Content Marketing merupakan lebih mengacu pada promosi secara online dengan cara yang berbeda dengan iklan konvensional. Berikut ini penjelasan tentang pengertian dan fungsi Content Marketing selengkapnya.

Pengertian Content Marketing

Di era internet ini, Content Marketing memainkan peranan yang penting dalam dunia pemasaran. Pemasaran konten ini dianggap mampu memaksimalkan website dan media sosial guna kepentingan promosi dan sosialisasi perusahaan. Selanjutnya, pemasaran konten akan dapat menarik perhatian pasar. Ujung-ujungnya penjualan produk pun dapat lebih meningkat. Nah, berikut ini ulasan tentang pengertian Content Marketing dan tipsnya bagi kesuksesan bisnis online.

  • Dari sisi bahasa, Content berarti isi atau kandungan, lebih tepatnya adalah informasi yang tersedia di media atau produk elektronik. Marketing berarti pemasaran. Jadi, Content Marketing berarti pemasaran isi atau lebih populer dikenal dengan “Pemasaran Konten”.
  • Content Marketing adalah salah satu jenis strategi pemasaran, yaitu promosi yang dilakukan secara online. Istilah ini terkait erat dengan istilah digital marketing, internet marketing, SEO, content strategy, content writing, blog, media sosial, website, dan bisnis online.
  • Content Marketing merupakan teknik pemasaran dengan cara membuat dan membagikan content yang bermanfaat, terkait, dan konsisten untuk menarik dan mendapatkan target audiens yang sesuai agar bisa memperoleh keuntungan dari pengunjung website. (Content Marketing Institute)

Oleh karenanya, Pemasaran Konten sering dianggap sebagai “era baru pemasaran”, meskipun sebenarnya Content Marketing bisa dikatakan “anggur baru dalam botol lama.” Beda antara Content Marketing dengan cara pemasaran konvensional yaitu dari sisi materi, yaitu materi online seperti postingan di media sosial, blog, dan bahkan video.

Fungsi Content Marketing

Selain memahami pengertian Content Marketing itu sendiri, fungsi Content Marketing juga tak kalah penting untuk dipahami.  Pasalnya, terdapat empat langkah siklus pembelian sebagai berikut:

  1. Awareness
    Konsumen terkadang tidak menyadari jika mereka membutuhkan produk yang bisa menjadi solusi dari masalah yang dimiliki.
  2. Research
    Saat konsumen sadar telah menemukan solusi, akan melakukan riset untuk mencari informasi tentang produk atau jasa yang dibutuhkan.
  3. Consideration
    Konsumen mulai membandingkan produk yang berbeda dari produsen lain untuk memastikan bisa mendapatkan produk terbaik dengan harga sebanding.
  4. Buy
    Pada tahap ini, konsumen telah mengambil keputusan dan melakukan pembelian.

Jadi, kesimpulannya periklanan konvensional dan pemasaran menjadi begitu efektif apabila dilakukan di tahap ketiga dan keempat di atas.

Nah, fungsi Content Marketing bisa dikatakan adalah untuk:

  • Menarik perhatian konsumen.
  • Memperkenalkan merek produk atau jasa.
  • Memperluas jaringan pelanggan.
  • Meningkatkan penjualan secara online.
  • Meningkatkan kesadaran akan merek.
  • Melibatkan komunitas pengguna produk secara online.

Jenis Content Marketing

Sementara jenis-Jenis Content Marketing meliputi artikel atau tulisan di halaman situs  internet termasuk gambar, audio, foto, video, animasi, infografis, e-book, e-magazine, product review,  hingga meme dengan menyertakan tautan atau link.

Lalu bagaimana contoh Content Marketing itu dalam bentuk artikel?

  • Provider domain dan hosting menulis tentang tips bloging yang memiliki link yang mengarahkan pembaca pada paket layanan webhosting yang ditawarkan.
  • Sebuah merek mobil menulis tentang cara merawat mesin mobil dengan baik dan benar dengan menyisipkan link kualitas mesin mobilnya.

Nah, itulah penjelasan tentang Content Marketing, fungsi, dan jenisnya. Selanjutnya, apa beda Content Marketing dengan Iklan?

Perbedaan Content Marketing dan Iklan

Untuk lebih memahami Content Marketing perlu dilakukan perbandingan dengan iklan konvensional. Dibandingkan dengan iklan konvensional, Content marketing bisa dikatakan menjadi cara yang lebih efektif bagi para pebisnis online guna memperkenalkan dan memasarkan produk atau jasanya.

Content Marketing lebih menekankan informasi manfaat produk dibandingkan promosi produk secara langsung. Ini berlawanan dengan yang dilakukan iklan konvensional yang secara eksplisit dan melakukan promosi.

Nah, itulah seluk beluk pengertian dan fungsi Content Marketing yang perlu diketahui. Lebih mudah bukan untuk mulai meraih konsumen melalui Content Marketing dibandingkan jika harus promosi secara langsung dengan iklan konvensional?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here