Sifat kepemimpinan adalah skill yang harus dimiliki oleh semua orang. Meski tidak semua orang akan memiliki perusahaan dan memiliki banyak karyawan, mereka juga masih punya keluarga. Selain itu, Anda juga bisa menjadi pemimpin dari usaha kecil seperti UKM yang sedang dibangun.

Adanya sifat kepemimpinan akan membuat apa saja termasuk bisnis bisa berjalan dengan lancar. Semua akan sesuai dengan porsi yang sudah ditetapkan. Pemimpin yang baik juga akan membuat kemajuan dan inovasi dari usaha yang dijalankan karena mereka mau mendengar dan terus belajar.

Apa Itu Kepemimpinan ?

Kepemimpinan

Makna dari kata pemimpin sebenarnya agak kabur dan bisa dimaknai ganda. Oleh beberapa orang, pemimpin dianggap sebagai penguasa yang boleh melakukan apa pun sesuka hatinya. Konotasi negatif ini membuat pemimpin jadi orang yang tidak disukai oleh banyak orang di sekitarnya.

Padahal arti sebenarnya dari pemimpin tidak seperti itu. Seorang pemimpin yang baik akan mampu memberikan arahan, membina, mengatur, dan melakukan apa pun untuk kemajuan usahanya. Dia juga akan memikirkan kesejahteraan orang yang ikut bergabung dengannya.

Pemimpin bukan hanya berhubungan dengan posisi format seseorang dalam suatu usaha atau organisasi saja. Pemimpin juga harus ada di dalam diri seseorang meski dia bukan orang dengan tanggung jawab besar. Untuk itu, jiwa kepemimpinan harus ada sejak dini agar bisa dipakai saat waktunya tiba.

Pentingnya Kepemimpinan Sejak Dini

Pemimpin dapat membimbing bawahannya

Kepemimpinan yang baik harus ditumbuhkan sejak dini. Mengapa? Karena tidak semua orang bisa jadi pemimpin meski berada di posisi itu. Tidak sedikit pemimpin yang melakukan hal-hal tidak pantas dan membuat bawahannya mengalami kesulitan dan juga merusak perusahaan.

Beberapa kasus yang memperlihatkan pentingnya kepemimpinan sejak dini ada di sekitar kita, misal tentang pemimpin yang korupsi dan menyebabkan banyak kerugian. Seharusnya, mereka sebagai panutan harus memberikan contoh yang baik agar tidak tersandung berbagai masalah.

Pemimpin tidak hanya sebuah jabatan yang membuat seseorang merasa superior saja. Justru menjadi seorang pemimpin akan membuat Anda harus mengemban rasa tanggung jawab yang besar. Jadi, tidak bisa semena-mena dalam menerapkan kebijakan, apalagi yang bisa menyebabkan kerugian banyak orang.

Seseorang dengan jiwa kepemimpinan harus mampu mengayomi siapa saja yang ada di bawahnya. Bahkan, tidak sedikit pemimpin yang mau berkorban untuk bawahannya agar bisa berkembang dan meningkatkan kinerja dari tim secara menyeluruh.

Dengan menanamkan semua sifat yang baik pada diri sendiri sejak sini, seorang pemimpin akan memiliki sifat atau attitude yang disukai oleh banyak orang. Sifat tegas itu wajib dan harus ada. Namun, tidak terkesan otoriter dan membuat bawahannya merasa tertekan.

Kalau memiliki sifat seperti mau mendengarkan akan lebih baik lagi. Jadi, dia tahu apa yang terjadi pada timnya. Kalau semua permasalahan bisa diselesaikan, risiko terjadi masalah yang merugikan banyak pihak akan minim. Tim akan berjalan seperti yang diinginkan.

Sifat Kepemimpinan Yang Harus Dimiliki Wirausaha

Sifat yang wajib dimiliki sang pemimpin

Apabila Anda menjadi seorang wirausaha, sifat pemimpin harus ada dan ditanamkan baik-baik. Nah, apa saja sifat kepemimpinan yang harus dimiliki, simak ulasan berikut:

1. Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang dimiliki oleh seseorang harus baik agar tidak menimbulkan salah paham antara dirinya dan anggota tim yang dipimpin. Dia harus bisa mendengarkan apa yang disampaikan dan memahaminya. Selanjutnya, dia juga harus bisa menyampaikan apa saja tanpa membuat seseorang merasa terpaksa.

