Suatu video merek yang dibuat dengan baik dan memuat segala informasi penting tentang suatu merek akan membantu audiens mengenal merek dan perusahaan Anda dengan lebih baik, animasi adalah jawabannya. Itulah mengapa penting bagi para pengusaha untuk mengetahui cara membuat video animasi. Terutama jika Anda adalah pelaku bisnis kecil atau UMK yang belum bisa membiayai jasa pembuat video sendiri.

Manfaat Video Animasi untuk Bisnis Kecil dan Menengah

Saat ini video telah menjadi sarana pemasaran yang sangat efektif. Bahkan, usaha yang menggunakan video  dalam pemasaran mereka menunjukkan keberhasilan lebih dari kompetitornya yang tidak menggunakan video. Berikut ini beberapa kelebihan menggunakan video animasi bagi bisnis kecil dan menengah:

  1. Membuat bisnis tumbuh 49% lebih cepat dari mereka yang tidak menggunakan video
  2. Penonton ingat 95% pesan yang disampaikan melalui video dan hanya 10% jika pesan disampaikan melalui tulisan
  3. Video lebih sering dibagikan melalui media sosial daripada tipe unggahan lainnya seperti gambar atau tulisan
  4. Video meningkatkan angka konversi pada halaman situs, halaman produk, hingga email pemasaran Anda

Karena beberapa alasan diatas, membuat video merupakan salah satu keterampilan pemasaran yang sangat berharga untuk bisnis Anda. Asalkan memiliki perangkat komputer yang memadai, Anda juga bisa mempelajari teknik membuat video animasi.

Membuat Video Animasi untuk Bisnis

Pembuatan video biasanya membutuhkan berbagai macam-macam peralatan produksi dengan harga yang terbilang mahal. Untuk video live action Misalnya, Anda membutuhkan peralatan video seperti kamera, studio dan aktor untuk proses syuting. Perlengkapan ini dapat membuat biaya pembuatan video semakin membengkak.

Meski demikian, ada beberapa trik untuk mengakali kendala ini. Salah satunya adalah dengan membuat video animasi. Dengan membuat video animasi, Anda tidak perlu menyiapkan kamera, studio, atau aktor untuk proses syuting.

Terdapat beberapa jenis video animasi yang bisa dimanfaatkan tak peduli apa pun bentuk bisnis Anda. Animasi 2 dimensi dan 3 dimensi adalah yang paling umum digunakan. Anda mungkin berpikir bahwa kartun terlihat tidak serius, tetapi model animasi seperti ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk menyampaikan informasi penting. 

Terlebih lagi, jika bisnis Anda memang menggunakan kesan ramah, muda, dan menyenangkan, video animasi kartun jelas semakin cocok untuk bisnis Anda.

Baca juga: Apa Saja Faktor Keberhasilan Wirausaha Sukses Berbisnis?

Jenis Video Animasi untuk Bisnis

Video animasi biasanya digunakan untuk berbagai macam tujuan dalam bisnis. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Video Pemasaran

Video animasi akan sangat berguna untuk mencapai target pemasaran. Pasalnya, video seperti ini memiliki nuansa menyenangkan dan jauh dari kata membosankan. Tidak hanya itu saja, video animasi juga sangat ideal digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan secara sederhana tetapi tepat sasaran.

2. Video Pelatihan atau Training

Anda tentu tahu betapa video pelatihan biasanya sangat membosankan, apalagi jika isinya hanyalah baris-baris rangkuman kalimat atau materi dari para pembicara yang disampaikan secara kaku. 

Anda membutuhkan para calon karyawan untuk tetap fokus dan memahami materi pelatihan, tetapi kenyataannya malah sulit dilakukan karena pelatihannya begitu membosankan. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda menyiapkan materi dengan cara yang unik, menarik, dan berbeda seperti menggunakan video animasi.

3. Video Musik

Video musik animasi adalah pilihan tepat jika Anda ingin terlihat berbeda dari bisnis lainnya. Tidak semua target video harus dibuat dengan model standar berisi adegan dan dialog. Video pendek berisi musik dan beberapa tulisan singkat juga bisa memberikan pesan yang menarik.

