Cara membuat minuman boba adalah salah satu kata kunci yang banyak dicari oleh penggemar minuman di Youtube. Mereka ingin tahun bagaimana cara membuat minuman yang sebenarnya sederhana dan sudah ada pada minuman tradisional Indonesia, misal jenang grendul di bubur madura.

Nah, yang jadi pertanyaan adalah kenapa minuman itu mendadak jadi terkenal dan diminati oleh banyak pelaku usaha. Pertama, minuman ini muncul dari luar negeri seperti Taiwan. Selanjutnya menyebar ke seluruh dunia. Kedua, kemasan dan inovasinya cukup menarik sehingga digandrungi milenial.

Kalau Anda tertarik dengan minuman boba, tidak hanya dari rasanya saja, tapi juga bisnis, simak ulasan di bawah ini.

Peluang Bisnis Minuman Boba Kekinian

Xi Bo Ba, Franchise bo ba paling terkenal saat ini

Boba mulai terkenal di Indonesia salam 2-3 tahun terakhir dan untungnya masih bertahan sampai sekarang. Hal ini terlihat dari banyaknya produsen dan pemilik merek yang menawarkan berbagai kerja sama atau franchise. Umumnya mereka menawarkan mekanisme yang menarik dan menguntungkan.

Pengamat ekonomi bernama Ahmad Heri mengatakan kalau tren bisnis makanan dan minuman di Indonesia berada pada angka 7-8%. Kalau hanya sektor minuman saja, angkanya bisa dua digit. Secara keseluruhan, peluang bisnis itu tetap ada karena permintaan masyarakat yang tinggi.

Peluang bisnis boba di setiap daerah kemungkinan akan berbeda-beda. Misal di kota besar dan dekat dengan kampus dan pusat bisnis. Permintaan akan tinggi dan jumlah usaha yang menawarkan boba juga banyak.

Sementara itu, usaha yang dilakukan di pinggiran atau kota kecil, kemungkinan tidak memiliki permintaan tinggi. Namun, jumlah kompetitornya tidak terlalu tinggi. Jadi, masih bisa dikembangkan dengan baik, apalagi pilihan menu tidak hanya boba saja.

Berapa modal untuk usaha boba? Sebenarnya 1-2 juta saja sudah cukup untuk membeli bahan sampai membuat merek pada kemasan. Namun, Anda juga butuh proses pengembangan produk yang tidak mudah dan cepat. Jadi, pilihannya ada dua, pertama usaha sendiri, kedua mengikuti salah satu franchise.

1. Peluang Usaha Boba dengan Usaha Sendiri

Peluang jualan kekinian dengan modal sendiri dan apa saja dikerjakan tanpa bantuan pihak lain cukup besar. Hanya saja, saat awal pembuatan Anda akan sibuk mencari vendor percetakan gelas, sedotan, sablon, sampai ke pembuatan logo hingga bannernya. Kemungkinan akan selesai 1-2 bulan.

Selebihnya, Anda akan mengembangkan produk sendiri, melakukan tes, sampai ke peluncuran. Dana akan banyak dihabiskan pada persiapan saja. Namun, setelah berhasil, modal yang dikeluarkan untuk jualan akan kecil. Hasil yang didapatkan akan besar.

Dari persiapan sampai beres kemungkinan akan menghabiskan 3 juta. Setelahnya, modal untuk usaha hanya akan 1-2 juta saja atau bisa kurang dari itu. 

Baca juga: 9 Taktik Jitu Kembangin Bisnis Minuman Kekinian Zaman Now

2. Peluang Usaha Boba dengan Kerja Sama

Kalau Anda tertarik dengan franchise, siapkan modal 5-10 juta. Masing-masing pemegang merek menetapkan harga tersendiri dan disesuaikan dengan jenis paket yang dipilih. Anda tidak akan repot dari awal karena semuanya hanya terima jadi saja.

Kekurangan dari usaha ini adalah Anda tidak bisa melakukan inovasi produk secara sembarangan. Semua mengikuti merek termasuk bahan baku yang disediakan semuanya sampai ke harga yang harus sama antara outlet satu dengan outlet lainnya.

Bisnis Boba Kian Digemari Milenial

Bisnis ini kian digemari milenial

Bisnis minuman boba kian digemari oleh milenial baik sebagai orang yang mengonsumsi sampai ke orang yang melakukan usahanya. Nah, kira-kira apa yang membuat bisnis kian digemari?

