Anda pasti ingin bisnis Anda tidak mudah dilupakan oleh pelanggan. Nah, salah satu cara untuk memulainya adalah dengan menciptakan serta membangun tema yang unik pada bisnis Anda. Hal ini bisa didapatkan dengan menentukan USP atau unique selling proposition.

Tidak banyak orang yang benar-benar memahami makna dari USP. Jika Anda ingin tahu bagaimana USP dapat membuat bisnis Anda lebih unik, mari simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

Mengenal Pentingnya Unique Selling Proposition

Pada dasarnya, unique selling proposition adalah sebuah faktor yang membuat bisnis Anda menjadi lebih baik dibandingkan dengan kompetitor. Menurut pengusaha digital Neil Patel, USP bermanfaat untuk membuat tujuan dari sebuah bisnis menjadi lebih spesifik. Kendati sebuah produk berkualitas dan juga memiliki harga yang terjangkau, tetapi apabila produk tersebut tidak spesifik dan juga tidak memberikan kesan khusus di mata konsumen, produk tersebut pun akan gagal untuk menyaingi kompetitor

Berdasarkan definisi-definisi di atas, USP pada dasarnya bertujuan untuk memoles produk supaya terlihat lebih menarik dan juga menjanjikan dibandingkan kompetitor. Dengan demikian, produk yang Anda jual akan terlihat lebih terpercaya di mata konsumen.

Bagaimana Cara Menentukan USP?

Tidak sulit untuk menemukan USB pada produk Anda. Beberapa cara ini dapat membantu Anda untuk menemukan keunikan produk, sehingga bisa dijadikan bekal untuk bersaing dengan kompetitor.

a. Menempatkan Dirimu di Posisi Konsumen

Banyak pebisnis yang berusaha keras untuk menciptakan produk yang sempurna. Terkadang mereka lupa memastikan apakah produk itu dibutuhkan atau diinginkan oleh konsumen? Pada akhirnya, banyak pekerja yang terlalu berfokus pada pengembangan produk dan lupa bahwa mereka membuat produk itu untuk konsumen.

Jika Anda ingin menjaring banyak pelanggan, pertama-tama mulailah dengan mencari tahu apa yang pelanggan inginkan dari produk Anda. Contohnya  apabila Anda memiliki usaha katering, Anda harus tahu makanan apa saja yang diinginkan oleh target pasar Anda, berapa harganya, dan juga bagaimana kemasannya. Anda bisa melakukannya dengan cara riset usaha-usaha katering yang sudah sukses. Kemudian, Anda juga bisa mencatat berapa harga standar produk di pasaran.

b. Melakukan Survey Target Pasar

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengetahui target pasar Anda. Setiap produk memiliki target pasar yang berbeda-beda. Target pasar ini bisa ditentukan dari jenis kelamin, usia, tempat tinggal, dan juga status. 

Menentukan target pasar dan mengetahuinya penting supaya Anda bisa memberikan produk yang tepat.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui target pasar. Jika Anda berjualan via media sosial, Anda bisa melihatnya melalui tools social media report.

Apabila Anda berjualan barang secara langsung seperti membuka kafe, misalnya, Anda bisa memahami target pasar dengan melihat siapa saja orang-orang yang kerap datang ke tempat Anda.

c. Membuat Konsep yang Sesuai

Anda kini sudah mengetahui apa yang diinginkan oleh pasar dan seperti apa target pasar Anda. Setelahnya, Anda bisa mulai menentukan tawaran seperti apa yang akan akan Anda berikan kepada pelanggan. Apabila Anda membuka usaha pastry, Anda dapat berkreasi dengan bento cake atau kue kecil yang diletakkan di dalam bungkus styrofoam. Kue kecil ini akan sangat disukai oleh anak-anak muda –biasanya perempuan yang berusia 18 sampai dengan 25 tahun–.

Contoh USP yang Sukses

Ada banyak contoh analisis USP yang sukses dan salah satunya bisa Anda lihat pada produk Kopi Kenangan. Apa yang ditawarkan oleh Kopi Kenangan bukan hal yang baru bahkan ada begitu banyak pesaing Kopi Kenangan yang harganya lebih murah dengan topping atau rasa yang lebih variatif namun mengapa Kopi Kenangan bisa tetap merajai pasar minuman kopi di Indonesia?

Jawabannya adalah, Kopi Kenangan memiliki branding yang konsisten. Sesuai dengan namanya, brand itu pun menamai jenis-jenis minuman yang dijual dengan istilah-istilah yang galau dan anak muda banget

Selain itu, Kopi Kenangan juga memiliki rasa kopi yang original dan tidak terlalu banyak variasi, sehingga pelanggan pun tidak merasa bingung atau merasa bosan. Pada dasarnya, tujuan pelanggan datang dan membeli Kopi Kenangan yaitu untuk menikmati minuman sederhana yang rasanya orisinil dan memberikan kesan galau nan teduh.

Berkaca dari Kopi Kenangan, menentukan USP tidak harus selalu dengan memberikan sentuhan yang terlalu aneh. Pelanggan bisa jadi tidak suka apabila Anda menyematkan hal-hal yang terlalu fantastis pada produk Anda. Pelanggan menyukai sesuatu yang sederhana, tetapi mudah untuk diingat dan bermakna.

Menemani kopi-kopi sederhana ini, Kopi Kenangan juga merilis beberapa merchandise seperti misalnya tas kanvas, sedotan metal, dan juga mug dengan bentuk-bentuk yang menarik dan disenangi oleh anak muda.

Menentukan USP atau unique selling proposition bisa meningkatkan omset bisnis Anda dan membuat produk Anda lebih mudah dikenal. Yuk, mulai pahami produk Anda dari sekarang!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini