Konsultan bisnis adalah orang yang memiliki peran cukup penting dalam kemajuan suatu usaha. Ia dapat menjadi bagian dari suatu perusahaan layanan yang menerapkan tarif tertentu atas jasa yang digunakan. Layanan jasa konsultasi yang diberikan biasanya bukan hanya satu kali, tetapi secara kontinyu hingga mencapai tujuan.

Peran seorang konsultan, termasuk bagi usaha-usaha yang baru berdiri, sangat vital. Karena itu, kebutuhan akan jasa konsultasi semacam ini sangat besar. Di tengah menggeliatnya industri UMKM, tak heran jika jasa konsultasi bisnis menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Baca juga: Tidak Harus ke Kota, 7 Peluang Usaha di Desa Auto-Tajir

Apa Itu Konsultan Bisnis?


Istilah konsultan bisnis merujuk pada orang yang bisa diajak untuk berkonsultasi terhadap semua masalah-masalah yang terjadi pada suatu bisnis. Namun, konsultansi bisnis yang dimaksud dilakukan secara resmi dengan aturan-aturan, kesepakatan, dan tujuan tertentu.

Bagi seorang pemilik usaha, konsultasi kepada orang yang memiliki pengetahuan mumpuni dan pengalaman luas, dapat menjadi solusi. Saran-saran yang disampaikan untuk kemajuan usaha diharapkan akan membuka kesempatan bagi pengusaha melakukan terobosan baru dan efektif.

Karena perannya sangat penting, tidak mudah untuk menemukan konsultan yang tepat dan sesuai harapan. Hal ini juga berkaitan dengan budget yang dimiliki. Tidak sedikit konsultan yang mematok harga tinggi untuk konsultasi yang berlangsung. Apakah pengusaha layak untuk mengeluarkan uang untuk itu? Hasil konsultasi dalam bentuk kemajuan perusahaan akan menjawabnya.

Peran Konsultan Bisnis


Bagi yang masih awam, menyewa jasa konsultan dengan biaya tertentu bisa jadi dianggap merupakan pengeluaran sia-sia. Namun, sebelum itu ketahui peran konsultan dalam suatu bisnis berikut ini.

Mengidentifikasi Masalah

Seorang konsultan harus dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin sedang terjadi dalam perkembangan suatu usaha. Masalah biasanya ditandai dengan penurunan kualitas produksi atau penjualan, keuntungan yang stagnan atau mengalami kerugian, terjadi ketidakseimbangan dalam perusahaan, dan sebagainya.

Tugas konsultan adalah menelusuri hal-hal yang menjadi penyebab masalah, kemudian melakukan identifikasi terhadap masalah tersebut. Identifikasi masalah adalah tahap awal dalam penyelesaian masalah. Karena itu, langkah ini wajib dilakukan oleh pengusaha jika ingin mendapatkan solusi.

Memberikan Solusi dalam Bisnis

Setelah melakukan identifikasi masalah, diharapkan ada solusi yang dapat digunakan. Nah, tugas seorang konsultan adalah menyampaikan solusi-solusi yang tepat dan bermanfaat bagi kemajuan perusahaan. Ia memiliki ide-ide kreatif dan brilian yang dapat diterapkan dan memberikan dampak positif terhadap perusahaan.

Membantu Perencanaan Bisnis

Seorang konsultan juga berperan dalam perencanaan suatu bisnis. Suatu bisnis perlu melakukan perencanaan agar langkah-langkah yang diambil selalu efektif dan efisien. Perencanaan bisnis juga dapat menjadi wujud dari solusi yang sebelumnya disampaikan konsultan atas masalah perusahaan.

Mempertemukan Klien

Bukan hanya itu, sebuah jasa konsultan dapat menjadi salah satu wadah untuk mempertemukan klien yang satu dengan yang lain. Relasi yang dimiliki oleh perusahaan layanan ini membantu klien mendapatkan jejaring untuk mengembangkan usahanya. 

Cara Memulai Jasa Konsultan 


Melihat pentingnya konsultasi bisnis bagi suatu usaha, baik kecil, menengah, maupun besar, jasa konsultasi dapat menjadi peluang usaha yang menghasilkan omset besar. Nah, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memulai jasa konsultan. 