1. Tren di Mancanegara

Salah satu alasan kenapa boba semakin menjamur di Indonesia adalah tren di mancanegara yang cukup merata. Meski bermula dari Taiwan, boba sudah merambah sampai ke hampir semua negara termasuk di Amerika. Tidak mengherankan kalau banyak merek luar negeri yang buka cabang di Indonesia.

Indonesia adalah pasar yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Apalagi boba adalah minuman yang mudah dibeli oleh semua kalangan. Bahkan, anak sekolahan generasi Z sekalipun.

2. Peran Selebgram dan Youtuber

Masyarakat tidak akan dengan cepat mengenal boba kalau tidak ada peran dari selebgram atau Youtuber. Mereka adalah orang-orang yang menjadi pemicu, usaha ini semakin tinggi dan peminatnya semakin meningkat. Apalagi akses dua platform itu terbuka lebar mulai dari kelas bawah sampai atas.

Begitu ada yang membuat ulasan tentang boba, masyarakat jadi penasaran dan akhirnya ingin mencoba. Hal ini direspons oleh pemilik usaha untuk membuka kedai boba.

3. Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Sebagian besar milenial dan generasi Z yang menggunakan internet memiliki rasa ingin tahu atau kepo yang tinggi. Kondisi ini menyebabkan mereka penasaran dengan apa saja yang terjadi di sekitarnya termasuk rasa dari minuman boba.

Setelah mencoba, rasa penasarannya akan hilang. Masalah nanti akan diulangi lagi secara regular atau tidak urusan belakang. Yang penting coba dahulu dan bisa jadi bahan konten di media sosial.

4. Harga Cenderung Terjangkau

Harga dari boba cenderung murah dengan rentang Rp10-30 ribu. Jadi, semua pihak bisa membeli. Itulah kenapa permintaan tidak pernah turun dari waktu ke waktu.

Baca juga: Cara Menentukan Harga Jual Produk supaya Profitable

5. Promosi dari Berbagai Pihak

Promosi dari pemilik merek sampai jasa antar online yang memberikan diskon juga membuat usaha ini kian digemari. Misal ada diskon berapa persen setiap beli berapa rupiah atau diskon ongkir.

Baca juga: 9 Tips Cara Mempromosikan Produk yang Efektif di Era Digital

Cara Membuat Minuman Boba

Ada dua hal yang harus dilakukan saat membuat minuman boba. Pertama membuat boba atau bulatan mutiaranya. Kedua membuat teh susu atau apa pun yang menjadi kuahnya. Simak cara membuat minuman boba berikut:

1. Membuat Mutiara Hitam

Bahan:

  • 2 cup tepung kanji atau tapioka
  • 0,5 cup gula merah serut
  • air secukupnya (adonan dan merebus)

Cara buat:

  • Larutkan gula merah dan air lalu panasnya sampai mencair. Dinginkan sebentar dan masukkan ke dalam wadah yang berisi tepung tapioka perlahan-lahan.
  • Uleni sampai merata lalu buat bulatan kecil-kecil sesuai selesai.
  • Untuk membuat boba siap makan, didihkan air dan masukkan bulatan ke dalamnya agar mengembang dan kenyal.
  • Boba siap dipakai

2. Membuat Kuah atau Pelengkapnya

Bahan:

  • Rebusan air teh yang kental
  • Susu tawar UHT
  • Gula merah yang dicairkan
  • Es secukupnya

Cara buat:

  • Masukkan boba ke wadah. Dengan wadah terpisah, siapkan teh, susu, dan gula merah cair. Tung dahulu mulai dari teh, susu, lalu gula di atasnya.
  • Masukkan es secukupnya.
  • Minuman boba siap dinikmati

Setelah mengetahui cara membuat minuman boba, kini saatnya Anda memulai bisnis sendiri dan mengembangkannya. Kalau misal membutuhkan produk boba yang banyak, coba cari supplier saja. Jadi, Anda hanya menyiapkan kuah atau minumannya saja. Lebih hemat waktu dan tenaga.

Sebelum memutuskan untuk memulai bisnis di dunia minuman khususnya boba, Anda wajib tahu kalau tren akan selalu berubah. Pengamat mengatakan kalau minuman ini juga akan turun pamornya. Jadi, mumpung masih banyak dicari, coba mulai bisnis ini disertai dengan produk lain yang saling mendukung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here