Di era internet seperti saat ini, konsumen mulai meninggalkan berbelanja dengan cara konvensional menjadi berbelanja secara online. Hal ini disebabkan belanja online memberikan banyak kemudahan jika dibandingkan dengan berbelanja secara offline. Sayangnya, belanja online masih menyisakan satu masalah yang hingga kini masih sulit dipecahkan terkait masalah kepercayaan pelanggan. Di situlah fungsi ulasan produk menjadi sangat penting.

Saat berbelanja online, konsumen bahkan bisa saja tidak mengetahui jika toko online tempat mereka belanja benar ada ataukah hanya aksi tipu-tipu. Oleh karenanya, jika Anda memiliki toko online, sudah seharusnya mampu meyakinkan pelanggan jika toko online Anda nyata dan aman untuk berbelanja. Salah satu caranya adalah dengan menampilkan ulasan produk dari pelanggan Anda sebelumnya di Internet. 

 

4 Fungsi Utama Ulasan Produk

Ulasan produk online sebagai bagian dari promosi online pada akhirnya menjadi salah satu aspek terpenting bagi para pebisnis. Hal ini disebabkan ulasan produk sangat berperan dan mampu mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. Dengan demikian, ulasan produk online ini diyakini akan memberikan kesempatan Anda untuk membangun hubungan dengan para konsumen serta meningkatkan penjualan. Berikut ini 4 fungsi ulasan produk:

 

1. Meyakinkan Calon Konsumen

Fungsi utama sebuah ulasan produk yaitu untuk meyakinkan konsumen bahwa toko online Anda riil dan bukan tipu-tipu. Calon pelanggan bisa yakin untuk membeli produk Anda setelah membaca testimoni dari pelanggan-pelanggan sebelumnya.

 

2. Memberikan Gambaran Produk

Dengan membaca ulasan produk Anda secara online, calon pembeli Anda akan dapat mengetahui detail produk yang Anda tawarkan. Oleh karenanya, setidaknya calon pelanggan Anda mendapatkan sebuah gambaran terkait produk yang hendak dibeli melalui review produk tersebut.

 

3. Materi Evaluasi Bisnis Online

Dengan adanya fitur ulasan ini, Anda sebagai pemilik produk dapat melakukan evaluasi bisnis online yang Anda jalankan. Banyak pujian atau bahkan keluhan saat belanja produk di toko online bisa Anda ketahui, sehingga Anda dapat mengetahui kekurangan Anda saat berbisnis.

 

4. Membangun Semangat Baru

Anda bisa memiliki semangat baru saat membaca ulasan produk atau review dari para pelanggan yang puas akan produk dan layanan Anda. Semangat ini Anda perlukan agar bisa lebih sukses dalam berbisnis online.

Nah, itulah ke-4 fungsi ulasan produk yang bisa dipetik manfaatnya. Sebetulnya, ulasan produk bisa menjadi semacam senjata promosi online yang dapat membantu perkembangan bisnis Anda. Berikut adalah 5 manfaat promosi online yang perlu diketahui.

 

5 Manfaat Promosi Online

Berikut ini adalah manfaat sebuah promosi online dari suatu produk yang perlu diketahui;

 

1. Memberikan Kemudahan bagi Anda dan Pelanggan

Dengan adanya promosi secara online, otomatis Anda tidak perlu khawatir dengan kesulitan untuk menyediakan informasi produk. Pasalnya promosi online ini membuat Anda dapat berpromosi tanpa ada batasan tempat dan waktu. 

 

2. Jangkauan Promosi Lebih Luas

Saat berpromosi online ini berarti Anda memasarkan produk tanpa ada batas jarak. Anda bahkan bisa menjual produk di luar negeri sekalipun meski tidak memiliki toko fisik di negara luar. Dengan demikian,  ulasan produk ini akan membantu Anda memperluas pangsa pasar.

 

3. Adanya Efisiensi Biaya Promosi

Sebagai pemilik bisnis, Anda tidak perlu mengalokasikan dana untuk biaya promosi online lagi seperti layaknya promosi konvensional. Ulasan produk online ini membuat Anda mudah mendapatkan pelanggan tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

 

4. Kebebasan Tidak Terbatas

Promosi online melalui ulasan produk akan membuat Anda dapat memberikan pengalaman belanja secara lebih personal kepada konsumen. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membangun reputasi brand melalui pembelian dan preferensi konsumen

 

5. Memanfaatkan Media Sosial

Fungsi ulasan produk secara online salah satunya adalah bisa membuat Anda memanfaatkan penggunaan media sosial yang menguntungkan. Sekelompok konsumen bisa terpengaruh kuat dari ulasan produk di media sosial sehingga menghasilkan peningkatan penjualan mencapai 5%.

Baca juga: Seberapa Besar Sih Pengaruh Ulasan Produk Toko Online?

 

Nah, itulah fungsi ulasan produk secara online serta fungsi promosi online secara keseluruhan, yang ternyata sangat berpengaruh besar demi kelangsungan usaha toko online yang Anda jalankan. Jangan lupa, dengan memiliki kolom review pada toko online Anda, maka bisnis toko online Anda akan dapat berkembang jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here