Cari Pengalaman

Untuk menjadi seorang konsultan, Anda tentu harus memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup luas. Apalagi jika berkecimpung pada suatu bisnis besar yang membutuhkan pemahaman mendalam. Hal ini demi membuat ide-ide dan solusi yang disampaikan benar-benar tepat sasaran sehingga berdampak positif bagi perusahaan.

Karena itu, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari pengalaman. Cara yang memakan waktu cukup lama adalah bergabung terlebih dahulu dengan jasa konsultasi yang telah ada. Ilmu dan pengetahuan yang diserap dapat menjadi modal dan bekal untuk memulai bisnis baru di bidang yang sama. 

Nah, cara singkatnya adalah mencari tahu pengalaman mereka yang pernah atau sedang terjun langsung di bidang usaha ini. Ikuti seminar yang membahas tentang seluk-beluk jasa konsultasi. Bacalah buku-buku yang berisi ilmu dan wawasan soal pengembangan bisnis.

Ketahui Jenis Konsultansi Bisnis

Selanjutnya, Anda perlu menentukan jenis konsultasi yang akan diberikan kepada pelaku usaha. Ada beberapa jenis konsultan yang fokus pada bidang tertentu, yaitu konsultansi di bidang strategi, konsultansi di bidang IT, konsultansi di bidang akuntansi, dan konsultasi untuk internal perusahaan. 

Dengan mengetahui jenis-jenis konsultasi tersebut, Anda dapat menentukan fokus layanan sehingga memudahkan calon pelanggan dalam memilih jasa sesuai kebutuhan. 

Miliki Modal

Modal untuk mengembangkan suatu bisnis tentu merupakan hal yang sangat penting. Ada modal yang berbentuk material atau dapat dilihat, ada pula yang bersifat kemampuan.

Untuk menjadi seorang konsultan, ada sejumlah kemampuan yang perlu dimiliki, antara lain keahlian terhadap suatu bidang yang ditawarkan. Jika Anda menjadi konsultan penjualan misalnya, memiliki kemampuan di bidang penjualan tentu merupakan suatu hal yang wajib. 

Soft skill lainnya seperti kemampuan berkomunikasi juga sangat penting. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki sertifikasi resmi pada bidang yang ditawarkan. Selain itu, modal berupa tempat jika diperlukan dan peralatan juga tak kalah penting.

Tips Mengembangkan Jasa Konsultan


Bagi Anda yang ingin mengembangkan jasa konsultansi untuk suatu bisnis, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, antara lain:

Kenali Klien 

Tiap klien memiliki karakter yang berbeda-beda. Mereka juga memiliki situasi yang berbeda satu sama lain. Anda baru bisa memberikan konsultasi yang tepat setelah mengenal dan mendalami karakter maupun situasi yang dihadapi oleh klien. Karena itu, sangat penting untuk mencari tahu terlebih dahulu informasi mengenai klien sebelum menjalankan sesi konsultasi.

Jual Hasil

Tujuan dari konsultasi bisnis adalah mencapai tujuan tertentu. Jika belum tercapai berarti konsultasi tidak berjalan dengan baik atau justru kualitas Anda belum bisa diandalkan. Karena itu, ada baiknya Anda menetapkan sistem dibayar setelah mencapai tujuan sesuai tawaran awal. Bukti seperti ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Kenali Kompetitor

Sebagai sebuah bidang usaha, Anda juga wajib mengenali kompetitor di bidang yang sama. Ketahui sebisa mungkin langkah-langkah yang mereka lakukan untuk mendapatkan klien baru atau membuat klien tetap bertahan. Jika diperlukan, tidak ada salahnya belajar dari kompetitor. Namun, lakukan sesuatu yang lebih baik dan berdampak.

Partner yang Tepat

Dalam suatu bisnis jasa konsultansi bisnis, Anda membutuhkan partner yang tepat. Partner berperan menjadi pendukung agar bisnis ini dapat bergerak sesuai harapan. Untuk mendapatkan orang yang tepat, Anda tentu harus melakukan pengujian terlebih dahulu. Jika komunikasi dan kerjasama berjalan dengan baik, inilah orang yang berpotensi menjadi partner mengembangkan bisnis konsultan.

Jadi, demikian beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai konsultan bisnis. Peran yang penting dan vital membuat jasa ini banyak dicari sehingga menjadi peluang bisnis menggiurkan pada zaman sekarang. Apakah Anda tertarik mengembangkannya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here