Ingin tahu cara bikin website tanpa harus belajar coding yang ribet? Anda sudah berada di tempat yang tepat. Di sini, Anda akan mempelajari cara cepat membuat website untuk kebutuhan memperkenalkan dan memasarkan bisnis.

Jika mengikuti cara cepat ini, Anda hanya membutuhkan beberapa langkah berikut: (1) menentukan jenis website, (2) menentukan platform yang sesuai, (3) memilih hosting dan nama domain, (4) menginstall web dan menyesuaikan tampilan untuk kebutuhan bisnis, (5) dan melakukan optimasi pengaturan website.

Baca juga: Meningkatkan Penjualan dengan Desain UI UX Mumpuni

Menentukan Jenis Website


Jenis website ditentukan berdasarkan tampilannya. Pasti Anda sering menemukan berbagai website dengan berbagai tampilan. Setiap tampilan memiliki fungsi untuk mengoptimalkan tujuan yang ingin dicapai.

Bagi Anda yang bergelut di dunia bisnis UKM, Anda bisa memilih jenis situs web untuk toko online. Situs ini biasa digunakan untuk menjual barang atau jasa. Selain bisa mengenal barang atau jasa yang Anda pasarkan, melalui situs ini juga, orang-orang yang membuka situs bisa langsung melakukan pemesanan atau meninggalkan pertanyaan.

Menentukan Platform

Agar lebih mudah dalam membangunnya, gunakan saja platform yang tersedia. Hingga saat ini, platform yang paling banyak digunakan oleh pelaku bisnis UKM adalah WordPress. Platform ini menyediakan berbagai tampilan gratis maupun berbayar. Tentunya, jumlah tampilan berbayar lebih banyak daripada pilihan gratis. Selain itu, pilihan berbayar juga memberikan lebih banyak tampilan profesional.

Memilih Hosting dan Nama Domain


Hosting adalah tempat Anda meletakkan file website. Pastikan Anda memilih hosting sesuai bujet dan kebutuhan. Setelah itu, tentukan nama domain yang sesuai dengan usaha dan merek produk atau jasa Anda.

Memilih Hosting

Ada tiga jenis hosting yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

1. Shared Hosting

Jika Anda butuh hosting yang terjangkau dan paling mudah digunakan, pilih saja shared hosting. Berkat kelebihannya, ia menjadi hosting paling populer di antara hosting lainnya.

Kelebihan lain yang bisa Anda nikmati, termasuk:

  1. Kemudahan instalasi
  2. Performa baik berkat teknologi server web terbaru
  3. Gratis SSL dan domain
  4. Bandwidth tak terbatas asal digunakan secara wajar

2. VPS Hosting

Bagi Anda yang mampu mengkonfigurasi server, VPS hosting bisa menjadi pilihan tepat. Hosting ini mampu menampung trafik lebih banyak daripada shared hosting. Dengan begitu, akan lebih banyak pengunjung yang bisa mengunjungi situs web Anda dengan kecepatan penuh.

Kelebihan lain yang diberikan adalah:

  1. Performa optimal
  2. Reputasi online usaha jadi lebih baik berkat adanya IP khusus
  3. Bisa mengelola situs web dengan lebih leluasa
  4. Melakukan backup lebih mudah karena hanya sekali klik

3. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah perpaduan antara shared hosting dan VPS hosting. Ia memberikan kemudahan pengelolaan sekaligus kapasitas trafik yang besar. Selain kelebihan tersebut, Anda juga bisa mendapatkan:

  1. Kemudahan mengelola trafik tinggi
  2. Memiliki sumber daya besar dan minim gangguan
  3. Mudah dikelola karena hosting ini memberikan kebebasan memilih platform serta memudahkan instalasi
  4. Memberikan perlindungan dari malware dan koneksi terenkripsi

Memilih Nama Domain

Domain berfungsi sebagai alamat situs yang digunakan orang-orang untuk mengunjungi situs Anda. Domain biasanya diakhiri dengan .com. Namun, Anda juga bisa memilih domain, seperti .co.id, .net, .site, .website, dan sebagainya.

Agar situs lebih mudah ditemukan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ketika akan menentukan nama domain.

