Berencana berbisnis online? Saatnya mengulas berbagai penyedia jasa pengiriman barang untuk mengirim produk-produkmu! Bisnis ekspedisi masa kini semakin beragam baik dalam karakteristik maupun jenis layanan. Peningkatan jumlah pebisnis online, termasuk pemilik usaha kecil dan menengah, berhasil menambah pilihan layanan ekspedisi.

 

Apa saja layanan yang bisa Anda pilih? Berikut beberapa pilihan potensial dengan layanan terbanyak di Indonesia.

 

1. Pos Indonesia

Pos Indonesia masih menjadi solusi populer pengiriman walau sudah ada banyak usaha sejenis. Karena merupakan layanan pemerintah, biaya pengiriman Pos Indonesia relatif murah. Jaringannya juga tersebar di seluruh provinsi, termasuk kota-kota kecil dan daerah pedesaan.

Layanan Pos Indonesia kini semakin beragam. Selain layanan standar, ada Pos Express yang mengantar barang dalam waktu sehari, Pos Jumbo Ekonomi yang menghitung berat barang mulai dari 3 kg, hingga Pos Kilat Khusus.

 

2. TIKI

Melayani Indonesia sejak tahun 1970, TIKI mengusung layanan pengiriman kilat ke berbagai area di Indonesia lewat sekitar 3.000 gerainya. Jasa ekspedisi ini juga menawarkan pengiriman ke luar negeri dengan tarif cukup kompetitif.

Layanan TIKI lumayan beragam. Ada ECO untuk tarif lebih murah, SDS (Same Day Service) untuk pengiriman satu hari, hingga Overnight Service alias pengiriman dalam waktu semalam. Jika ada dua hari libur berturut-turut, TIKI masih akan mengirim barang pada hari pertama.

 

3. JNE

JNE adalah primadona jasa ekspedisi swasta Indonesia karena kecepatan pengirimannya. JNE terkenal dengan kualitas rush handling alias kemampuan menangani arus barang kiriman di gudang, terutama saat hari-hari tersibuk. Gerai JNE juga berada di hampir semua wilayah Indonesia.

Selain layanan Reguler, YES (pengiriman sehari), dan OKE (pengiriman tarif ekonomis), JNE juga menawarkan layanan lebih spesifik. Ada PESONA yang mengirimkan makanan khas Indonesia dari daerah asalnya, Diplomat untuk pengiriman barang bernilai tinggi, serta layanan ekspedisi internasional.

 

4. Wahana

Mencari layanan ekspedisi super murah? Wahana bisa menjadi solusi. Perusahaan ekspedisi ini terkenal dengan Wahana Express, layanan pengiriman bertarif super murah. Wahana kerap menjadi solusi pengiriman barang untuk pebisnis kecil di daerah atau kota kecil.

Wahana juga menawarkan layanan khusus. Misalnya, ada Wahana Kargo yang menawarkan tarif lebih hemat untuk pengiriman barang yang beratnya lebih dari 10 kg. Akan tetapi, layanan ini sekarang baru tersedia untuk tujuan pengiriman di Jawa, Lampung, dan Bali.

 

5. J&T

Walau terhitung baru, J&T dengan cepat merajai layanan ekspedisi Indonesia karena layanan inovatifnya. J&T berhasil melebarkan sayap ke negara tetangga seperti Singapura, Kamboja, dan Filipina. J&T tidak memiliki batas berat minimal, sehingga Anda bisa menggunakannya untuk mengirim benda seringan apa pun.

 

Salah satu inovasi berbasis teknologi J&T adalah pelacakan drop point. Anda bisa menggunakan aplikasi J&T untuk mengatur pengambilan paket di tempat yang sudah disepakati bersama dengan kurir.

 

6. Sicepat

Sicepat adalah ekspedisi yang mengusung pengiriman cepat. Layanan tercepatnya adalah 15 jam, walau ini hanya berlaku untuk daerah tertentu seperti Jabodetabek. Selebihnya, ada layanan pengiriman sehari serta transaksi COD jika Anda membeli barang dari toko yang menggunakan jasa ini.

Bagaimana jika Anda tidak sempat keluar untuk mengirim paket? Kurir Sicepat bisa mengambilnya ke rumah. Akan tetapi, berat paket Anda minimal harus lima kilogram untuk mengakses layanan ini.

 

7. DHL

DHL cocok untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis ke luar negeri. Selain menawarkan layanan pengiriman reguler dan express, DHL juga memberi panduan dan bantuan terkait bea cukai dan informasi berbagai dokumen terbaik. Layanan DHL juga tersedia untuk pemilik industri maupun pebisnis kecil.

 

8. FedEx

Jangkauan layanan FedEx Indonesia relatif lebih terbatas dari DHL, tetapi tetap menawarkan keunggulan tersendiri. Selain layanan biasa seperti reguler dan kilat, FedEx menawarkan produk ekstra seperti pengemasan khusus yang mengikuti spesifikasi Anda. Ada juga layanan FedEx Ship Manager yang memungkinkan Anda untuk mengatur proses pengiriman secara online.

 

9. TNT

TNT Indonesia mendukung pengiriman internasional dengan penyesuaian tarif untuk pelanggan setia, cocok untuk Anda jadikan alternatif rekan ekspedisi rutin. TNT juga menawarkan layanan ekstra seperti pengambilan paket ke rumah atau kantor sehingga Anda tidak perlu pergi ke kantornya. TNT mengirim produk ke lebih dari 200 negara, termasuk kota kecil.

 

Dengan rekomendasi perusahaan jasa pengiriman barang di atas, Anda bisa mengelola bisnis kecil dengan lancar. Pastikan memiliki beberapa alternatif untuk mengantisipasi tantangan dalam pengiriman barang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here