Bisnis cuci sepatu makin bermunculan di berbagai daerah terutama selain kota-kota besar. Usaha yang bergerak di bidang jasa ini mempunyai prospek cerah bahkan hingga dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan. Asyiknya lagi, Anda bisa memulai bisnis laundry sepatu dengan modal yang tidak besar.

Baca juga: Tips Sukses Memulai Usaha Laundry Kiloan dari Nol

Kisah Sukses Bisnis Cuci Sepatu

Usaha di sektor jasa berkembang kian luas selama beberapa tahun terakhir. Gagasan jasa yang ditawarkan pun makin merujuk pada kebutuhan sehari-hari yang sebelumnya tidak pernah benar-benar terpikirkan maupun dilirik seperti laundry sepatu. 

Salah satu pelaku usaha ini adalah Refaldi Fauzi. Founder sekaligus CEO Sneaklin Premium Laundry Shoes ini menjalankan bisnis pencucian sepatu sejak 2013 silam. Mata kuliah Kewirausahaan yang diambilnya saat menjalani studi di Universitas Widyatama saat itu mengharuskan setiap mahasiswanya membuat business plan dengan syarat cukup menantang: hanya bermodalkan 100 ribu rupiah, tetapi menghasilkan omzet 2,5 juta rupiah.

Ketika kebanyakan mahasiswa lain memilih usaha makanan, Refaldi justru memilih untuk berbisnis laundry sepatu. Ide tersebut muncul ketika dia sedang mencuci sendiri sepatunya, aktivitas yang menjadi kebiasaannya sejak duduk di bangku sekolah dasar. 

Saat itu pun, usaha cuci khusus sepatu masih belum ada. Refaldi pun sudah menemukan pangsa pasar, yakni teman-teman kuliahnya yang memang sehari-harinya menggunakan sepatu saat ke kampus. Dia pun lantas menyusun business plan yang kemudian disetujui oleh sang dosen.

Refaldi membelanjakan modal senilai 100 ribu rupiah untuk sabun, plastik (sebagai packaging), dan brosur. Dia berhasil mendapatkan 100 pelanggan dalam sebulan pertama dengan harga jasa sebesar 10 ribu rupiah per pasang sepatu. Total selama satu semester perkuliahan, total omzet mencapai 7 sampai 8 juta rupiah.

Bisnis laundry sepatu tersebut kemudian dikembangkan dan menerima order dari mahasiswa berbagai kampus lainnya meski perkuliahan selesai. Seiring waktu, jumlah order mencapai 300 pasang setiap bulan. Dari sinilah Refaldi kemudian mengajak kawannya untuk bekerja sama.

Dalam satu tahun, Sneaklin tidak lagi hanya menerima pesanan via online, tetapi juga sudah menghadirkan store dalam bentuk fisik dengan modal yang diperoleh dari pendapatan selama setahun tersebut. Sneaklin pun kini berhasil memiliki 38 cabang yang tersebar di 12 kota di Inonesia dengan omzet mencapai ratusan juta rupiah setiap bulannya.

Apa yang Harus Disiapkan?

Persiapan

Refaldi meyakini bahwa bisnis yang baik adalah bisnis yang dilakukan, bukan yang hanya dikonsep saja. Kendati begitu, hal ini bukan berarti tidak ada persiapan matang yang dilakukan. Jika Anda juga tertarik untuk memulai bisnis pencucian sepatu, berikut beberapa hal penting untuk disiapkan.

Melakukan Analisis Peluang Bisnis

Lakukan riset dan validasi seperti survei untuk menganalisis prospek bisnis. Perhatikan apakah masyarakat sekitar berpotensi menjadi konsumen jasa pencucian sepatu dan seberapa banyak calon pesaing yang ada. Cari tahu pula karakter dan batas harga yang masih masuk kantong calon konsumen sehingga Anda bisa membuat penawaran yang sulit ditolak.

Baca juga: Bagaimana Cara Melihat Peluang Usaha Baru Untuk Pemula?

Perlengkapan Mencuci Sepatu

Perlengkapan ini mencakup teknis dan nonteknis. Perlengkapan teknis antara lain ketersediaan air bersih, sabun atau pembersih sesuai bahan tiap sepatu (beludru, suede, kulit, kanvas, dan lain-lain), parfum, dan sebagainya. Adapun berdasarkan teknik mencuci, berikut beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan.

  • Wet clean : air, parfum, pembersih, antibacterial, surfaktan, dan neutralizer.
  • Dry clean : Parfum, pembersih, antibacterial, dan neutralizer
  • Kombinasi : Karet penghapus, spons khusus suede, kain microfiber, sikat kasar, sikat halus, dan botol semprot ukuran sedang.

