Tahukah Anda bahwa salah satu makanan terlezat di dunia bisa ditemui di restoran Padang? Tak salah lagi, olahan daging rendang memang menjadi favorit semua orang. Tidak ada yang bisa menolak legitnya makanan satu ini, apalagi ditemani pelengkap masakan Padang lain yang tersaji di atas meja. Dijamin Anda pasti kalap dan akan memesan banyak.

Nah, mengingat masakan Padang merupakan salah satu hidangan populer di Indonesia, mengapa tidak coba buka bisnis rumah makan Padang? Sudah banyak contoh sukses yang bisa Anda ikuti dan bahkan sampai buka cabang di luar negeri. Kami akan bagikan kisah-kisah mereka di bawah ini sebagai referensi. Jangan lupa pula ikuti tips yang ada di akhir artikel, ya! 

Baca juga: Ide Jualan Makanan Ringan yang Laris Manis dan Menjanjikan

1. Pagi Sore


Pada tahun 1973, Usmar dan H. Sabirin mulai merintis rumah makan Padang Pagi Sore di sebuah sudut kecil kota Palembang. Tak berapa lama, mereka mulai membuka cabang di sekitar Palembang. Berkat ketekunannya, restoran mereka akhirnya terkenal dengan racikan rendangnya yang penuh rempah dan super lezat. Tak heran mereka berani mengusung jargon “Jagonya Rendang”.

Sekitar tahun 2006, anak H. Sabirin mulai membuka cabang pertama di Jakarta. Karena kelezatannya, masakan mereka banyak dicari dan berhasil membuka beberapa cabang lagi di Jakarta. Bahkan, mereka menjajal kompetisi di Singapura dan Tiongkok. Selain rendang, menu andalan mereka yang lain adalah ayam pop, ayam gulai, udang kupas, serta es kopyor.

2. Padang Merdeka


Restoran ini mengusung konsep rumah makan Padang modern. Dekorasi ruangan bergaya ala kafe kekinian dengan mural-mural bertema perjuangan di temboknya. Hal ini sesuai dengan nama “merdeka” yang dipakainya. Seragam pejuang zaman kuno yang dikenakan pramusaji pun makin menguatkan kesan tersebut.

Meski baru didirikan tahun 2017, restoran ini sudah banyak dicari orang karena keunikannya. Menu yang disajikan juga memiliki cita rasa khas dengan bumbu Padang yang lebih ringan sehingga bisa diterima semua kalangan. Menu andalannya adalah ayam pop, ayam goreng, dan rendang. Namun, menu lain juga tak kalah menarik untuk dicoba, seperti sayur singkong tumbuk, dendeng batokok, ayam nanas, hingga roti rendang. Hmm, sudah terbayang kelezatannya, bukan?

3. Bhinneka Padang Restaurant


Sesuai namanya, restoran ini ingin mengangkat citra masakan Padang supaya lebih go international. Dari luar saja, Anda akan disuguhi desain bangunan yang tampak megah seperti rumah Gadang khas Sumatra Barat. Desain interiornya sendiri berkonsep fine dining eksklusif. Tersedia pula ruang VIP untuk pertemuan khusus di tiap resto.

Restoran ini berdiri tahun 2014. Menu andalannya adalah rendang daging, soto Padang, gulai cumi dan gulai ikan mas. Tersedia total 50-an menu dan yang tak kalah laris, seperti kikil, ayam pop, ayam bakar, gulai ayam, dan terong ikan teri. Guna menyeimbangkan gizi, restoran ini juga menyediakan aneka minuman sehat seperti jus buah serta dessert yang menyegarkan. Hal unik lain adalah komitmen mereka menerapkan konsep eco friendly dalam pengolahan limbah restoran.

4. Sederhana


Siapa tak kenal restoran Padang yang satu ini? Berdiri tahun 1972, saat ini sudah ada lebih dari 150 cabang Restoran Sederhana di Indonesia dan Malaysia. Bahkan, persebaran restoran waralaba ini mencakup seluruh provinsi di Indonesia, kecuali Papua!

Pendirinya adalah seorang pria kelahiran Tanah Datar, Sumatra Barat, bernama H. Bustaman yang merantau ke Jakarta dan mempunyai ide mendirikan resto ini. Ia dulunya hidup susah dan bekerja serabutan. Namun, berkat ketekunan dan kerja kerasnya, kesuksesan akhirnya diraih bersama bisnis masakan Padangnya.

