Ada banyak jenis kado yang bisa Anda berikan kepada orang-orang terkasih pada momen-momen spesial mereka, salah satunya explosion box. Ini merupakan bentuk kado kekinian yang unik dan sangat cocok sebagai kenang-kenangan bagi penerimanya. Meskipun bentuknya sederhana, nilai memorinya sangat besar.

Explosion box adalah sebuah kotak yang dibentuk sedemikian rupa dari beberapa layer kertas karton. Pada tiap layer, ada aneka hiasan yang disematkan, termasuk foto, ucapan, atau benda lain yang dianggap menarik dan cocok bagi penerimanya. Harapannya, ketika membuka kotak tersebut, penerimanya akan terkejut dan merasa senang.

Baca juga: Bisnis Case HP, Bagaimana Peluang dan Keuntungannya?

Jenis Explosion Box

Kepada siapa Anda bisa memberikan hadiah seperti kotak kado unik ini? Berdasarkan tujuan pemberiannya, ada beberapa jenis yang bisa menjadi ide menarik bagi Anda. Yuk, simak di sini penjelasannya.

1. Kado Valentine


Anda ingin memberikan kado yang indah kepada pasangan pada hari Valentine? Buatlah explosion box. Di dalam kotak ini, Anda bisa menyisipkan foto yang berisi kenangan, surat cinta, atau kata-kata yang manis. Kota yang dirangkai dengan bentuk dan warna yang cantik ini dijamin pasti membuat pasangan akan terkesan.

2. Kado Wisuda


Memberi ucapan selamat atas keberhasilan seseorang karena telah menyelesaikan perjuangan di jenjang pendidikan tertinggi merupakan hal yang pantas. Anda tidak harus memberikan kado dengan bujet yang besar untuk itu. Berikan kotak yang unik dan simpel berisi ucapan dan harapan bagi penerimanya. 

3. Kado Ulang Tahun


Tradisi memberikan hadiah juga biasanya dilakukan pada momen hari ulang tahun. Orang yang berulang tahun akan mendapatkan ucapan selamat sekaligus kado. Ada banyak pilihan kado yang bisa diberikan, salah satunya explosion box. Jenis yang satu ini bisa diisi dengan miniatur roti dan angka usia penerimanya. Isi juga dengan harapan dan doa bagi penerimanya.

4. Ucapan Hari Raya


Pada zaman dahulu, orang-orang menggunakan kartu untuk menyampaikan ucapan hari raya kepada orang lain. Konsep explosion box hampir sama dengan kartu ucapan tersebut. Anda bisa mengisinya dengan replika cantik dan unik sehingga membuat kotak sederhana itu terlihat lebih mewah.

5. Kado Kelahiran


Ingin melengkapi kebahagiaan sahabat atau saudara yang baru saja melahirkan? Anda bisa mengucapkan selamat melalui cara ini. Sebuah kotak dengan tema baby yang menggemaskan pasti akan menjadi kenang-kenangan berkesan bagi penerimanya. Di dalam kotak, Anda bisa mencantumkan nama baby yang baru lahir dan doa-doa terbaik untuknya.

Cara Membuat Explosion Box Sederhana


Untuk membuat explosion box yang sederhana sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa mengikuti beberapa langkah-langkah berikut ini. 

  1. Persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu kertas karton berwarna, kertas kado berwarna, double tape, dan lem kertas.

2. Persiapkan alat-alat yang digunakan, yaitu gunting, cutter, dan penggaris.

3. Potong kertas karton layer pertama dengan ukuran 12 cm x 12 cm.

4. Garis kertas karton yang sudah dipotong itu dengan ukuran 4 cm x 4 cm. Anda akan mendapatkan 9 kotak.

5. Potong bagian yang tidak dibutuhkan, yaitu kotak di tiap sudut kertas karton.

6. Buat layer selanjutnya dari kertas karton yang sama. Anda bisa membuat 2-4 layer. Tiap layer, kurangi ukurannya sekitar 2 mm atau 3 mm.