Pada jenis usaha yang lebih berkembang, proses pencucian di laundry pada mesin cuci khusus sepatu boleh jadi Anda perlukan. Namun apabila masih merintis dan menggunakan cara konvensional, mesin cuci tidak harus ada dalam aset usaha Anda.

Perlengkapan Usaha Pendukung

Skala dan kompleksitas perlengkapan pendukung dapat Anda sesuaikan dengan perkembangan usaha. Seperti contoh yang dimaksud dalam kategori ini antara lain lahan untuk menjemur, rak sepatu, rak perlengkapan lainnya, toko untuk memulai usaha, dan lain-lain.

Tips Memulai Usaha Laundry Sepatu 

Memulai usaha

Memulai bisnis cuci sepatu mempunyai cukup banyak tantangan. Namun, Anda tak perlu berkecil hati terlebih dahulu. Setidaknya, empat tips penting berikut ini harus Anda perhatikan dengan benar untuk membantu kesuksesan usaha.

Miliki Pemahaman tentang Merawat Sepatu

Tiap sepatu mempunyai bahan berbeda antara satu dan lainnya sehingga menysaratkan penanganan yang tidak sama pula. Anda perlu untuk memahami perawatan sepatu berdasarkan materialnya bahkan ambil pelatihan jika perlu. Hal ini tentu saja bertujuan untuk meminimalkan kesalahan perawatan sepatu konsumen yang berujung pada kerugian material maupun kredibilitas bisnis.

Selektif Memilih Karyawan dan Mitra

Pilihlah calon karyawan yang mampu berkualitas dan memiliki hardskill maupun softskill tepat sesuai yang dibutuhkan. Anda juga perlu memberi pelatihan keterampilan terkait untuk memaksimalkan pelayanan yang akan diberikan pada konsumen. Pun jika akan bermitra seperti franchise, pastikan calon partner Anda memenuhi kriteria dan track record yang bagus.

Memberi Tambahan Value

Bisnis bukan hanya soal inti produk, tetapi juga value yang akan diperoleh konsumen dengan menggunakan barang atau jasa tersebut. Dalam hal laundry sepatu, beberapa value yang dapat Anda berikan antara lain layanan antar-jemput sepatu, harga khusus untuk pelanggan baru maupun pelanggan loyal, dan sebagainya.

Menggunakan Strategi Pemasaran yang Tepat

Pebisnis zaman sekarang memiliki banyak kemudahan dalam melakukan pemasaran. Berbagai tools pendukung untuk memantau seberapa efektif marketing yang dilakukan pun sudah tersedia—beberapa di antaranya bahkan gratis. Dengan segala fasilitas ini, Anda pun ‘hanya’ perlu membuat skenario pemasaran yang tepat untuk memaksimalkannya.

Baca juga: 7 Tips Membuat Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah

Profit Menjalankan Usaha Cuci Sepatu

Laundry sepatu memang terlihat sebagai salah satu bisnis yang menghasilkan profit menjanjikan. Namun sebenarnya, berapa profit keuntungan usaha ini?

Umumnya jasa pencucian sepatu menawarkan beberapa layanan: quick cleaning, deep cleaning, special treatment, dan unyellowing untuk beberapa tipe sepatu. Penawaran harganya pun beragam, mulai dari 25 hingga 200 ribu rupiah.

Jika diasumsikan Anda membuka toko setiap hari selama satu bulan (hitungan 30 hari) dengan jumlah konsumen adalah 20 per hari, maka omzet akan berkisar mulai dari 15 hingga 120 juta rupiah tiap bulan. Jika keuntungan bersih adalah sebesar 30%, maka Anda akan memperoleh pendapatan bersih senilai 4,5 hingga 36 juta rupiah tiap bulan.

Angka tersebut tentu bukanlah patokan mati. Artinya, Anda bisa mendapat keuntungan lebih besar atau lebih kecil sesuai dengan biaya operasional, batasan harga yang digunakan, dan jumlah pelanggan. Namun setidaknya, simulasi ini dapat menjadi kalkulator awal Anda untuk menghitung prediksi profit dari bisnis laundry sepatu.Bisnis cuci sepatu diperkirakan akan terus berkembang melihat lifestyle masyarakat yang kian bergaya, tetapi memiliki keterbatasan dalam merawat sendiri alas kaki favoritnya. Fenomena ini tentu dapat Anda jadikan kesempatan untuk memulai usaha sendiri. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here