Mari dukung gerakan Go Green dengan cara mengubah kebiasaan menggunakan kantong plastik ke paper bag. Mengapa? Karena tas kertas lebih mudah didaur ulang. Saat ini, paper bag sudah banyak tersedia di pusat perbelanjaan, seperti mal ataupun pasar tradisional. Harganya pun bervariasi tergantung dengan besar kecilnya ukuran, tingkat ketebalan kertas, dan ketahanan paper bag itu sendiri. Namun, mengingat tas kertas juga mudah rusak, maka membeli paper bag terus-menerus tidaklah bijak. Mengapa tidak mencoba membuat sendiri? Tenang saja cara membuat paper bag cukup mudah dan murah untuk ditiru kok.  

Apa Itu Paper Bag dan Fungsinya?


Paper bag secara bebas diterjemahkan sebagai tas yang terbuat dari kertas. Layaknya sebuah tas, paper bag dimanfaatkan untuk membawa barang, khususnya barang kering dan ringan. 

Selain itu, bentuknya yang cantik dan elegan menjadikan paper bag pilihan yang lebih pantas sebagai wadah pemberian hadiah atau cendera mata kepada orang lain. Kelebihan seperti inilah yang membuat paper bag berangsur menggantikan fungsi kantong plastik sebagai media membawa barang.

Alat dan Bahan Untuk Membuat Paper Bag


Sebelum mulai membuat tas kertas, hal pertama dan utama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan. 

Anda membutuhkan alat, seperti gunting, double tape atau bisa juga lem kertas, pisau pemotong, dan pelubang kertas. Untuk bahan, Anda hanya butuh mempersiapkan pita, kertas kado, kertas karton (opsional, digunakan untuk alas bawah tas kertas).

Selain kertas kado, kertas yang umumnya dipakai untuk membuat paper bag adalah kertas art carton, kertas art paper, kertas ivory, dan kertas kraft. Namun, Anda lebih disarankan untuk menggunakan kertas kraft karena lebih ramah lingkungan dan mudah didaur ulang. 

Baca juga: Ketahui 14 Jenis Kertas Sebelum Memulai Usaha Percetakan

Cara Membuat Paper Bag


Setelah siap dengan alat dan bahan, saatnya mulai membuat tas kertas. Pada dasarnya cara membuat paper bag hanya ada satu teknik saja. Akan tetapi, Anda tetap bisa berkreasi pada gagang paper bag seperti menggunakan tali goni, pita, atau menambahkan penutup. 

  1. Sesuaikan ukuran kertas kado dengan ukuran tas kertas yang akan dibuat. Jika ingin membuat ukuran lebih kecil, lipat kertas kado dan potong menjadi dua bagian. Pergunakan saja salah satu bagian untuk membuat paper bag
  2. Lipat sisi panjangnya, sisakan sekitar 2 cm guna merekatkan double tape. Kemudian lipat sisa kertas tadi ke sisi berlawanan dan aplikasikan double tape.
  3. Rekatkan kedua kertas dengan benar. Jangan sampai ada kertas yang ditempelkan dengan posisi miring. (Tips: lepaskan double tape secara perlahan sambil menempelkan kertas, dijamin kertas akan menempel sempurna).
  4. Untuk membuat bagian dasar paper bag, lipatlah bagian bawah sesuai dengan ukuran barang yang akan dimuat. Contohnya, jika ingin memuat barang berukuran besar, buatlah lipatan selebar 15 cm atau lebih. Sebaliknya, jika memuat barang berukuran kecil, buatlah lipatan kurang lebih 10 cm. 

Cara praktis lainnya adalah mengukur lebar barang secara langsung di atas kertas, dan jangan lupa melebihkan ukuran beberapa sentimeter dari angka aslinya. 

  1. Buka lipatan kertas, lalu lipat kedua sisinya (bagian kanan dan kiri) hingga membentuk segitiga.
  2. Aplikasikan double tape pada lima sisi kertas, yaitu empat sisi pada bagian segitiga atas dan bawah, serta bagian tengah kertas yang menghadap ke arah Anda. 
  3. Rekatkan kertas dengan membuka double tape, hingga membentuk dasar tas kertas yang sempurna. Jika Anda menginginkan alas tas yang agak kukuh, selipkan kertas karton pada saat merekatkan double tape sebelumnya.
  4. Rapikan bentuk kertas. Lalu, lipat sisi kanan dan kiri tas.
  5. Buka dan ikuti garis lipatan agar membentuk lipatan pada sisi kanan dan kiri tas. 
  6. Lipat bagian atas tas ke arah dalam, sedalam 5 cm.
  7. Lubangi bagian atas dengan pembolong kertas dan pasangkan pita sebagai gagang. 

Nah, tas kertas sudah jadi. Mudah dan murah bukan?


Kapan Menggunakan Sebuah Paper Bag?


Sudah bisa membuat paper bag Anda sendiri? Tas kertas yang sudah jadi bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan, antara lain (1) sebagai kemasan barang toko; (2) sebagai wadah bingkisan untuk orang lain; (3) sebagai tempat penyimpanan ekstra; dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Pada intinya, paper bag akan selalu cocok untuk setiap kesempatan kapan pun dan di mana pun. 

Itulah tadi cara membuat paper bag yang pastinya sangat mudah untuk diikuti. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here