Bisnis makanan unik di Indonesia seperti Warunk Upnormal merupakan investasi yang sangat menguntungkan. Pasalnya, masyarakat suka sekali dengan berbagai inovasi dari hal-hal yang awalnya biasa saja. Misal memasang mie instan yang umumnya identik dengan kantong kempes, kini bisa dibuat menjadi mewah.

Tidak mengherankan kalau usaha yang dibangun oleh Rex Marindo itu terus menggurita di seluruh Indonesia. Bahkan, hampir semua kota besar ada kedai makanan ini dan selalu penuh sesak. Nah, kira-kira bagaimana warung mie instan kekinian ini bisa sukses besar di luar sana? Simak kisahnya di bawah ini.

Kesuksesan Usaha Warung Mie dari Nol


Kedai makanan mie instan dan aneka roti serta kopi ini memang tidak akan laris begitu saja. Ada beberapa hal yang dilakukan oleh pemilik hingga cabangnya ada di setiap kota besar di Indonesia.

1. Melakukan Inovasi Produk yang Terus-menerus

Salah satu kunci sukses dari kedai makan mi instan ini adalah inovasi yang dilakukan, bahkan sejak awal pembukaan. Nah, inovasi yang dilakukan terdiri dari banyaknya berbagai jenis makanan olahan mie instan. Ada banyak jenis cara masak dan juga topping yang membuat orang jadi semakin penasaran.

Selain mie, ada juga olahan roti dan minuman lain seperti kopi yang tidak dibuat biasa. Intinya, di dalam kedai ini tidak ada menu standar seperti warung makan kebanyakan. Bahkan, mereka memberikan nama yang unik pada jenis makanan yang mereka jual.

Inovasi dan keunikan inilah yang menjadi magnet utama, selain rasa yang nikmat tentunya. Kalau asal membuat makanan yang unik tanpa memperhatikan rasa, orang hanya akan coba sekali saja. Setelah tahu rasanya tidak sesuai, dia tidak akan membelinya lagi.

2. Menggunakan Nama yang Menarik atau Unik

Nama dari brand yang diusung oleh Rex selalu menarik dan membuat orang jadi penasaran. Misal dengan memadukan elemen “warunk” dengan kata “upnormal”. Kalau orang lewat melihat dan tidak tahu sebelumnya pasti menebak-nebak, kira-kira mereka menjual makanan apa yang di dalam.

Rex ingin membuat warung yang awalnya dianggap biasa menjadi lebih baik. Intinya dia ingin warung sederhana berubah dan di atas normal baik dari segi desain sampai makanan. Itulah kenapa, dia menggunakan nama upnormal sebagai brand-nya.

3. Upgrade Ruangan agar Kekinian

Ruang makan yang ada di warung biasanya hanya berupa meja dan kursi standar saja. Selebihnya tidak ada hal menarik kecuali deretan cemilan berupa kerupuk dan botol-botol saus dan kecap. Rex tidak mau warung yang dia bangun jadi biasa dan tidak memberikan kesan kekinian di dalamnya.

Akhirnya dia merombak ruangan jadi terlihat menarik dan elegan. Warung makan mi yang dia bangun kini jadi seperti restoran yang berkelas. Meski menu yang disajikan memang mi instan yang sedikit dinaikkan levelnya, suasana makan yang nyaman harus tetap ada dan dijaga.

4. Melakukan Opening dengan Cara Unik

Berbeda dengan warung atau restoran lain yang membuka bisnis dengan cara memberikan bisnis besar-besaran. Rex membuka bisnis dengan melakukan sedekah. Dia menyediakan setidaknya 1000 porsi makanan yang biasanya dijual di sana pada calon pelanggan dengan bayaran tertentu.

Nah, bayaran yang diminta bukan uang seperti layaknya warung lain. Dia hanya meminta doa agar usahanya terus berjalan dengan baik. Apa yang dilakukan ini justru membuat usaha semakin maju dan dikenal banyak orang. Niat untuk sedekah berjalan dengan baik dan niat untuk melakukan branding unik juga berjalan mulus.