  1. Menggunakan kata-kata yang mudah diingat dan dieja
  2. Menghindari angka dan tanda hubung
  3. Pastikan nama domain belum digunakan oleh orang lain
  4. Menyesuaikan nama domain dengan bisnis Anda
  5. Berpatok pada kata-kata yang singkat, padat, dan jelas
  6. Sesuaikan dengan domisi target konsumen Anda

Cara Bikin Website


Cara bikin website selanjutnya tentunya adalah menginstal fail yang disediakan oleh platform pilihan Anda. Berikut adalah cara menginstal WordPress secara manual.

  1. Login ke panel menggunakan tautan yang telah dikirimkan platform ke email Anda, contoh http://namadomain/cpanel
  2. Pada tap SOFTACULOUS APPS INSTALLER, klik WordPress
  3. Muncul layar baru, klik “Install Now”
  4. Pilih domain pada kolom Choose Domain
  5. Masukkan nama situs Anda pada kolom “Site Name” dan masukkan pula deskripsi situs pada kolom “Site Description”
  6. Masukkan username dan password pada kolom masing-masing dan selesai

Optimasi Pengaturan Situs


Setelah situs berhasil dibuat, Anda perlu melakukan optimasi sesuai kebutuhan mengingat pengaturan situs awal masih mendasar. Ikuti cara berikut untuk melakukan optimasi.

1. Memilih Tema

Setelah masuk ke www.namadomain.com/wp-admin menggunakan username dan password, layar dashboard akan terbuka. Pilih tema yang sesuai dengan klik Appearance – Themes – Add New. Dari seluruh tema, pilih yang sesuai, kemudian klik Install. Jika Anda telah memiliki tema dari layanan berbeda, klik “Upload Theme”.

2. Membuat Sitemap

Sitemap adalah daftar halaman situs yang berfungsi menunjukkan seluruh halaman yang bisa diakses di situs tersebut. Untuk membuatnya, Anda bisa memanfaatkan Sitemap XML atau Yoast SEO.

3. Mengubah Permalink

Permalink yang dihasilkan situs biasanya cukup panjang, sedangkan mesin peramban Google menyukai permalink yang mengandung judul atau keyword. Selain itu, makin pendek permalink, makin baik performa yang dihasilkan. Lakukan penyetelannya melalui menu Settings – Permalinks. Setelah diatur, pilih “Post name” lalu klik “Save Changes”.

4. Menginstal Plugin SEO

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. SEO merupakan sebuah usaha dan tindakan dalam digital marketing yang memungkinkan situs Anda muncul di halaman pertama Google maupun mesin peramban lainnya.

Agar mudah memasang SEO, Anda bisa memasang Yoast SEO. Plugin ini membantu dalam mengatur seluruh hal yang bisa membantu situs Anda, seperti judul, meta deskripsi, kata kunci dan peletakannya, jumlah kata, dan tingkah kesulitan kata. Ia juga membantu Anda mengatur SEO untuk internal dan eksternal link serta mengatur nama untuk gambar yang disematkan.

5. Mengatur Keamanan Situs

Anda perlu mengatur keamanan situs agar terlindungi dari serangan virus, malware, hacker, dan serangan lainnya. Salah satu caranya adalah menggunakan password yang rumit, mengubah URL login, menginstal plugin keamanan, dan mengamankan database dan fail.

6. Menginstal Plugin Backup

Sangat penting bagi Anda untuk melakukan backup agar tidak menyesal di kemudian hari. Kehilangan seluruh data dari situs yang telah Anda bangun dengan susah payah akan sangat menyakitkan. Agar proses backup lebih mudah, Anda bisa memasang plugin backup.

7. Menginstal Google Analytics

Setelah seluruh alat tempur SEO Anda telah terpasang sempurna, saatnya Anda menginstal Google Analytics untuk memaksimalkan trafik situs. Google Analytics dapat memberikan hasil analisis kunjungan pengguna ke situs Anda.

Dengan alat ini, Anda bisa mengetahui berapa lama pengunjung membaca artikel Anda, mana artikel situs Anda yang paling disukai pengunjung, dan apa saja yang mereka cari. Anda bisa menggunakan hasil analisis tersebut untuk membuat konten sesuai kebutuhan pengunjung.

Itulah segala hal yang perlu Anda ketahui tentang cara bikin website. Setelah mengikuti seluruh langkah tersebut tanpa terkecuali, website Anda dijamin memiliki performa yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here