Sebelum membeli produk tertentu, tidak sedikit konsumen yang memastikan garansi dari barang yang akan dibeli, terutama untuk produk-produk elektronik. Garansi merupakan salah satu komponen dari layanan after sales service  atau sering disebut sebagai layanan purna jual. 

Layanan ini diberikan oleh penjual atau perusahaan yang bersangkutan kepada konsumen, setelah terjadinya proses transaksi jual beli. Tujuannya adalah untuk dapat memberikan kepuasan pelanggan agar tercipta loyalitas kepada perusahaan.

 

Pengertian Layanan Purna Jual

Untuk dapat lebih memahami apa itu “After sales service” atau layanan purna jual ini, inilah beberapa pengertian atau definisi yang diberikan oleh para ahli. 

    • Menurut Philip Kotler (2002), pelayanan purna jual yaitu pelayanan yang diberikan kepada konsumen oleh perusahaan setelah terjadi proses transaksi jual beli. 
    • Berdasar Mathe & Saphiro (2002), layanan purna jual ini sebenarnya lebih dari sekadar memperbaiki produk yang rusak. Jadi perbaikan produk yang rusak hanyalah satu dari sekian banyak manfaat layanan purna jual yang sebenarnya.
    • Sementara menurut Patton (2002), layanan purna jual adalah sebuah layanan pendukung  sebuah produk yang bertujuan agar produk tersebut mampu bekerja dengan wajar dalam jangka waktu yang lama.

Dari pengertian pelayanan purna jual oleh para pakar tersebut, bisa dikatakan layanan purna jual merupakan layanan pendukung terkait perawatan atau perbaikan produk dari perusahaan kepada konsumen setelah pembelian sebagai jaminan kualitas barang. Dengan demikian, konsumen dapat lebih percaya kepada perusahaan yang memberikan jaminan produk ini setelah melakukan pembelian.

 

Komponen Pelayanan Purna Jual

Garansi hanyalah merupakan salah satu komponen dari pelayanan purna jual yang paling umum diberikan oleh perusahaan. Berikut ini unsur-unsur layanan purna jual selengkapnya:

 

1. Garansi

Garansi diberikan dengan tujuan agar dapat meyakinkan konsumen bahwa produk yang dijual dalam kondisi baik atau bebas dari kerusakan yang disebabkan oleh adanya ketidaktelitian saat pengerjaan ataupun pemakaian material yang kurang baik. Garansi ini  berlaku untuk jangka waktu tertentu dan bisa dalam bentuk perbaikan, tukar barang, atau layanan konsultasi.

 

2. Penyediaan Aksesori

Penyediaan aksesori menjadi salah satu faktor penting untuk memuaskan konsumen, yang bertujuan untuk mempertahankan loyalitasnya. Termasuk dalam layanan purna jual adalah penyediaan suku cadang yang juga menjadi hal yang sangat penting. Tanpa adanya suku cadang, sebuah produk yang komponennya mengalami kerusakan tidak dapat berfungsi  dengan baik, bahkan tidak dapat dipakai kembali.

 

3. Pelayanan Pemeliharaan dan Perbaikan

Pelayanan pemeliharaan dan perbaikan diperlukan untuk produk yang memiliki masa pemakaian yang cukup lama serta membutuhkan perawatan teratur supaya dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, bila produk mengalami kerusakan selama masa pemakaian akan dilakukan perbaikan.

 

4. Fasilitas dan Perlengkapan

Fasilitas dan perlengkapan sebuah produk adalah sebagai sarana untuk melakukan layanan purna jual. Fasilitas dan perlengkapan yang modern dan canggih akan memengaruhi kelancaran pelayanan oleh petugas yang melakukan pemeliharaan dan perbaikan produk tersebut.

 

Dari penjelasan di atas, terlihat bahwa pelayanan purna jual ini menguntungkan konsumen. Apakah memang demikian adanya? Lalu bagaimana peran penting dan fungsi layanan purna jual ini bagi perusahaan?

 

Fungsi Layanan Purna Jual bagi Perusahaan

Ternyata praktik layanan purna jual ini memiliki manfaat yang besar bagi perusahaan, sehingga dianggap sebagai hal penting yang tidak dapat ditinggalkan begitu saja. 

 

1. Membantu Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Hubungan baik dengan pelanggan tetap harus dijaga mengingat pembeli adalah raja. Tanpa pembeli yang loyal perusahaan tidak dapat bertahan lama,  sehingga sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis perusahaan. Efek jangka panjang dari layanan purna jual dapat membangun hubungan baik dengan konsumen. Dengan demikian pelanggan dapat menjadi semakin loyal pada perusahaan.

 

2. Layanan Purna Jual sebagai Media Bertukar Informasi

Konsumen yang mengajukan pertanyaan, keluhan, atau mengklaim kerusakan akan menjadi masukan yang berarti bagi perusahaan. Pasalnya, mereka dapat mengetahui apa saja kekurangan produknya. Dengan demikian, perusahaan mampu memperbaiki kualitas produk mereka menjadi lebih baik.

 

3. Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Layanan purna jual juga dapat memberikan dampak adanya kepercayaan dan loyalitas dari pelanggan. Dengan demikian nama perusahaan di mata konsumen menjadi lebih baik.

 

Nah, itulah penjelasan tentang fungsi pelayanan purna jual selengkapnya yang ternyata sangat bermanfaat besar demi kelangsungan bisnis perusahaan. Jika Anda memiliki usaha, pastikan layanan purna jual ini diberikan agar usaha Anda dapat berkembang jauh lebih baik akibat adanya loyalitas konsumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here