Pernah mendengar istilah make up artist? Sederhananya, mereka adalah tukang rias yang selama ini sering bekerja di salon kecantikan atau dipanggil untuk event tertentu. Seorang makeup artist akan membuat seseorang khususnya wanita tampak lebih memikat sesuai dengan pakaian dan tema.

Nah, kira-kira bagaimana profesi makeup artist ini di masa depan? Apakah masih akan laku dan dicari oleh banyak orang? Jawabannya adalah tetap ada dan cukup menjanjikan. Bahkan, di luar negeri banyak sekali MUA yang justru berubah jadi artis dan memiliki bisnis kosmetiknya sendiri.

Apa Itu Make Up Artist?

Makeup artist adalah pekerjaan yang menggunakan tubuh manusia khususnya wajah untuk membuat sebuah riasan. Karena apa yang dilakukan ini termasuk seni, banyak yang mengatakan kalau seorang MUA adalah seniman yang menekuni bidang lukis atau polesan di wajah dan bagian tubuh lainnya.

Makeup yang diaplikasikan ke wajah diaplikasikan ke banyak hal mulai dari acara harian, acara khusus, teater, film, fashion, majalah, hingga ke proyek seni lainnya. Intinya, tidak ada batasan penggunaan make up dan tidak semua makeup dipakai untuk membuat seseorang tampak cantik.

Setiap MUA memiliki ciri khas tersendiri pada riasannya. Meski demikian, mereka umumnya bisa melakukan riasan apa pun sesuai dengan kebutuhan. Misal riasan tradisional seperti pengantin sampai ke modern dan riasan dengan efek 3D yang dipakai di film. 

Alasan Make Up Artist Menjanjikan

MUA menjanjikan

Meski memiliki peluang karier yang cukup baik, beberapa orang menganggap kalau pekerjaan ini sulit ditekuni, apalagi yang melakukannya pria. Padahal, sebagian besar profesi MUA ibu kota adalah pria dengan kemampuan yang hebat. Sebelum Anda tambah pesimis, simak alasan kenapa MUA itu menjanjikan.

1. Orang yang Menguasainya Terbatas

Alasan pertama mengapa pekerjaan makeup artist cukup menjanjikan adalah tidak semua orang bisa melakukannya. Meski sebagian besar wanita bisa mengaplikasikan makeup ke wajahnya, skill yang dimiliki akan standar saja. Berbeda kalau yang meriasnya seorang MUA.

Meski hanya beberapa orang saja, bukan berarti tidak bisa dipelajari. Kemampuan MUA umumnya diperoleh setelah melakukan pekerjaan selama bertahun-tahun dan sering latihan. Jangan lupa untuk belajar dari MUA terkenal dan mengikuti kursus kalau ada dana besar.

2. Bisa Menciptakan Penghasilan Besar

Merias seperti terlihat mudah karena cukup mengaplikasikan kosmetik ke wajah. Namun, kalau diamati dengan baik-baik, proses ini cukup panjang dan lama. Tidak mengherankan kalau satu sesi rias saja bisa ratusan ribu. Belum lagi kalau kliennya adalah artis, bisa jutaan rupiah.

Memang untuk mendapatkan penghasilan yang besar, usaha yang tanpa lelah harus dilakukan. Anda juga harus memulainya dari bawah sampai mendapatkan cukup banyak link untuk kerja sama dan membangun personal branding yang tepat.

3. Sering Diajak Kerja Sama

Setelah Anda memiliki nama baik dan dikenal oleh banyak orang, khususnya kalangan orang terkenal, peluang kerja sama akan besar. Kita ambil contoh saja MUA kenamaan Indonesia bernama Bubah Alfian. Dia kini jadi langganan artis dengan penghasilan jutaan rupiah sekali sesi.

Bubah juga merupakan MUA yang dikontrak secara eksklusif oleh stasiun TV di Indonesia dan brand kosmetik terbesar Indonesia. Dia membuktikan kalau MUA juga bisa jadi orang hebat kalau dijalankan dengan profesional.

4. Dunia Fashion dan Hiburan yang Berkembang

Terakhir, perkembangan dunia fashion dan hiburan di Indonesia sedang berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Itulah kenapa kebutuhan akan MUA pasti tinggi karena banyak artis yang butuh dipoles wajahnya.

