Di era modern ini, olahraga tinju telah berkembang menjadi gaya hidup. Kebutuhan akan tempat olahraga yang memadai mendorong sejumlah kalangan untuk merintis bisnis boxing camp, termasuk Verra David. Namun, merintis usaha tempat latihan tinju bukan perkara mudah. 

Awam mengenai boxing tidak menghentikan langkahnya untuk merintis tempat latihan tinju terbaik bagi calon petinju masa depan. Berlokasi di The Green BSD, Cilenggang, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Xperience Boxing Camp (XBC) hadir sebagai alternatif terbaik bagi siapa saja yang tertarik mendalami olahraga boxing.

Cara XBC Boxing Camp Membangun serta Mengembangkan Usahanya 


Memiliki ketertarikan kuat dalam bidang olahraga ditunjang latar belakang di bidang ekonomi yang mumpuni, Verra sukses memajukan usaha tempat latihan tinju. Tentunya, kesuksesan yang diraihnya tidaklah instan. 

Serupa dengan pebisnis lain, Verra juga pernah mengalami jatuh bangun dalam membangun serta mengembangkan bisnisnya. Namun, baginya tantangan tersebut bukanlah halangan, justru penambah semangat untuk terus maju. Lantas, bagaimana cara Verra mengembangkan XBC? Yuk, simak kisah suksesnya berikut ini!

1. Tim Kerja yang Solid dan Kompeten

Verra sangat memahami bahwa tim kerja berperan penting dalam perkembangan bisnis. Tim yang solid akan mudah bekerja sama untuk meraih target yang diharapkan. Sementara tim yang tidak solid dan kurang kompeten dapat menyebabkan bisnis terhambat. 

Mengingat pentingnya sebuah tim yang solid dan kompeten, Verra menetapkan standar tinggi dalam memilih pelatih serta partner kerja. Hal ini dilakukan agar XBC bisa berkembang dan dikenal luas sebagai salah satu tempat latihan tinju terbaik di kawasan Jabodetabek. 

Berbekal tim solid dan kompeten, XBC sukses meraih atensi anak-anak muda dan orang dewasa yang ingin mengembangkan bakatnya di bidang tinju maupun pehobi olahraga. 

2. Desain Ruangan Latihan Boxing yang Menarik

Tak dapat dimungkiri bahwa desain interior penting untuk menciptakan keindahan dan kenyamanan suatu ruangan. Bahkan, nuansa suatu ruangan bisa memberi dampak yang positif bagi suasana hati dan kesehatan tubuh seseorang. 

Atas rekomendasi saudara kandung Verra yang mengetahui seluk-beluk tata ruang, XBC mengusung ruangan latihan yang menarik dengan memadukan beragam warna, seperti kuning, hijau, putih, coklat, dan abu-abu. Perpaduan warna tersebut secara tidak disadari memberikan efek pada sistem endokrin tubuh. 

Warna coklat pada lantai ruang latihan mampu meningkatkan adrenalin dan semangat, sedangkan warna kuning dan hijau menciptakan suasana yang ceria serta menenangkan. Sementara putih tidak hanya digunakan untuk menonjolkan warna lain, tetapi juga memberi kesan bebas dan terbuka. Lain lagi dengan warna abu-abu yang memberikan kesan tenang, seimbang, dan damai.

Kombinasi warna yang tepat membuat ruangan semakin nyaman. Member juga tidak terbebani dengan latihan selama berjam-jam lamanya. Bukannya merasa berat, member justru menganggap latihan tersebut menyenangkan.

3. Membangun Atmosphere dan Hubungan “Kekeluargaan” dengan Member

Verra sangat memahami bahwa jalinan kekeluargaan antara pelatih dengan member berdampak besar pada hasil yang ingin dicapai. Oleh karena itu, Verra membangun atmosfer yang hangat dan menyenangkan agar Xperience Boxing Camp dikenal bukan hanya sebagai tempat latihan tinju, tetapi juga rumah kedua bagi tim dan member.

Berkat kedekatan tersebut, Verra memiliki tim kerja dan member yang saling mendukung satu sama lain. Bahkan, Verra tak segan meluangkan waktu untuk memberi dukungan langsung pada member yang melakukan pertandingan.

4. Pelatih yang Friendly serta Detail saat Melatih dan Memberikan Edukasi

Sebagaimana diketahui, pelatih memegang peranan penting dalam mengembangkan kemampuan anak didiknya. Pelatih yang baik tidak hanya mampu memberikan contoh gerakan secara langsung, melainkan juga mendorong member untuk terus mengeksplorasi kemampuannya.

