Home Peluang Bisnis Mau Memulai Usaha? Kenali Ciri – Ciri Peluang Bisnis yang Baik

Mau Memulai Usaha? Kenali Ciri – Ciri Peluang Bisnis yang Baik

0

Ciri – ciri peluang bisnis yang baik itu apa saja? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mengira – ngira bukanlah tindakan yang tepat. Ciri – ciri di dalam artikel berikut ini, didapatkan dari metode yang sudah lama digunakan oleh para pebisnis yang masih relevan hingga saat ini, yaitu metode SWOT. Berikut adalah rincian ciri – cirinya:

Ciri-Ciri Peluang Bisnis yang Baik

1. Memiliki Market yang Besar dan Luas

Saat menentukan ingin memulai bisnis barang atau jasa apapun, hal pertama adalah melihat apabila barang atau jasa yang ditawarkan memiliki market atau pasar yang besar dan luas. Hal ini karena jika tidak ada pembeli, maka keuntungan tidak bisa didapat. Akhirnya modal yang digunakan akan mengendap, bahkan bisa juga rusak atau kadaluarsa. Sesuaikan keunikan produk dengan target pasar yang ada di masyarakat.

2. Memiliki Nilai Jual yang Tinggi

Nilai jual, bisa disamakan dengan keunikan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda harus menyesuaikan keunikan dengan target pasar. Hal ini berarti, apakah barang atau jasa yang ditawarkan memiliki keunikan atau keunggulan dari kompetitor yang sejenis. Tak hanya keunggulan barang atau jasa yang dijual, nilai jual yang tinggi juga bisa datang dari cara pemasarannya.

3. Produk Mampu Bertahan Lama

Dalam berbisnis, menganalisa produk yang ingin dijual adalah suatu keharusan. Berapa lama produknya mampu bertahan di gudang? Apakah perlu diletakkan di lemari pendingin? Adakah perlakuan khusus yang harus dilakukan pelanggan saat sudah membelinya? Dan masih banyak lagi. Namun, yang paling penting adalah ketahanan produk, karena mungkin saja memerlukan banyak waktu sebelum stok barang tersebut dapat terjual habis di pasar.

4. Produk yang Berkualitas

Selain tingkat ketahanan produk, kualitas juga tidak kalah pentingnya. Kualitas produk akan menjadi pertimbangan bagi para konsumen untuk kembali ke bisnis yang Anda jalankan. Jika Anda berposisi sebagai pelanggan, tentunya ingin produk yang berkualitas bukan?

5. Bukan Usaha Musiman

Saat ini, tidak jarang muncul sebuah tren dalam bisnis bukan? Jangan mudah terpancing untuk ikut – ikutan, karena bisa saja usaha tersebut hanya ramai pada suatu musim saja. Maka dari itu, disarankan untuk memulai usaha yang bisa berkelanjutan dan bertahan dalam musim apapun. Tidak hanya tren, hal ini juga berlaku untuk bahan baku yang didapat dari supplier, jika hal tersebut musiman, tentunya bisnis Anda akan terpengaruh.

6. Value Bisnis Bisa Ditingkatkan

Ciri – ciri peluang bisnis yang baik selanjutnya adalah bisnis yang bisa ditingkatkan atau berkembang dari waktu ke waktu. Benar, tidak semua bisnis harus dimulai dari skala besar, Anda bisa memulainya dari bisnis rumahan yang dikemudian hari bisa menjadi bisnis yang menggunakan toko. Bahkan, bisa juga nantinya akan berkembang dengan membuka cabang toko baru.

7. Mampu Beradaptasi dalam Kondisi Tidak Terduga

Dalam berbisnis, Anda tidak bisa mengatur kondisi yang akan terjadi. Oleh karena itu, memiliki bisnis yang mampu bertahan dalam kondisi yang tidak terduga sekalipun merupakan suatu keunikan tersendiri. Jika ternyata setelah dianalisa terdapat kelemahan, Anda bisa membuat suatu rencana untuk mengantisipasi kondisi buruk tersebut. Contohnya, saat dunia terkena pandemi, apakah bisnis akan tetap jalan? Bisakah pelanggan membeli produk/jasa Anda tanpa harus keluar rumah? Tak hanya menganalisa, mencari solusi dan mampu beradaptasi adalah kemampuan yang penting untuk seorang pelaku bisnis.

8. Tidak Menghabiskan Modal

Setiap bisnis pastinya memerlukan modal yang tidak sedikit. Tapi, bukan berarti Anda harus menguras seluruh modal yang Anda punya. Hal tersebut hanya akan menjadi sebuah masalah saat Anda memerlukan dana darurat untuk menyelamatkan bisnis. Penggunaan Modal yang efektif  seharusnya mampu menghasilkan keuntungan, apabila mengalami kerugian, Anda harus menganalisa kembali strategi bisnis Anda dan lakukan evaluasi sistem atau penjualan jika diperlukan.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis dengan Modal Rp 1 Juta, Berani Coba?

Memulai Bisnis, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Setelah menentukan ingin memulai bisnis apa berdasarkan ciri – ciri di atas. Anda bisa memulai untuk menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis apa yang ingin dimulai. Meskipun setiap bisnis memiliki keperluan yang berbeda – beda, terdapat beberapa keperluan yang umum.

Keperluan seperti modal, supplier bahan baku, tempat adalah hal dasar yang harus dipenuhi. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah izin usaha. Ada NIB (Nomor Induk Berusaha), SITU (Surat Izin Tempat Usaha), SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan sebagainya. Tentu tidak harus memiliki semuanya, sesuai dengan kebutuhan bisnis masing – masing. Untuk bisnis makanan, produknya harus terdaftar PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) untuk skala kecil, dan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) untuk skala besar.

Kesimpulan ciri–ciri Peluang Bisnis yang Baik

Itulah ciri – ciri peluang bisnis yang baik yang bisa membantu Anda dalam menentukan ingin bergerak di bisnis bidang apa. Memang, proses untuk menentukan memerlukan perencanaan yang panjang, agar cocok di hati dan juga cocok di target pasar. Setelah proses tersebut, barulah tantangan yang sebenarnya akan Anda hadapi, mulai dari mencari supplier terpercaya, menentukan lokasi usaha, hingga mengurus izin bisnis beserta produknya. Pelaku bisnis yang hebat adalah yang tahan banting dan pantang menyerah demi mendapatkan keuntungan. Selain itu, buatlah pelayanan dan kesan yang baik terhadap para pelanggan. Dengan demikian, besar kemungkinan Anda akan memperoleh pelanggan tetap, bahkan bisa saja direkomendasikan oleh pelanggan tersebut kepada masyarakat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version