Menu andalan tentu saja daging rendang dan ayam pop. Meski sistem waralaba, Restoran Sederhana selalu menjaga kualitas rasa. Memang menu di restoran ini sudah disesuaikan dengan lidah warga lokal sehingga tidak sepedas masakan Minang yang asli. Namun, justru itulah yang membuatnya diminati selain karena harganya terjangkau.

5. Sari Ratu


Restoran ini merupakan salah satu rumah makan Padang legendaris di Jakarta. Berdiri sejak 32 tahun yang lalu, saat ini cabang Sari Ratu telah merambah Singapura dan Malaysia. Di Jakarta, kebanyakan gerainya berada di dalam mal. Tak heran harganya menjadi sedikit lebih mahal, tetapi dijamin lidah Anda akan terpuaskan.

Seluruh bahan yang dipakai memenuhi kualitas premium. Beberapa menu andalannya adalah rendang, ayam bakar, ayam pop, gulai tunjang, dendeng balado, hingga udang goreng jumbo spesial.

6. Restoran Garuda


Pendiri restoran ini berasal dari Kota Medan dan pertama kali mendirikan cabang di sana tahun 1976. Selanjutnya, ekspansi cabang mencapai Jakarta dan Singapura. Restoran Garuda bahkan sempat dinobatkan sebagai restoran terbaik ke-79 di Asia oleh Daily Meal pada tahun 2011. Tak heran, menu yang disajikan sudah melalui riset mendalam dan ditangani chef profesional. Menu andalan adalah ayam pop dengan bumbu melimpah yang meresap hingga ke sela-sela dagingnya. 

7. Marco by Chef Marco Lim


Sejak berdiri tahun 2008, restoran yang mengangkat menu khas Padang peranakan ini telah menarik perhatian karena menunya yang terasa begitu otentik. Marco Lim sang pendiri memang selalu melakukan riset serius untuk makanan yang disajikan. Semua bahan juga didatangkan langsung dari Sumatra.

Menu andalannya adalah rendang khas Marco dan sate Padang. Ada pula menu seperti pete kacamata dan martabak manis kelapa yang jarang ada di rumah makan padang lain. Dijamin Anda akan bisa mengobati kerinduan akan masakan Minang di sini. Lingkungan tempat makannya pun sangat nyaman karena biasanya berada di tengah mal dan pusat kota.

Tips Memulai Usaha Restoran Padang

Setelah mencermati tujuh kisah sukses di atas, ada beberapa benang merah yang bisa diambil sebagai pelajaran jika hendak membuka usaha rumah makan Padang. Berikut kami rangkumkan untuk Anda.

Punya Ciri Khas

Pikirkanlah sebuah inovasi yang akan menjadi ciri khas Anda dalam berbisnis. Ciri ini bisa dibuat dari menu, lokasi, konsep desain, ataupun pelayanan. Namun, hal yang perlu diingat, orang biasanya mencari rasa masakan Padang yang seperti aslinya. Jadi, sebaiknya Anda sudah tahu resep asli masakan Padang atau memiliki juru masak yang mumpuni. Barulah pilih satu atau dua menu andalan yang ditonjolkan sehingga membuat pelanggan ingin kembali lagi.

Utamakan Kepuasan Pelanggan

Usaha jasa seperti restoran tentu harus memikirkan segi kepuasan pelanggan. Selain dinilai dari pelayanan, kualitas masakannya sendiri juga perlu dijaga. Gunakan bahan yang berkualitas baik agar konsumen merasa puas. Jika sudah memiliki pelanggan tetap, jagalah konsistensi kualitas yang dimiliki—bahkan akan lebih baik jika terus meningkatkannya. Jangan sampai tergiur untuk mengurangi kuantitas bumbu sehingga akan mengubah rasa yang menyebabkan pelanggan kecewa.

Kerja Keras dan Pantang Menyerah

Dari tujuh kisah di atas, tidak ada kesuksesan yang diraih dalam semalam. Semua adalah buah ketekunan dan kerja keras. Sebelum memulai bisnis, Anda memang harus menyiapkan mental terlebih dahulu. Belajarlah kepada mentor yang lebih senior agar dapat berdiskusi saat ada masalah. Persaingan bisnis memang makin ketat. Namun, jika Anda pantang menyerah, kesuksesan bisa diraih sedikit demi sedikit.

Baca juga: Ingin Jadi Wirausaha Sukses? Wajib Punya Sifat & Perilaku Ini

Itulah tadi tips membuka usaha restoran Padang untuk Anda. Semoga bisa segera dipraktikkan, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here