Memulai jasa cuci sofa mungkin terdengar aneh ketimbang memulai bisnis makanan. Mengapa? Karena jenis usaha kecil ini terdengar tidak umum. Padahal peluang jasa mencuci sofa cukup besar, apalagi dilakukan di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Makassar.

Nah, karena peluang yang diberikan cukup besar serta orang yang terjun ke sana masih belum banyak, kesempatan untuk berkembang akan besar. Apalagi Anda sudah mengetahui cara mendapatkan konsumen dengan mudah. 

Kalau Anda ingin memulai usaha kecil atau UKM di bidang cuci sofa, lakukan dengan baik sedari awal. Kalau masih bingung melakukannya, simak panduan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Ingin Memulai Peluang Usaha Cuci AC? Ini Tips Gampangnya

Peluang Jasa Mencuci Sofa


Usaha cuci sofa dan produk yang mirip seperti spring bed masih jarang ada saat ini. Kalau bisnis laundry kemungkinan ada banyak. Bahkan, di kawasan desa dan kota kecil pun juga ada. Karena masih jarang, peluang jasa cuci sofa di Indonesia khususnya kota besar masih bisa dipertimbangkan.

Saat ini, orang yang bergerak di jasa ini mungkin sudah banyak. Namun, kebanyakan menyasar pada konsumen rumahan saja. Jarang yang menyasar konsumen yang lingkupnya lebih besar seperti hotel atau penginapan yang punya banyak sofa dan spring bed.

Untuk memastikan seberapa besar peluang yang akan didapatkan, Anda bisa melakukan survei dahulu. Misal di kawasan Jakarta Timur, coba cek ada berapa banyak jasa itu dan mereka menangani siapa saja. Kalau memang Anda merasa masih bisa bersaing, lakukan dengan sungguh-sungguh.

Apabila persaingan sudah cukup ketat, tidak ada salahnya mencari alternatif lain yang cukup berpotensi. Misal mempertimbangkan untuk pergi ke kota lain dan memulai usaha jasa ini di sana. Selama Anda bisa melakukan promosi yang baik, melakukan negosiasi yang andal, kemungkinan bisnis berkembang tetap saja ada.

Persiapan Memulai Jasa Mencuci Sofa


Sebelum memulai bisnis sofa, ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan:

1. Menyiapkan Modal

Siapkan modal yang cukup untuk memulai usaha ini. Umumnya Rp10-15 juta saja sudah cukup untuk permulaan. Modal ini dipakai untuk membeli peralatan untuk mencuci sofa, mengeringkan sofa, cairan pencuci, dan aksesori lain.

Jalan lupa untuk melakukan uji coba dahulu. Pakai sofa di rumah sebagai tempat latihan agar terbiasa melakukan pekerjaan.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis dengan Modal Rp 1 Juta, Berani Coba?

2. Mengetahui Target Market

Pahami target market yang akan diambil. Apakah hanya akan menyasar individu saja atau masuk ke hotel atau akomodasi lainnya. Kalau ingin kerja sama dengan perusahaan yang besar, tentu harus ada proses negosiasi.

3. Melakukan Promosi Awal

Saat akan memulai bisnis dan berjenis jasa, promosi awal harus dilakukan dengan tepat. Anda bisa melakukannya di media sosial atau dari mulut ke mulut dan dilakukan pada teman sekitar.

4. Mengetahui Harga Pasaran

Pahami berapa tarif layanan yang diberlakukan oleh jasa pembersihan sofa yang sudah ada sebelumnya. Dengan begitu, Anda tidak akan membuat harga terlalu tinggi atau malah terlalu rendah.

Cara Memulai Jasa Mencuci Sofa


Mulai usaha jasa ini dengan menyiapkan semua alat tempur dan skill yang mumpuni. Untuk tahap awal, Anda bisa melakukannya sendiri. Baru setelah berjalan dengan baik dan berkembang bisa menambah karyawan agar menjangkau lebih banyak karyawan.

Saat awal usaha, lakukan promosi dengan baik. Berikan semacam potongan harga, harga khusus, atau sejenisnya agar menarik banyak konsumen. Jangan lupa, minta ulasan dari customer awal agar meningkatkan kredibilitas dari usaha.

