AC hampir selalu dibutuhkan mengingat cuaca wilayah tropis yang cenderung panas dan membuat gerah. Hal ini tentu menjadi peluang usaha yang bagus bagi Anda yang menginginkan usaha sampingan yaitu peluang usaha cuci AC.

Peluang usaha cuci AC ini cocok bagi Anda yang memiliki pengalaman dan kemampuan menangani mesin pendingin atau AC. Untuk berkecimpung di dunia usaha cuci AC, setidaknya Anda harus paham tentang bagaimana menangani AC dan seluk beluknya. 

Peluang usaha cuci AC ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang memiliki pengalaman di bidang perbaikan AC. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memberikan jasa perbaikan dan cuci AC secara tepat dan cepat.

Berikut beberapa tips jitu memulai usaha cuci AC bagi Anda yang merintis usaha dari awal atau belum memiliki pegawai:

1. Lakukan Analisa Kebutuhan Jasa di Lokasi Usaha

Sebelum menentukan lokasi usaha, Anda perlu menganalisis kawasan yang akan Anda pilih sebagai lokasi usaha. Contoh Analisa sederhananya seperti ini, AC merupakan kebutuhan hampir semua perkantoran. Perkantoran dan Gedung bertingkat lebih banyak berada di kawasan perkotaan. Jadi, peluang usaha cuci AC berpotensi lebih dibutuhkan di kawasan perkotaan.

Ketika Anda memilih sebuah kota untuk merencanakan berdirinya usaha Anda, Anda juga harus melihat secara jeli apalah di kota tersebut sudah banyak usaha yang sejenis atau belum. Sebaiknya Anda memilih kawasan kota yang penduduknya banyak menggunakan AC dan di kota tersebut masih sedikit usaha perbaikan dan cuci AC.

2. Pilih Tempat Usaha yang Strategis

Setelah memilih kawasan yang berpotensi, langkah selanjutnya untuk mendirikan usaha perbaikan dan cuci AC yaitu menentukan lokasi yang strategis untuk mendirikan usaha Anda. Lokasi yang berdekatan dengan calon pelanggan akan lebih memudahkan bagi Anda ketika mendapatkan pesanan jasa perbaikan dan cuci AC. 

Anda tidak harus mencari lokasi yang berada tepat di pinggir jalan, karena pada prinsipnya usaha perbaikan dan cuci AC adalah Anda yang mendatangi pelanggan. Namun, jika lokasi Anda cukup strategis maka orang yang lewat dapat melihat papan nama usaha Anda sehingga suatu saat jika mereka membutuhkan jasa perbaikan atau cuci AC, mereka dengan mudah menghubungi Anda.

3. Menyiapkan Peralatan yang Mendukung Pelayanan

Untuk menjalankan usaha perbaikan dan cuci AC, Anda membutuhkan perlengkapan yang dapat mendukung layanan jasa Anda. Berikut beberapa peralatan yang perlu Anda siapkan:

  1. Motor steam 
  2. Selang
  3. Plastik
  4. Ember
  5. Obeng
  6. Kunci Inggris
  7. Manifold
  8. Tang ampere
  9. Freon
  10. Kendaraan untuk transportasi, minimal satu sepeda motor

4. Sediakan Kontak yang Mudah Dihubungi

Salah satu hal penting dalam usaha yang menyajikan layanan kepada konsumen adalah respons yang cepat dalam menanggapi permasalahan konsumen. Untuk mewujudkan hal ini, Anda bisa menyediakan nomor kontak yang bisa dihubungi selama 24 jam. 

Mengapa perlu kontak yang mudah dihubungi selama 24 jam? Karena kadang ada pelanggan yang mengalami kerusakan AC di malam hari. Ketika Anda berhasil dihubungi dan membuat kesepakatan waktu perbaikan, meskipun di keesokan harinya karena sudah terlalu larut malam misalnya, hal ini dapat memberikan ketenangan dan kepuasan tersendiri bagi pelanggan.

5. Miliki Koneksi dengan Penjual Spare Part AC

Memiliki koneksi dengan penjual spare part AC dapat memberikan kemudahan bagi Anda yang bergerak di bidang usaha perbaikan dan cuci AC. Anda dengan mudah bisa mendapatkan spare part AC saat ada pelanggan yang AC-nya rusak. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan diskon atau harga teman saat membeli spare part di toko langganan spare part AC yang menjadi relasi dekat Anda.

6. Promosikan Usaha Baru Anda

Promosi merupakan salah satu bagian penting dalam menjalankan sebuah usaha. Promosi yang efektif dapat mendatangkan banyak pelanggan bagi usaha Anda. Di era modern dan serba digital seperti saat ini, promosi online merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk menggaet pelanggan dan meningkatkan penjualan online. Ada beragam pilihan cara promosi online yang bisa Anda gunakan antara lain: Fb ads, Ig ads, Google ads. 

Baca juga: 9 Tips Cara Mempromosikan Produk yang Efektif di Era Digital

Demikian beberapa tips jitu memulai usaha perbaikan dan cuci AC. Bagaimana, sudah siap menangkap peluang usaha cuci AC dan mengembangkannya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here