2. Memiliki Sifat Jujur

Seseorang harus memiliki sifat jujur kalau ingin menjadi pemimpin yang baik. Sifat jujur ini tidak harus dilakukan pada semua hal. Misal, hal-hal yang sifatnya rahasia perusahaan tidak perlu dibicarakan blak-blakan.

Sifat jujur ini bisa ditemukan saat mengelola keuangan, misal tidak melakukan korupsi atau sejenisnya. Dia juga memberikan pekerjaan sesuai dengan porsi masing-masing dan tidak menguntungkan dirinya sendiri.

3. Bertanggung Jawab

Anda harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Apa saja yang dilakukan oleh bawahan adalah tanggung jawabnya. Karena, dia harus mengawasi apa saja yang dilakukan serta memberikan arahan yang tepat agar tidak terjadi kesalahan besar yang merugikan perusahaan.

Rasa tanggung jawab ini harus benar-benar dimiliki agar Anda tidak mudah lempar kesalahan. Sementara itu, kalau ada hal baik diakui sendiri. Bekerja sebagai tim, segala hal baik dan buruk harus ditanggung bersama.

4. Bisa Bersikap Adil

Sifat adil harus dimiliki oleh pemimpin tanpa membedakan dan ada sentimen tertentu. Misal mudah marah dengan salah satu anggota atau mudah memberikan reward. Buat semuanya adil agar semua orang merasa sama dan tidak dibeda-bedakan.

5. Membangun Tim yang Ideal

Buat tim yang ideal dan berisikan siapa saja yang memiliki visi dan misi yang sama. Jangan asal memilih tim meski mereka memiliki kemampuan yang baik. Lebih baik berkembang bersama-sama dari bawah dan tetap memiliki keinginan yang sama meski sesekali ada perbedaan.

6. Punya Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri juga penting untuk membuat kepemimpinan yang dilakukan berjalan dengan baik. Kalau tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi, Anda akan sulit dihormati dan apa saja yang dijalankan selalu dipenuhi rasa ragu-ragu.

7. Kreatif dan Inovatif

Kunci menjadi seorang leader yang hebat adalah memiliki sifat kreatif yang juga besar. Sifat ini akan membuat tim terus berinovasi menciptakan sesuatu yang baru. Apalagi, tim suka berdiskusi dan kerap melakukan brainstorming.

Sifat kreatif dan inovatif akan membuat tim berjalan dengan baik. Apalagi, bisnis yang dijalankan ada banyak kompetitornya. Inovasi dibutuhkan agar selalu maju.

Baca juga: 7 Peluang Usaha UKM Kreatif yang Belum Banyak Pesaing

8. Bisa Membaca Situasi

Pemimpin yang baik bisa membaca situasi yang sedang terjadi. Entah itu situasi sedang baik atau buruk. Dengan membaca situasi, dia tidak akan melakukan hal-hal yang merugikan tim apalagi perusahaan.

9. Tidak Terlalu Kaku

Jangan terlalu kaku dan format dengan bawahan atau tim yang sedang dipimpin. Namun, jangan terlalu santai dan membuat bawahan tidak memiliki rasa hormat. Bersikap sesuatu dengan tempat dan situasi akan lebih baik, apalagi Anda punya sedikit rasa humor untuk keperluan ice breaking.

10. Bisa Mengatur Waktu

Sebisa mungkin untuk mengatur manajemen waktu dengan baik. Kalau pengaturan waktu tidak bisa dijalankan, Anda akan sulit memaksimalkan apa saja yang ada. Pekerjaan bisa saja berantakan dan akhirnya semua tim akan menanggung akibatnya.

Sifat kepemimpinan harus dimiliki oleh semua orang apa pun statusnya sekarang. Meski belum bekerja sebagai seorang pemimpin, setidaknya Anda masih bisa menjadi seorang pemimpin yang baik untuk diri sendiri dan keluarga. Kalau suatu saat mendapatkan kesempatan jadi pemimpin, pekerjaan itu tidak akan sulit dilakukan.

Untuk mencapai faktor keberhasilan wirausaha, menumbuhkan sifat kepemimpinan tidak mudah dan instan. Semua harus dimulai sejak dini seperti saat anak-anak atau remaja. Kalau sudah terlanjur dewasa dan bekerja, biasanya akan ada semacam training. Itulah kenapa banyak perusahaan memberikan training kepemimpinan atau melakukan program gathering.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here