7. Hias tiap layer dengan kertas kado yang berbeda-beda. 

8. Setelah selesai menghias, tempel bagian bawah tiap layer kertas karton dengan double tape. 

9. Isi kotak dengan hiasan khusus atau benda yang ingin diberikan kepada penerima hadiah.

10. Untuk tutupnya, siapkan kertas karton dengan ukuran 8 cm x 8 cm. Lipat kertas karton dan tempel tiap ujungnya dengan double tape sehingga membentuk tutup kotak.

11. Supaya makin sempurna, Anda bisa menghias bagian luarnya dengan pita-pita cantik.

Nah, explosion box sederhana pun sudah selesai. Jika Anda ingin membuatnya lebih menarik, tambahkan aksesori lain. Anda juga bisa mengisi tiap layer dengan foto atau tulisan, bahkan gambar atau lukisan cantik buatan sendiri. Makin kreatif isinya, makin bagus juga hasil explosion box yang Anda buat.

Peluang Usaha Menjanjikan

Karena bentuknya yang unik, peminat box unik ini cukup banyak. Namun, tidak semua orang dapat membuatnya sendiri karena keterbatasan waktu dan keterampilan. Meskipun terlihat sederhana, untuk membuat kotak yang terlihat “wah” memang butuh kreativitas dan kemampuan khusus.

Karena kebutuhan yang meningkat dan pembuatnya belum terlalu banyak, jasa ini dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Ada banyak ide kreatif yang bisa dieksplorasi untuk membuat kotak ini terlihat makin cantik dan menarik perhatian. Bagi Anda yang senang membuat kerajinan tangan, ini adalah kesempatan untuk mulai berbisnis.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat hendak mengelola bisnis ini, yaitu modal usaha dan strategi pemasaran. Yuk, simak di sini penjelasannya.

a. Modal Usaha yang Dibutuhkan

Untuk membangun sebuah bisnis, Anda pasti membutuhkan modal. Besar modal yang perlu dipersiapkan berbeda-beda bergantung pada jenis usaha yang akan dikelola. Makin mahal materi dan alat untuk membuat produk, modal usaha pun harus makin besar.

Untuk explosion box, rata-rata modal usaha yang perlu dipersiapkan tidak terlalu besar. Pertama, Anda harus memiliki benda seperti gunting, cutter, dan penggaris. Selanjutnya, persiapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu kertas karton, kertas kado, lem, double tape, dan aneka aksesori yang ingin disematkan di dalam kotak.

Harga untuk membeli bahan-bahan tersebut bervariasi. Namun, secara umum dapat diperkirakan bahwa modal untuk membeli peralatan dan bahan tidak lebih dari Rp100.000. Angka ini masih bisa dikurangi jika Anda sudah memiliki peralatan sendiri sehingga tidak perlu lagi membelinya.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis dengan Modal Rp 1 Juta, Berani Coba?

b. Strategi Pemasaran

Selanjutnya, Anda perlu mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk menggaet pemesan. Strategi yang paling efektif dan tidak membutuhkan banyak dana adalah melalui media sosial. Anda bisa berbagi foto-foto kreasi yang telah dibuat melalui Instagram untuk menarik perhatian. 

Hal yang sangat penting dalam bisnis ini adalah menentukan target pasar yang tepat. Anda perlu mengetahui siapa yang akan disasar, mengenali kebutuhan dan minat mereka, serta dapat mewujudkannya dalam sebuah kotak hadiah yang unik. 

Nah, bagi yang masih pemula, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan pengalaman dan melatih keterampilan. Jika belum ada yang memesan, tawarkan jasa Anda kepada teman dan mintalah ia melakukan review. Jika bagus, produk Anda pasti akan meraih perhatian dan order pun bertambah.

Selanjutnya, Anda hanya perlu mengasah kreativitas agar dapat membuat kotak yang berbeda dan sempurna. Manfaatkan berbagai bahan untuk membuatnya lebih atraktif. Makin tak terduga, explosion box yang Anda buat pasti akan makin memuaskan.Jadi, tunggu apa lagi? Dengan berbagai kemudahan yang ada pada zaman sekarang, termasuk membeli bahan dan menjualnya secara online, Anda bisa memulai bisnis sendiri dengan mudah. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here