Seorang pelatih harus bisa menjadi teman sekaligus mentor yang peka terhadap kondisi lingkungan dan member serta menjadi lawan tanding terbaik. Dengan sikap yang hangat dan friendly, ikatan antara pelatih dengan member akan terjalin dengan baik. Kedekatan secara emosional akan menciptakan suasana berlatih yang lebih nyaman dan positif. 

Tak hanya friendly, pelatih XBC yaitu Yansen dan Jon,  juga dikenal detail dan kerap memberikan masukan yang mengedukasi member. Dengan begitu, member mampu meningkatkan kompetensi, mengurangi kesalahan ketika berlatih, lebih percaya diri, bersemangat, dan termotivasi.

5. Melakukan Promosi Bisnis secara Tepat

Memiliki pengalaman kerja di bidang marketing, Verra memahami betul pentingnya promosi yang tepat dan Unique Selling Points (USP) untuk mengembangkan bisnis. Salah satu caranya adalah dengan membangun branding yang baik melalui media sosial. Melalui Instagram (@xbc_boxing), Verra kerap membagikan kegiatan di ruang latihan dan sekitar XBC.

Dalam gambar tersebut, tampak bagaimana suasana ketika latihan, kedekatan pelatih dengan member, solidnya tim kerja, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan boxing. Meskipun tampak sepele, cara ini efektif memperkenalkan XBC secara luas dan menarik minat calon member.

6. Investasi Alat dan Perlengkapan Latihan Boxing

Mengingat alat dan perlengkapan sangat penting bagi pelatih dan member, Verra selalu menyisihkan anggaran khusus untuk pembelian alat-alat. Baginya, investasi alat merupakan hal wajib untuk mempertahankan bisnisnya di tengah persaingan.

Investasi alat boxing berkualitas memang menghabiskan dana yang tak sedikit. Namun, alat tinju yang lengkap akan mengakomodasi kebutuhan member dalam menunjang sesi latihan. Tanpa tempat dan alat yang memadai, baik member maupun pelatih akan kesulitan melakukan praktik. Oleh karena itu, Verra juga rutin melakukan pengecekan alat dan perlengkapan tinju secara berkala demi menjaga keamanan serta kenyamanan member dan pelatih.

Hal tersebut menunjukkan bahwa XBC merupakan tempat yang serius untuk berlatih tinju dan menjadi bugar. Tentunya, hal ini akan membuat XBC semakin menarik di mata calon member dan menghasilkan lebih banyak pemasukan.

Kisah Verra David 


Sebagian besar pemilik bisnis memiliki minat alami dalam industri yang dijalaninya. Hal sama berlaku untuk Verra David yang menjalankan bisnis tempat pelatihan tinju karena kecintaannya pada olahraga. 

Nama Verra David mungkin kurang begitu dikenal masyarakat luas. Namun, nama ini terukir indah dihati tim dan para member XBC. Lahir dari pasangan yang menyukai olahraga, Verra tumbuh menjadi anak yang lincah dan aktif. Verra tak pernah takut mencoba segala jenis olahraga.

Verra beruntung memiliki keluarga yang selalu mendukung setiap langkahnya, termasuk ketika dirinya memutuskan untuk berkuliah di jurusan ekonomi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. 

Terbiasa sibuk dengan pekerjaan sempat membuat Verra merasa kehilangan arah dan menderita depresi setelah memutuskan vakum beberapa tahun untuk fokus sebagai ibu rumah tangga. 

Bermula dari anaknya yang memintanya untuk menemani boxing, Verra justru merasa ketagihan. Berbeda dengan pebisnis lain, Verra mengaku tidak memiliki target khusus. Pasalnya, pendirian XBC tidak berfokus pada money oriented, tetapi untuk kemajuan tim kerja dan member sekaligus sebagai salah satu cara menepati janjinya untuk mengembangkan karir Yansen dan Jon.

Sebelum merintis XBC, Verra pernah bekerja di salah satu bank swasta, merintis Event Organizer (EO) dan kafe. Menyukai olahraga sejak kecil membuat Verra sangat menikmati kesibukannya saat ini. 

Demikianlah kisah sukses Verra David mendirikan Experience Boxing Camp yang dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk terus berusaha menggapai impian. Jangan lupa bagikan, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here