4. Video Edukasi

Video jenis ini digunakan untuk menyampaikan kampanye informasi. Karena tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi, maka visualnya harus dibuat sederhana tetapi menarik agar penonton tidak teralihkan perhatiannya dari pesan yang berusaha Anda sampaikan.

5. Video Perkenalan

Video perkenalan adalah cara menarik dan praktis untuk membantu promosi bisnis Anda membuat konten video lain nantinya. Pasalnya, Anda bisa dengan mudah menggabungkan video perkenalan ini ke konten video lainnya sehingga tidak perlu membuat kembali dari awal setiap kali akan membuat materi video baru.

6. Video Penjelasan (Explainer)

Model video yang satu ini adalah yang terpenting untuk dipelajari oleh setiap pebisnis. Pasalnya, video ini merupakan pilar bagi bisnis besar maupun kecil untuk peluncuran produk atau layanan yang mereka tawarkan. 

Video ini akan sangat berguna untuk mengajak para pelanggan baru serta untuk memperkenalkan produk atau layanan baru. Semakin menarik dan jelas video yang dibuat, maka penonton juga akan semakin memahami segala informasi tentang produk dan layanan Anda. Dalam jangka panjang, hal ini juga akan berpengaruh pada reputasi bisnis Anda pula nantinya. 

Untuk mempertahankan agar video explainer tetap menarik, usahakan video tersebut sependek mungkin dan jangan terlalu banyak percakapan atau kalimat yang tidak perlu.

7. Video Infografik

Jika perlu menyampaikan infografik untuk rapat bisnis misalnya, Anda bisa menyampaikannya dengan cara yang lebih menarik dengan menggunakan video animasi infografik.  Cara ini akan membuat infografik Anda terlihat lebih sederhana, simpel, dan mudah diingat.

Baca juga: Penjelasan Lengkap Apa Itu Infografis Beserta Jenisnya

Cara Membuat Video Animasi

Setelah memahami beberapa jenis video animasi untuk bisnis, selanjutnya yang perlu Anda pelajari adalah cara membuatnya. Berikut ini beberapa langkah cara membuat video animasi:

1. Menulis Naskah

Menulis naskah dalam animasi

Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah naskah. Naskah merupakan elemen penting dalam membuat video karena dari sinilah Anda akan tahu bagaimana alur cerita video tersebut berjalan. 

Naskah tidaklah harus selalu berupa dialog dalam video. Anda juga bisa menulis naskah yang hanya akan berisi teks pada video. Teks seperti ini juga memiliki keuntungan sendiri, yaitu informasi bisa tetap tersampaikan kepada para penonton meskipun mereka mematikan volume suara perangkat.

Luangkan waktu lebih banyak dalam tahapan pembuatan naskah. Jangan ragu untuk mengoreksi, mengurangi, atau menambahkan sesuatu pada naskah Anda. Buat agar naskah tersebut cukup kuat karena naskah yang kuat akan membuat proses pembuatan video lebih cepat dan mudah serta membantu Anda menghasilkan video yang jauh lebih efektif.

2. Memilih Perangkat Pembuat Video

Menyiapkan perangkat dan software

Setelah naskah sudah jadi, langkah selanjutnya adalah memilih perangkat pembuat video. Anda bisa menggunakan perangkat lunak pembuat video online untuk kemudahan dalam membuat video dimanapun Anda berada. Hanya dengan laptop dan smartphone, Anda bisa mulai menghasilkan video animasi di mana saja. 

Jika Anda menggunakan video maker online, pastikan untuk memilih yang mudah digunakan. Pilih video maker dengan navigasi yang menyingkat waktu Anda dalam membuat video. Selain kemudahan, pertimbangkan pula kelebihan lain seperti berapa banyak template animasi dan audio yang tersedia, menyediakan stock footage atau tidak, dan lain-lain.

Jika Anda menemukan perangkat lunak yang memiliki dua karakter ini, usahakan template yang sudah disediakan tidak menambah kerumitan proses pembuatan video Anda.

Itulah beberapa penjelasan singkat tentang pembuatan video animasi untuk bisnis UKM. Dengan mempelajari cara membuat video animasi ini, Anda bisa menghasilkan video sendiri untuk produksi bisnis kecil-menengah Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here