Fokus Anda dalam usaha ini adalah bagaimana menciptakan rasa percaya di masyarakat atau perusahaan. Selanjutnya, pertahankan terus kualitas layanan agar semakin dikenal dan memiliki pelanggan tetap.

Hal yang Wajib Diperhatikan


Sebenarnya tidak ada hal khusus yang harus diperhatikan dari layanan jasa ini. Namun, Anda perlu melakukan hal ini secara terus-menerus:

  • Melakukan proses cuci dengan baik dan tidak diburu dengan waktu. Meski pesanan banyak, kualitas layanan tetap harus dijaga.
  • Selalu minta umpan balik dari customer untuk meningkatkan kualitas dari layanan.
  • Buat media sosial dan website untuk menguatkan promosi secara online.

Manfaat Layanan Jasa Cuci Sofa


Sudah menjadi rahasia umum kalau salah satu bagian dari rumah yang jarang dicuci adalah sofa. Padahal bagian itu sering sekali dipakai untuk tiduran dan melakukan aktivitas lainnya. Nah, untuk mengatasi hal itu, layanan cuci sofa bisa digunakan. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan.

1. Proses Cuci dan Kering Cepat

Manfaat pertama yang bisa didapatkan kalau Anda melakukan proses cuci sofa adalah kecepatan proses. Sofa benar-benar akan dicuci dengan cairan. Selanjutnya akan ada alat untuk menghilangkan semua noda dan menyerap semua busa hingga bersih. 

Proses selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengeringkannya dengan menggunakan mesin vakum. Proses ini biasanya tidak memakan waktu lama. Sekitar 2 jam sudah selesai semuanya. Coba bayangkan kalau Anda mencuci sendiri, pasti tidak akan secepat ini.

2. Mengembalikan Warna Asli Sofa

Sofa yang sering digunakan biasanya akan mengalami buluk karena mengandung banyak debu dan kotoran. Efeknya, warna asli dari sofa seperti pudar dan tidak memiliki nilai estetik lagi. Padahal waktu pakai sofa masih beberapa bulan atau 1-2 tahun saja.

Saat menggunakan jasa mencuci sofa, warna dari sofa akan kembali seperti semula. Cairan yang digunakan untuk mencuci sofa umumnya mampu menghilangkan semua kotoran dan membuat warna aslinya keluar. Jadi, pasca proses mencuci, sofa yang Anda miliki terlihat seperti baru.

3. Sofa Jadi Lebih Steril

Karena tidak setiap hari dibersihkan atau dicuci, sofa akan mudah mengalami kotor dan di dalamnya terdapat cukup banyak bakteri. Setelah dicuci, mikroba berbahaya yang menempel bisa dibersihkan sehingga sofa menjadi lebih steril sehingga aman digunakan kembali.

4. Memakai Bahan yang Aman

Bahan yang digunakan untuk mencuci sama halnya dengan detergen yang dipakai untuk mencuci baju. Anda tidak perlu khawatir kalau bahan kimia yang digunakan akan berbahaya untuk tubuh khususnya anak-anak yang bermain di atasnya. Semuanya aman dan setelah dicuci pun bisa langsung digunakan.

Saat dicuci sampai bersih hingga dikeringkan, sebagian besar cairan pencuci akan ikut terangkat. Apalagi menggunakan mesin vacum yang sangat kuat. Semua konten cairan yang tersisa akan hilang dan sofa menjadi kering.

Jasa cuci sofa memberikan peluang yang besar kalau dilakukan dengan baik dan benar. Bukan tidak mungkin Anda menjalin kerja sama dengan hotel atau layanan jasa lain yang memiliki banyak sofa dan butuh perawatan secara berkala. Jadi, tidak hanya konsumen rumahan saja.

Dalam menjalankan bisnis jenis apa pun termasuk jasa mencuci sofa, ada baiknya untuk tetap mempertahankan kualitas. Selama hal ini bisa dilakukan ditambah layanan ke konsumen sempurna, pasti banyak yang akan melakukan repeat order. Selain itu, pelanggan juga bisa melakukan promosi ke teman-temannya. Cara ini sangat ampuh mendatangkan pelanggan baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here