Tugas Seorang MUA

Tugas MUA

Tugas seorang make up artist ada banyak dan ternyata cukup rumit. Apalagi sudah bekerja sama dengan brand dan orang penting. Secara umum tugas dari MUA terdiri dari:

  • Berdiskusi dengan banyak pihak terkait dengan style makeup yang dipakai. Umumnya akan disesuaikan dengan pakaian, wajah dari artis, sampai ke style dari perusahaan.
  • Memberikan atau mencari contoh dari makeup yang akan diaplikasi ke wajah artis. Biasanya makeup butuh persetujuan banyak pihak baru diaplikasikan.
  • Memberikan konsistensi dalam mengubah wajah artis agar sesuai dengan harapan. Dia harus tahu bagaimana mengaplikasikan banyak komponen kosmetik ke wajah.
  • Mempertimbangkan masalah pencahayaan saat mengambil foto sampai ke urusan keringat dan hal-hal lain yang bisa merusak riasan yang sudah dibuat.
  • Memastikan keamanan produk yang diaplikasikan ke wajah dari artis, Karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda.
  • Berusaha mengatur waktu agar tahu kapan mulai rias dan kapan akan selesai. Jangan sampai acara sudah akan mulai, proses riasan masih belum selesai.

Tips Sukses Menjadi MUA

Semua orang yang baru saja berkarier di bidang makeup artist ingin segera sukses dan mendapatkan banyak penghasilan. Namun, hal itu tidak akan mudah untuk dijalani. Coba lakukan beberapa tips di bawah ini kalau ingin kariernya terus menanjak.

1. Mengikuti Kursus Makeup

Pada dasarnya, skill makeup bisa didapatkan dengan belajar sendiri atau mengikuti kursus. Kalau Anda ingin memiliki kemampuan yang bagus, jangan hanya mengandalkan tutorial di Youtube saja. Belajarlah dari ahlinya agar tahu apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Kalau kelas kursus kecantikannya cukup mahal, menabunglah. Percayalah kalau kursus seperti ini bisa jadi investasi yang besar di masa depan. Apalagi Anda bisa bertanya langsung ke ahlinya.

2. Rajin Berlatih dan Membuat Portofolio

Rutin lakukan latihan makeup untuk terus mengasah kemampuan. Jangan hanya melakukan makeup kalau ada pekerjaan. Paling tidak dalam sehari ada waktu untuk latihan. Anda bisa menggunakan wajah orang terdekat, model, atau siapa pun.

Gunakan latihan ini sebagai portofolio. Anda bisa membuat foto atau membuat videonya untuk keperluan promosi.

Baca juga: Ketahui Cara Membuat Video Animasi untuk Promosi Produk

3. Bangun Branding di Medsos

Bangun personal branding yang baik di medsos seperti Instagram. Pajang foto hasil pekerjaan yang sudah dilakukan. Kalau hasilnya baik, orang yang melihat akan tertarik dan akhirnya mencoba layanan MUA yang sedang dikembangkan.

4. Memiliki Ciri Khas

Pastikan memiliki ciri khas sendiri dalam riasan. Meski Anda akan melakukan makeup sesuai dengan permintaan, ciri khas akan membuat orang lain mudah mengenali.

5. Berusaha Mendapatkan Klien yang Tepat

Usahakan untuk mendapatkan klien yang tepat, misal artis, orang penting, atau stasiun TV. Selama Anda memiliki skill mumpuni serta terlihat stand out dari yang lain, kerja sama bisa saja terjadi.

Setelah membahas tentang peluang dan tips menjadi seorang make up artist, Anda jadi lebih paham potensi dari pekerjaan ini. Semua orang bisa menjadi seorang MUA tanpa ada batasan jenis kelamin dan usia. Selama mampu memberikan yang terbaik, MUA akan terus diburu oleh banyak orang.

Pekerjaan MUA tidak hanya berhubungan dengan pengantin atau hajatan saja. Beberapa MUA yang punya portofolio bagus sampai dikontrak oleh stasiun TV, artis, organisasi tertentu, hingga menjadi influencer. Jadi, tidak ada salahnya untuk memiliki skill ini dan terus mengasahnya.

Baca juga: Bikin Puas Klienmu Dengan 7 Cara Presentasi Yang Baik Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here