5. Melakukan Mekanisme Bootstrapping

Rex dan rekan mengumpulkan modal sendiri dari usaha yang dilakukannya. Dia tidak menggunakan dana dari investor atau orang lain. Dengan modal yang berasal dari internal, dia bisa dengan mudah mengembangkan usaha dan mendapatkan untung.

Jika keuntungan yang besar didapatkan, usaha baru segera dibuka. Dengan konsep bootstrapping ini, usaha bisa semakin menggurita. Bahkan, bisa dibuat usaha lain yang berbeda, tapi masih dalam satu naungan perusahaan.

6. Mencari Lokasi yang Strategis

Lokasi yang dipilih selalu strategis seperti di dekat keramaian seperti dekat dengan kampus, tempat kos, dan pertokoan. Lokasi ini biasanya sulit untuk didapatkan. Namun, Rex berusaha untuk melakukan negosiasi. Kalau pemilik tanah tidak mau menjual, dia terus berusaha untuk melakukan kerja sama yang menyenangkan.

7. Melakukan Promosi dengan Tepat

Hal terakhir yang dilakukan oleh Rex dan tim agar usahanya maju adalah melakukan promosi. Mereka melakukan promosi secara masif di sosial media dan juga bekerja sama dengan beberapa jasa pengirim makanan online. Promosi ini membuat banyak orang semakin mengenal warung mie kekinian, apalagi ada promosi menarik.

Kisah Sukses Rex Marindo


Apakah Rex Marindo langsung sukses dengan bisnis makanan dengan ratusan cabang aktif di seluruh Indonesia? Jawabannya adalah tidak. Bahkan, dia memulai bisnisnya di tahun 2003 bukan pada dunia makanan, tapi ke percetakan dan juga desain.

Selanjutnya pada tahun 2004, dia memulai bisnis branding produk dari kamar kos miliknya. Artinya, semua dimulai dari nol dan modal yang digunakan juga minim. Namun, Rex terus melakukan apa yang menurutnya menarik dan bisa memberikan cukup banyak faedah pada dirinya.

Setelah bergelut di bidang branding, Rex merasa dirinya butuh sesuatu yang baru dan bisa dikembangkan jadi bisnis besar. Akhirnya pada tahun 2013, dia mulai banting setir dan memulai bisnis makanan. Beberapa kedai dia bangun seperti Nasi Goreng Rempah Mafia yang kini sukses di seluruh Indonesia.

Nasi Goreng Rempah Mafia adalah titik balik dari usaha yang dilakukan oleh Rex. Lambat laun usaha ini terus meningkat dan membuat dirinya semakin percaya diri untuk melakukan berbagai usaha kuliner. Singkatnya, kedai makanan ini adalah pembuat jalan usaha di bidang kuliner.

Usaha yang dilakukan oleh Rex di bawah payung perusahaan Citarasaprima (CRP Group) terus menanjak. Ada banyak brand baru yang dibuat termasuk Warunk Upnormal dan Bakso Boedjangan. Semua terus tumbuh seiring dengan kebutuhan masyarakat akan produk unggul, memiliki inovasi, dan tetap nikmat.

Saat ini usaha dari Rex semakin kuat dan mengakar di beberapa kota. Bukan tidak mungkin setelah pandemi Covid-19, dia membuat jenis usaha baru yang berasal dari hal-hal sederhana. Namun, dikemas menjadi sesuatu yang menarik agar menghasilkan untung lebih besar.

Warunk Upnormal adalah bukti kalau mengolah makanan yang sebenarnya sederhana dan biasa dengan baik, bisa meningkatkan nilai jualnya. Mie instan yang kalau dimasak hanya sekitar Rp7-10 ribu bisa dinaikkan sampai puluhan ribu dengan tambahan aneka topping yang menarik.

Dari sini kita bisa belajar kalau ingin membuat sebuah usaha, Anda harus mempertimbangkan sisi unik dan estetik. Selain itu, Anda juga harus mau mengambil risiko yang besar dengan menghadirkan inovasi yang kadang dianggap aneh oleh beberapa orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here