaman di perut juga jadi alasannya. Tak lupa, perpaduan rasa gurihnya santan dan tepung beras serta manisnya gula merah dan kayu manis pun semakin menambah panjang alasan mengapa bubur sumsum tidak boleh dilewatkan dari menu takjil favorit nusantara.

 

Kue Pasar

Seperti gorengan, beberapa orang juga memilih kue pasar yang relatif ‘kering’ sebagai takjil bulan puasa. Adapun beberapa pilihan kue pasar yang paling banyak dipilih sebagai takjil antara lain kue lumpur, risoles, lumpia, serabi, nagasari, dan lain-lain.

 

Nah, itulah beberapa alternatif menu takjil bulan puasa yang populer di nusantara. Bila ingin menjadikannya sebagai bisnis, ada baiknya Anda menyesuaikan dengan selera pasar, ya!

Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here